Doa Tahiyat Akhir dan Keutamaan Membaca Doa setelah Tahiyat Akhir, Bisa Terhindar dari Azab Kubur

Your Story | Senin, 6 Desember 2021 15:45

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Tahiyat akhir adalah bagian dari rukun sholat yang penting untuk dihafalkan.

Dream – Salah satu rukun sholat yang tak boleh ditinggalkan oleh umat Islam adalah tahiyat akhir. Gerakan ini dilakukan saat akan menyelesaikan sholat sebelum salam. Di mana sahabat Dream dalam posisi duduk sembari membaca doa tahiyat akhir.

Karena ini adalah bagian dari sholat dan sahabat Dream melakukannya setiap hari, maka doa tahiyat akhir perlu untuk dihafalkan. Dengan begitu, sholat pun menjadi lancar dan tentu saja sempurna.

Seperti yang diketahui bersama bahwa doa menjadi bentuk permohonan seorang hamba kepada Tuhannya. Oleh karena itu, doa tahiyat akhir harus dilakukan secara khusyuk dengan penuh kerendahan hati.

Pada dasarnya doa tahiyat akhir ini hampir mirip dengan tahiyat awal. Hal yang membedakan adalah pada tahiyat akhir diberikan tambahan sholawat Nabi.

Nah, untuk memudahkan sahabat Dream menghafalnya atau untuk membantu anak-anak dalam menghafal, berikut adalah bacaan doa tahiyat akhir beserta artinya yang telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Doa Tahiyat Akhir dan Keutamaan Membaca Doa setelah Tahiyat Akhir, Bisa Terhindar dari Azab Kubur
Doa Tahiyat Akhir (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 4 halaman

Doa Tahiyat Akhir

 Doa Tahiyat Akhir© Dream

Doa tahiyat akhir sebaiknya dihafalkan oleh umat Islam agar lebih mudah saat menjalankan sholat lima waktu setiap harinya. Bahkan anak-anak pun sudah harus diajarkan dan dibiasakan menghafal doa ini. Untuk lebih mempermudah, berikut adalah doa tahiyat akhir yang bisa kamu fafalkan:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

At Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah. As Salaamu'Alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu'Alaina Wa'Alaa Ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammad Rasuulullaah. Allaahumma Shalli'Alaa Muhammad, Wa'Alaa Aali Muhammad. Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim. Wabaarik'Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad. Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Fil'Aalamiina Innaka Hamiidum Majiid.

Artinya: “ Segala pengagungan yang berkah dan kebaikan yang baik itu adalah bagi Allah. Keselamatan selalu dilimpahkan kepadamu wahai nabi, begitu pula rahmat dan berkah Allah. Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah. Ya Allah, limpahkan lah rahmat-Mu kepada Muhammad dan keluarga Muhammad Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahi lah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia diseluruh alam.”

3 dari 4 halaman

Doa Setelah Tahiyat Akhir

Setelah membaca doa tahiyat akhir, alangkah baiknya jika sahabat Dream juga membaca doa setelah tahiyat akhir. Doa ini tidaklah sepanjang saat kamu membaca doa pada tahiyat akhir. Jadi akan lebih mudah untuk dihafalkan. Berikut adalah doa setelah tahiyat akhir yang bisa kamu baca:

اللهمإنيأعوذبكمنعذابالقبرومنعذابالنارومنفتنةالمحياوالمماتومنفتنةالمسيحالدجال

 Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahanam, dari azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah dajjal.”

4 dari 4 halaman

Keutamaan Doa setelah Tahiyat Akhir

 Keutamaan Doa setelah Tahiyat Akhir© Dream

Setiap doa yang dibaca oleh umat Islam selalu memiliki keutamaan tersendiri. Tidak terkecuali dengan doa setelah tahiyat akhir yang juga bisa mendatangkan keutamaan bagi umat Islam yang membacanya. Lalu, apa keutamaan membaca doa setelah tahiyat akhir yang bisa sahabat Dream dapatkan?

Sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah saw bersabda:

إذا فرغ أحدكم من التشهد ‏الآخر فليتعوذ بالله من أربع من عذاب جهنم، ومن عذاب ‏القبر ومن فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال” رواه مسلم

 Dalam hadis tersebut menjelaskan bahwa setelah menyelesaikan tasyahud akhir, maka berlindunglah pada Allah SWT dari empat. Keempat hal tersebut adalah azab dari neraka jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, serta keburukan dari Dajal yang terhapus dari rahmat Allah SWT.

Agar sahabat Dream terhindar dari Dajal yang muncul di akhir zaman, maka berdoa dengan rajin adalah kuncinya. Munculnya Dajal akan memberikan pengaruh yang buruk pada manusia. Oleh karena itu, Nabi saw pun menganjurkan pada umat Islam agar tidak lupa membaca doa dengan harapan semoga bisa terhindar dari fitnah dan bujuk rayu yang menyesatkan.

Join Dream.co.id