Hukum dan Tata Cara Sholat Tarawih yang Benar agar Ibadahnya Diterima Allah SWT

Your Story | Selasa, 1 Maret 2022 20:02

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Menjelang bulan Ramadan, setiap umat Islam harus mengetahui bagaimana tata cara sholat tarawih yang benar.

Dream – Sholat tarawih menjadi salah satu ibadah yang dijalankan pada bulan Ramadan. Sholat ini dilaksanakan pada malam hari dan biasanya secara berjamaah di masjid. Namun selama pandemi terjadi, sholat tarawih pun dianjurkan agar dilakukan di rumah saja bersama dengan keluarga untuk meminimalisir penyebaran virus berbahaya tersebut.

Sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat isya. Biasanya jika dilakukan di masjid, maka setelah sholat Isya akan ada seseorang yang menyampaikan khotbah terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan sholat tarawih.Dalam tata cara sholat tarawih ada perbedaan dengan sholat fardhu yang biasanya sahabat Dream kerjakan. Baik itu dari niat maupun jumlah rakaatnya.

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, Al-Hafidh Ibnu Hajar al-Asqalani mendefinisikan sholat tarawih adalah sholat sunah yang secara khusus dikerjakan pada malam Ramadan. Diberi nama tarawih karena umat Islam yang mengerjakannya akan beristirahat sebentar di antara dua kali salam atau setiap empat rakaat.

Sehingga, pelaksanaan sholat tarawih membutuhkan waktu yang lebih lama daripada sholat fardhu. Namun, ada banyak sekali keutamaannya jika menjalankan sholat sunah ini di bulan Ramadan.

Nah, untuk mengetahui secara lebih lengkap tentang hukum sholat tarawih hingga tata cara sholat tarawih, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

Hukum dan Tata Cara Sholat Tarawih yang Benar agar Ibadahnya Diterima Allah SWT
© MEN
2 dari 3 halaman

Hukum Sholat Tarawih

 Hukum Sholat Tarawih© Shutterstock.com

Sholat tarawih adalah sholat yang hanya dikerjakan ketika bulan Ramadan saja. Rasulullah saw pun mengerjakan sholat ini dan tentunya juga menganjurkan kepada umatnya agar melakukannya juga. Karena ada banyak sekali pahala yang bisa didapatkan ketika mengerjakan sholat tarawih. Anjuran untuk mengerjakan sholat tarawih ini pun dijelaskan dalam sebuah hadis, Rasulullah saw bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه  متفق عليه

Artinya: Barang siapa melakukan shalat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, menurut Imam an-Nawawi dalam Syarhu Muslim menjelaskan bahwa melalui hadis di atas, sebagian besar ulama telah menyepakati hukum dari sholat tarawih adalah sunah.

Sedangkan untuk waktunya, sholat tarawih dilaksanakan pada malam Ramadan setelah mengerjakan sholat Isya dan sebelum sholat witir. Menurut pendapat dari Syekh Wahbah Zuhaili yang dianggap lebih shahih, sholat tarawih dengan berjamaah hukumnya adalah sunah kifayah.

Di mana ketika semua jamaah dari sholat tarawih tidak menjalankan sholat tersebut, maka semuanya akan mendapatkan dosa. Sedangkan jika ada yang mengerjakannya, maka dosa-dosanya yang lain akan berguguran.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih

 Tata Cara Sholat Tarawih© Shutterstock.com

Setelah mengetahui hukum dan waktu dari sholat tarawih, selanjutnya sahabat Dream juga harus mengetahui tata cara sholat tarawih. Apalagi jika bulan Ramadan tinggal sebentar lagi. Itu tandanya seluruh umat Islam akan segera menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh serta mengerjakan sholat tarawih pada malam harinya.

Agar ibadah sahabat Dream di bulan Ramadan diterima oleh Allah SWT, berikut adalah tata cara sholat tarawih yang wajib diketahui seperti dikutip dari merdeka.com:

1. Membaca niat sholat tarawih

Dalam tata cara sholat tarawih, niat antara imam dan makmum tidaklah sama. Berikut adalah bacaannya masing-masing yang bisa kamu hafalkan:

2. Niat untuk imam

أُصَلِّيسُنَّةَالتَّرَاوِيْحَرَكْعَتَيْنِمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِاِمَامًالِلهِتَعَالَى

Ushallî sunnatat tarâwîhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imâman lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “ Saya niat shalat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat, menjadi imam karena Allah ta’âlâ.”

3. Niat untuk makmum

أُصَلِّيسُنَّةَالتَّرَاوِيْحِرَكْعَتَيْنِمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِمَأْمُوْمًالِلهِتَعَالَى

Ushallî sunnatat tarâwîhi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’mûman lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “ Saya niat shalat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat, menjadi makmum karena Allah ta’âlâ.”

4. Niat di dalam hati saat takbiratul ihram.

5. Membaca takbir saat takbiratul ihram sembari niat di dalam hati.

6. Membaca ta’awudz dan surat Al-Fatihah, lalu diikuti dengan membaca surat di dalam Al-Quran.

7. I’tidal.

8. Sujud pertama.

9. Duduk di antara dua sujud.

10. Berdiri dari duduk, lalu mengerjakan rakaat sholat yang kedua dengan gerakan yang sama.

11. Salam pada rakaat yang kedua.

Setelah selesai menjalankan sholat tarawih dengan tata cara sholat tarawih yang benar, selanjutnya sahabat Dream bisa mengerjakan sholat sunah witir. Di mana sholat ini berjumalah tiga rakaat yang kemudian ditutup dengan salam. Di awal sholat witir juga harus membaca niat terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan niat sholat witir yang bisa sahabat Dream hafalkan:

اُصَلِّىسُنَّةَالْوِتْرِثَلَاثَرَكْعَاتٍمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًلِلهِتَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka'aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya: “ Aku niat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Itulah penjelasan terkait hukum dari sholat tarawih yang adalah sunah. Di mana sholat ini dianjurkan untuk dilaksanakan karena ada banyak pahala yang akan diperoleh. Kemudian tata cara sholat tarawih juga harus dilaksanakan secara benar. Mulai dari niat hingga dilanjutkan dengan sholat witir yang berjumlah tiga rakaat.

Join Dream.co.id