Doa Terbebas dari Segala Macam Kesulitan Hidup

Your Story | Jumat, 18 Oktober 2019 06:01
Doa Terbebas dari Segala Macam Kesulitan Hidup

Reporter : Ahmad Baiquni

Sesulit apapun beban hidup, pasti ada jalan keluarnya.

Dream - Hidup tidak selalu berjalan nyaman. Ada saat-saat di mana hidup terasa begitu berat. Rezeki terasa sulit diraih, beban pun menjadi semakin berat. 

Apalagi di era serba canggih seperti sekarang. Di zaman teknologi media sosial memegang peranan penting, orang menjadi begitu mudah mencerca saudaranya.

Cercaan demi cercaan menjadikan kehidupan semakin berat. Tidak sedikit orang yang menyerah menghadapinya.

Namun bagi seorang Muslim, menyerah pada kesulitan hidup tidaklah dianjurkan. Karena masih ada Allah, tempat memohon segala sesuatu.

Agar terlepas dari segala beban hidup, memperbanyak doa sembari terus berikhtiar adalah jalan yang harus ditempuh orang beriman. Dianjurkan membaca doa ini, yang merupakan ayat 26 dan 27 Surat Ali Imron.

 

2 dari 6 halaman

Doa Lepas dari Kesulitan Hidup

 doa lepas dari kesulitan hidup

Allahumma malikal mulki tu'til mulka man tasya' wa tanzi'ul mulka mimman tasya' wa tu'izzu man tasya' wa tudzillu man tasya'. Biyadikal khoir inna ala kulli syaiin qadir. Tulijul laila fin nahari wa tulijun nahara fil lail, wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayy, wa tarzuqu man tasya'u bi ghairi hisab.

Artinya,

" Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab."

3 dari 6 halaman

Doa Saat Jiwa Mengalami Depresi

Dream - Setiap orang tentu memiliki beban hidup masing-masing. Hal itu menuntut kemampuan seseorang dalam menghadapinya.

Beban hidup sejatinya bukan untuk dihilangkan namun ditangani dengan cara tepat. Karena pada dasarnya beban dalam kehidupan justru semakin bertambah seiring meningkatnya kemampuan seseorang menghadapinya.

Namun demikian, patut kita sadari kemampuan manusia ada batasnya. Bisa jadi, lantaran tidak kuat menghadapi beban, seseorang menjadi depresi.

Jiwanya mengalami guncangan hebat akibat tekanan yang diterimanya setiap hari. Tidak sedikit kasus bunuh diri terjadi akibat depresi.

Ketika jiwa terguncang ataupun depresi, segera baca doa ini. Doa yang terdapat dalam Surat Ar Rad ayat 28 ini bisa jadi jalan untuk meredam depresi.

 

4 dari 6 halaman

Doa Redam Depresi

 Doa Depresi

Alladzina amanu watathmainnu qulubuhum bi dzikrillahi ala bi dzikrillahi tathmainnul qulubu.

Artinya:

" (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

5 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Hantaman Fitnah

Dream - Fitnah, salah satu bentuk kejahatan yang bisa melanda siapa saja. Dampaknya sangat besar pada kehidupan seseorang.

Serangan fitnah menghancurkan martabat seseorang. Bahkan sampai membuat orang tak lagi dihargai di lingkungannya.

Sejatinya, fitnah merupakan tudingan yang dialamatkan pada sosok tertentu. Niat awal pelakunya adalah untuk menjatuhkan harga diri orang lain.

Namun demikian, ada pula fitnah yang tidak dilancarkan orang. Fitnah tersebut terselubung dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa jadi, dalam suatu kebaikan ternyata ada fitnah di dalamnya. Misalkan, bersedekah namun keikhlasannya berubah lantaran pujian dari orang lain.

Agar terhindar dari segala macam fitnah ini, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam riwayat Imam Bukhari dari Abu Mulaikah.

 

6 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Fitnah

 Doa Diajuhkan dari Fitnah

Allahumma inna na’udzu bika an narji'a 'ala a'qobina wa nuftatanu.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbalik ke belakang atau terkena hantaman fitnah."

Terkait
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal
Join Dream.co.id