Doa Diberi Ketabahan Saat Kehilangan Harta

Your Story | Minggu, 2 Agustus 2020 06:00
Doa Diberi Ketabahan Saat Kehilangan Harta

Reporter : Ahmad Baiquni

Tabah akan membuat rasa ikhlas menguat.

Dream - Semua makhluk mendapat rezkenya masing-masing. Kesemuanya semata pemberian Allah SWT.

Meski kita berusaha keras mengumpulkan harta, tetap saja tak bisa lepas dari campur tangan Allah. Karena tugas kita hanyalah berikhtiar untuk mencari rezeki.

Ada kalanya, kita mengalami kejadian memilukan. Hingga harta kita hilang. Entah itu karena bencana atau akibat kejahatan. Tentu perasaan sedih dan menyesal akan kita alami.

Rasa ikhlas pun terasa hilang. Lelah yang sudah kita jalani jadi terasa percuma.

Ketika kehilangan harta, tidak ada jalan lain selain berusaha tabah. Agar diberikan ketabahan, dianjurkan membaca doa ini.

2 dari 6 halaman

Doa Tabah Kehilangan Harta

Doa Tabah Kehilangan Harta© Dream.co.id

Allahumma huwa maluka wa rizquka wa ana 'abduka khowwaltani hina razaqtani. Allahumma fa alhimni syukraka fihi wash shabra 'alaihi hina ashabta wa akhodzta. Allahumma anta a'thaita wa anta ashabta. Allahumma laa tuhrimni tsawabahu wala tunsini min kholfihi fi dunyaya wa akhiroti innaka 'ala kulli syaiin qadir. Allahumma anna laka wa bika wa ilaika wa minka la amliku linafsi dhlarran wala naf'an.

Artinya,

" Ya Allah, ia adalah harta dan rizku-Mu, dan aku adalah hamba-Mu, Engkau mempercayaiku ketika Engkau memberi aku rizki. Ya Allah, beri aku ilham untuk bersyukur pada-Mu dengannya, dan beri aku kesabaran atasnya ketika Engkau mencabut dan mengambilnya. Ya Allah, Engkau memberi dan Engkau mencabut. Ya Allah, jangan Engkau halangi aku untuk mendapatkan pahalanya dan jangan Engkau lupakan aku setelahnya di duniaku dan akhiratku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku milik-Mu, bersama-Mu, menuju kepada-Mu, dan berasal dari-Mu, aku tidak memiliki diriku sendiri untuk mendatangkan bahaya maupun manfaat."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Agar Pekerjaan Berakhir Baik

Dream - Kita tentu berharap semua hal bisa berakhir baik. Termasuk pula soal pekerjaan, pastinya ingin selesai dengan baik.

Tapi, kadangkala ada saja kendala yang muncul. Hal itu berpengaruh terhadap proses penyelesaian pekerjaan.

Akibatnya, pekerjaan bisa tidak sempurna. Masih ada yang harus dibenahi.

Belum lagi soal waktu. Pekerjaan yang hasil akhirnya kurang banyak ternyata cukup banyak menyita waktu.

Agar pekerjaan kita bisa baik di akhir dan bisa mengatasi kendala yang terjadi, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Pekerjaan Berakhir Baik

Doa Pekerjaan Berakhir Baik© Dream.co.id

Allahumma ahsin 'aqibatana fil umuri kulliha wa ajirna min khizyid dunya wa 'azabil akhirah.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah semua akhir urusan kami penuh dengan kebaikan, dan selamatkanlah kami dari kenistaan di dunia dan siksa di akhirat."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Utang Terlambat Dilunasi

Dream - Utang-piutang merupakan salah satu transaksi yang dibolehkan dalam Islam. Transaksi ini dapat membantu ketika seseorang terdesak memenuhi kebutuhan.

Tetapi, patut diketahui utang harus secepatnya dikembalikan. Sebab, utang juga berkaitan dengan hajat di pemberi pinjaman.

Bagi kita yang memberikan pinjaman, tentu ada harapan si peminjam bisa segera mengembalikannya sesuai janji. Semakin melegakan jika piutang itu kembali saat kita sedang membutuhkan yang. 

Sayangnya, ada kalanya pengutang telat membayar pinjamannya. Bahkan bisa jauh dari tanggal yang ditetapkan.

Tentu hal ini membuat kita cemas. Karena kita sendiri memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ketika piutang terlambat dilunasi, dianjurkan membaca doa ini.

 

6 dari 6 halaman

Doa Utang Tak Juga Dilunasi

Doa Utang Tak Juga Dilunasi© Dream.co.id

Allahumma lahzhotan min lahazhotikal kiram, tuyassiru 'ala ghuromai bihal qadlaa wa tuyassiru li biha minhumul iqtidlaa, innaka 'ala kulli syai-in qadir.

Artinya,

" Ya Allah, melalui karunia dari banyak karunia-Mu yang mulia, mudah-mudahan Engkau mempermudah dengannya pada orang-orang yang berutang padaku untuk melunasi, dan mudah-mudahan Engkau mempermudah padaku untuk menagih pada mereka, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id