Doa Untuk Memperbaiki Urusan Dunia dan Akhirat

Your Story | Kamis, 2 Juli 2020 20:00
Doa Untuk Memperbaiki Urusan Dunia dan Akhirat

Reporter : Ahmad Baiquni

Doa ini rutin dibaca Rasulullah Muhammad SAW.

Dream - Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari kebaikan maupun keburukan. Dua hal ini memberikan pengaruh besar pada diri seseorang. Pengaruh tersebut terwujud dari tabiat pada diri seorang manusia.

Pun demikian dalam agama. Kebaikan dan keburukan menjadi penentu bagaimana seseorang akan menjalani kehidupannya di akhirat kelak.

Sehingga, kita perlu selalu memperbaiki urusan baik dunia dengan akhirat. Jalankan sebanyak mungkin kebaikan dan jauhi segala bentuk keburukan.

Untuk memperbaiki urusan dunia dan akhirat, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut rutin dibaca Rasulullah Muhammad SAW yang tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abu Hurairah RA.

 

2 dari 6 halaman

Doa Rasulullah

 Doa Memperbaiki Urusan Dunia Akhirat© Dream.co.id

Allahumma ashlih li dini alladzi huwa 'ishmatu amri, wa ashlih li dunya yallati fiha ma'asyi, wa ashlih li akhiratillati fiha ma'adi, waj'alil hayata ziyadatal li fi kulli khoir, waj'alil mauta rahatal li min kulli syarrin.

Artinya,

" Ya Allah perbaikilah agamaku sebagai benteng (ishmah) urusanku; perbaikilah duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah akhiratku yang menjadi tempat kembaliku. Ya Allah, jadikanlah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan."

3 dari 6 halaman

Doa Menyusutkan Utang Menumpuk

Dream - Utang memang transaksi yang wajar berlaku di masyarakat. Transaksi ini kerap menjadi jalan keluar ketika kebutuhan seseorang mendesak dipenuhi.

Meski demikian, kita tidak bisa mengganggap remeh utang. Karena utang menyangkut hak orang lain.

Dengan berutang, berarti kita menggunakan hak orang lain untuk sementara waktu. Kita pun berkewajiban untuk mengembalikan hak tersebut kepada pemiliknya.

Pada dasarnya, utang sebenarnya merupakan beban. Sehingga, tidak patut kiranya kita hidup dengan mengandalkan apalagi menyombongkan utang.

Apalagi jika sampai utang menggunung. Tentu berat rasanya melunasi namun kita tetap harus melakukannya.

Agar utang yang menumpuk bisa menyusut, kita harus pandai mengatur keuangan. Selain itu, rajin mengucapkan doa berikut ini.

4 dari 6 halaman

Doa Utang Menyusut

 Doa menyusutkan utang menumpuk© Dream.co.id

Allahumma malikal mulki tu'til mulka man tasyau wa tanzi'ul mulka mimman tasyau wa tu'izzu man tasya-u wa tudzillu man tasyau biyadikal khoiru innaka 'ala kulli syaiin qodir, rahmanud dunya wal akhirati, tu'thihuma man tasyau wa tamna'u minhuma man tasyau, irhamni rahmatan tughnini biha 'an rahmati man siwaka.

Artinya,

" Ya Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Ya Pemberi Kasih dan Maha Pengasih di dunia dan akhirat. Engkau memberi anugerah kepada siapapun yang Engkau kehendaki dan menolak kepada siapapun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah kami sehingga kami tidak membutuhkan kasih sayang dari selain Engkau."

5 dari 6 halaman

Doa Saat Melihat Pancaran Sinar Matahari Pagi

Dream - Matahari tidak hanya sebagai penanda pagi datang. Tetapi juga pengingat akan berkah bisa menyambut hari yang baru.

Sinar matahari pagi juga membawa banyak manfaat. Membuat fisik tubuh menjadi prima serta menyebarkan pikiran dan jiwa. Sehingga, sangat dianjurkan untuk keluar rumah di pagi hari.

Selain mengawali aktivitas pagi di bawah paparan sinar matahari, kita juga dianjurkan bersyukur. Karena kita mendapatkan kenikmatan dari Allah lewat sinar matahari.

Ketika melihat sinar matahari pagi, dianjurkan membaca doa ini.

 

6 dari 6 halaman

Doa Saat Matahari Muncul

 Doa Matahari Pagi© Dream.co.id

Subhana man showwaraka wa dawwaroka wa nawwaraka wa law syaa lakawwaraka.

Artinya,

" Maha Suci Dzat yang telah membentuk dirimu, yang telah menjadikanmu berputar, yang telah membuatmu bersinar, dan jika Dia berkehendak, juga Dia menggulungmu."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id