Hal yang Batalkan Puasa Selain Makan dan Minum

Your Story | Rabu, 14 April 2021 20:00
Hal yang Batalkan Puasa Selain Makan dan Minum

Reporter : Ahmad Baiquni

Puasa yang batal dengan sengaja wajib diqadla di bulan lain.

Dream - Saat berpuasa, kita tak hanya menahan makan dan minum namun juga hal lain yang dapat membatalkannya. Hal-hal tersebut dapat merusak nilai puasa Ramadan dan bahkan membuatnya tidak sah.

Seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang bersabda sia-sianya orang berpuasa.

" Banyak dari orang-orang yang berpuasa tetapi tidak memperoleh hasil puasanya melainkan lapar dan dahaga saja”

Agar kita tak menjadi orang yang merugi, yuk ketahui hal-hal yang membatalkan puasa selain makan dan minum dengan sengaja.

2 dari 4 halaman

Bersetubuh di siang hari

Melakukan hubungan suami istri atau bersetubuh di siang hari tentu membatalkan puasa. Kalau itu puasa Ramadan, maka wajib menggantinya di lain hari.

Suami istri boleh bersetubuh di bulan Ramadan pada malam hari. Waktunya setelah berbuka sampai sebelum azan subuh.

 Wajib Diketahui! Deretan Risiko Terlalu Sering Berhubungan Intim
© MEN

Muntah dengan sengaja

Muntah dengan sengaja maksudnya secara sadar mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Sedangkan muntah yang tak sengaja atau tak diniatkan, maka tidak membatalkan puasa.

Segera berkumur setelah muntah tak sengaja untuk membersihkan sisa makanan yang ada di mulut.

Merokok saat puasa

Merokok sudah tentu menjadi perbuatan yang membatalkan puasa meski tak makan dan minum. Kandungan di dalam rokok yang menjadi asap bisa tertelan dan masuk ke dalam lambung.

 

3 dari 4 halaman

Memasukkan benda ke bagian tubuh yang berlubang secara sengaja

Bagian tubuh yang berlubang seperti hidung, mulut, kedua telinga, qubul, dan dubur, baik laki-laki maupun perempuan. Tak hanya makanan, apapun itu benda dilarang masuk ke dalam tubuh yang berlubang selama berpuasa. Sebab itu, kita dilarang berenang saat berpuasa.

Hilang akal karena gila atau epilepsy

Salah satu syarat wajib puasa adalah berakal. Sudah jelas, orang gila, pikun, atau menderita epilepsi yang menyebabkan hilang kala tidak diwajibkan untuk puasa Ramadan.

 #DreamTestPack, Level Stres Pengaruhi Keberhasilan Program Hamil
© MEN

Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Baik laki-laki maupun perempuan dilarang mengeluarkan air mani dengan sengaja meski tidak melakukan hubungan badan. Mereka wajib mengganti puasa di bulan lain.

 

4 dari 4 halaman

Haid atau nifas

Perempuan yang mengalami haid atau sedang nifas, puasanya akan batal. Meskipun keluar beberapa detik sebelum berbuka puasa, dia wajib mengganti puasa di bulan lain.

 Kram Perut Hebat Padahal Tak Haid, Bisa Jadi Ini Sebabnya
© MEN

Keluar Islam (murtad)

Seseorang yang mulanya muslim kemudian murtad atau keluar dari Islam secara sadar dan sengaja, maka secara otomatis puasa akan batal. Alasannya karena puasa Ramadhan hanya wajib bagi umat Islam.

Tak membatalkan tapi menghilangkan pahala puasa

Ada beberapa perbuatan yang tak membatalkan puasa tetapi dapat menghilangkan pahala Ramadan. Perbuatan itu ialah berbohong atau berdusta, bergunjing apalagi mengadu domba, memberikan kesaksian palsu, menghasut, mencuri atau perbuatan kriminal lain, melihat lawan jenis timbul nafsu, atau mencium perempuan yang bukan mahram.

Nah, perbuatan-perbuatan itu wajib kita hindari selama berpuasa di bulan Ramadan.

Join Dream.co.id