DREAMCAST: Asal-usul Kisah Nabi Ismail AS yang Diperingati Tiap Idul Adha

Your Story | Selasa, 27 April 2021 13:33

Reporter : Dwi Ratih

Siapa yang sudah dengar?

Dream - Tampaknya kisah Nabi Ismail AS kerap diulang dari tahun ke tahun saat salad Idul Adha. Meski demikian, sebelum kehadiran Ismail AS rupanya Nabi Ibrahim dan istrinya Hajar yang mendambakan buah hati.

Ketika Ismail AS hadir, Nabi Ibrahim AS pun mendapat perintah Allah SWT untuk pergi membawakan istri dan anak semata wayangnya ke Mekkah. Tidak lama sampai di sana, Nabi Ibrahim AS meninggalkan Hajar dan Ismail kecil untuk kembali ke tampat sebelumnya, Syam.

Di Mekkah itu, tak ada satu orang pun tinggal sehingga Hajar dan Ismail harus menghabiskan waktu berdua saja. Persediaan air pun tiap harinya menipis. Ibrahim kala itu telah pergi ke Syam.

Lalu, bagaimana kisah Ismail sampai suatu hari sang ayah, Nabi Ibrahim AS ingin menyembelih Ismail sebagai kurban?

Simak cerita nabi di #DREAMCAST by Dream.co.id bersama Rindu dari Redaksi Dream.co.id berikut ini.

DREAMCAST: Asal-usul Kisah Nabi Ismail AS yang Diperingati Tiap Idul Adha
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

DREAMCAST: Perlawanan Nabi Musa AS ke Raja Firaun yang Kejam

Dream - Kembali menyegarkan ingatan Sahabat Dream dengan cerita-cerita Nabi, Cynthia Amanda Male dari Redaksi Dream.co.id balik lagi nih menyapa kamu lewat suara merdunya di #DREAMCAST podcast by Dream.co.id.

Kali ini, Cynthia membawakan kembali kisah Nabi Musa AS yang melawan Firaun. Kala itu, Firaun adalah Raja yang berkuasa di zamannya, ia terkenal dengan raja kejam dan zalim.

Nabi Musa AS diutus Allah SWT untuk menyiarkan agama Islam ketika Raja Firaun memimpin Mesir.

Diketahui, Nabi Musa AS adalah salah satu nabi dan rasul yang merupakan ulul azmi, satu dari empat nabi yang dikaruniai kitab. Nabi Musa AS mendapat kitab Taurat.

Lalu, seperti apa perjuangan Nabi Musa AS dalam menyiarkan agama? Yuk simak kisah lengkapnya di #DREAMCAST episode terbaru.

3 dari 4 halaman

DREAMCAST: Usaha Keras Nabi Luth Hadapi Kaum Sodom yang Zalim

Dream - Nabi Luth AS atau Lot adalah nabi ke-7 setelah Nabi Ibrahim AS. Nabi Luth diutus Allah SWT untuk berdakwah pada kaumnya di negeri Sadum (Sodom) dan Gomorrah (Amora).

Nabi Luth masih memiliki ikatan saudara dengan Nabi Ibrahim. Lebih tepatnya ia adalah keponakan Nabi Ibrahim AS.

Saat berdakwah kepada kaumnya di kota Sodom, Nabi Luth mendapatkan banyak tentangan sebab masyarakat di kota Sodom adalah masyarakat yang rendah moralnya dan rusak akhlaknya.

4 dari 4 halaman

Telinga mereka sudah menjadi tuli terhadap ajaran-ajaran Nabi Luth

Masyarakat Sodom tidak mempunyai pegangan agama atau nilai kemanusiaan yang beradab.

Yang lebih parah lagi, mereka melakukan penyimpangan seksual di mana hampir seluruh kaum laki-lakinya hanya tertarik kepada sesamanya dan begitu juga kaum wanitanya.

Kelakuan para masyarakat Sodom ini diabadikan di dalam Alquran surat Ash-Shu'ara ayat 165-166. Namun, telinga-telinga mereka sudah menjadi tuli terhadap ajaran-ajaran Nabi Luth.

Hati dan pikiran mereka sudah tersumbat rapat dengan ajaran-ajaran setan dan iblis.

Lalu, bagaimana usaha keras Nabi Luth berdakwah di tempat tersebut? Yuk dengarkan kisah Nabi Luth yang dibawakan Rindu dari Redaksi Dream.co.id lewat suara merdunya di #DREAMCAST by Dream.co.id berikut ini.

 

Join Dream.co.id