Doa Terbaik Ketika Hujan Turun yang Sering Diucapkan Rasulullah

Your Story | Jumat, 24 Januari 2020 20:00
Doa Terbaik Ketika Hujan Turun yang Sering Diucapkan Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni

Doa ini untuk memohon agar hujan turun menjadi manfaat.

Dream - Indonesia kini sedang mengalami musim penghujan. Sejumlah daerah diguyur hujan hampir setiap hari.

Tidak terkecuali di kawasan Ibu Kota. Dalam beberpa hari terakhir, hujan bisa turun di Jakarta lebih dari sekali.

Turunnya hujan bisa mendatangkan berkah namun bisa juga musibah. Hal ini bergantung kepada seberapa deras dan lama jatuhnya tetesan air dari langit.

Tentu, kita lebih menginginkan hujan turun mendatangkan manfaat. Tanah menjadi subur dan tumbuhan mulai bersemi.

Ketika hujan turun, kita dianjurkan membaca doa. Memang ada sejumlah lafal doa saat hujan namun ada satu yang paling baik.

Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadisnya yang diriwayatkan Imam Bukhari. Doa ini berisi permohonan agar hujan yang turun membawa manfaat.

 

2 dari 6 halaman

Doa Terbaik Hujan

 Doa Terbaik Turun HujanDoa Terbaik Turun Hujan © Dream.co.id

Allahumma shoyyiban nafi'an.

Artinya,

" Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat."

3 dari 6 halaman

Doa Sebelum Makan Agar Tak Terkena Penyakit Menular

Dream - Geger penyakit menular kini tengah terjadi di beberapa negara. Untuk mengantisipasi dampaknya, Pemerintah Indonesia turut memperketat pengawasan.

Penyakit menular bisa tersebar lewat berbagai media. Bisa lewat jarum suntik, luka, maupun udara bergantung jenis penyakitnya.

Tentu kita perlu melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut. Bisa dengan menguatkan daya tahan maupun membuat lingkungan steril.

Penyakit menular pun sudah ada sejak zaman dulu. Bahkan di era kuno di mana metode pengobatan belum secanggih sekarang.

Agar terhindar dari penyakit menular, dianjurkan membaca doa ini sebelum makan. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Imam Abu Daud, Imam Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban.

 

4 dari 6 halaman

Doa Sebelum Makan

 Doa sebelum makan terhindar dari penyakit menularDoa sebelum makan terhindar dari penyakit menular © Dream.co.id

Bismillahi tsiqotan billah wa tawakkulan 'alaihi.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah, percaya kepada Allah dan tawakkal kepada-Nya."

5 dari 6 halaman

Geger Virus Corona, Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Wabah Penyakit Ganas

Dream - Wabah corona kini tengah menjangkiti masyarakat Wuhan, China. Negeri Tirai Bambu tersebut tengah berupaya agar wabah tersebut tidak meluas.

Meski jauh dari China, bukan berarti Indonesia aman dari wabah tersebut. Sebab, corona bisa menyerang siapa saja  terutama mereka yang berkunjung ke China dalam beberapa waktu terakhir.

Corona merupakan virus yang sangat berbahaya. Virus ini bisa membuat orang yang terjangkiti menderita penyakit pneumonia, yaitu infeksi yang menyerang jaringan dan kantung udara di paru-paru.

Pemerintah telah mengantisipasi masuknya virus cornan ini dengan memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan. Setiap orang yang baru datang dari luar negeri akan dipantau dengan ketat menggunakan thermal scanner.

Setelah berikhtiar menghindari kontak dengan pemicu penularan virus corona, langkah selanjutnya adalah meminta perlindungan kepada Allah SWT. Salah satunya bisa dilakukan dengan memanjatkan doa agar terhindar dari segala jenis wabah penyakit. 

Doa terhindar dari wabah penyakit berbahaya tersebut dibaca Imam Syafi'i dan dituliskan dalam kitab Abwabul Faraj.

 

6 dari 6 halaman

Doa Terhindar dari Wabah

 Doa Terhindar dari WabahDoa Terhindar dari Wabah © Dream.co.id

Bismillahir rahmanir rahimi wa billahi wa la hawla wala quwwata illa billahil 'aliyil 'adzimi uskun ayyuhal waja'u sakkantuka bil ladzi yumsikus sama a an taqo'a 'alal ardli illa bi idznihi innallaha binnasi la roufur rohimun.

Bismillahir rahmanir rahimi wa billahi wala hawla wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzimi uskun ayyuhal waja'u sakantuka billazi yumsikus samawati wal ardli an tazula innahu kana haliman ghofuran.

Artinya,

“ Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dengan nama Allah, tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Meredalah, wahai rasa sakit, aku meredakanmu dengan Dia yang menggenggam langit agar tidak jatuh menimpa bumi kecuali atas izin-Nya. Sesungguhnya Allah kepada manusia Maha Lembut dan Maha Penyayang.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dengan nama Allah, tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Meredalah, wahai rasa sakit, aku meredakanmu dengan Dia yang menggenggam langit dan bumi agar keduanya tidak tergelincir. Sesungguhnya Dia Maha Penyantun dan lagi Maha Pengampun.”

Terkait
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id