Doa Sujud Syukur Dilengkapi Syarat, Rukun, Tata Cara, dan Manfaat

Your Story | Sabtu, 29 Januari 2022 06:00

Reporter : Arini Saadah

Sujud syukur dilakukan ketika mendapatkan kenikmatan atau kabar gembira yang tak terduga.

Dream – Banyak cara mengekspresikan kebahagiaan atas keberuntungan yang menghampiri, salah satunya dengan sujud syukur. Rasulullah SAW setiap kali mendapatkan kemudahan dan kabar gembira, beliau langsung sujud syukur kepada Allah SWT.

Kapanpun kamu mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT yang besar maka dianjurkan melaksanakan sujud syukur selagi sedang tidak dalam keadaan sholat.

Tata cara dan doa sujud syukur perlu diketahui agar kamu bisa dengan mudah melakukannya. Setiap orang tak bisa terpisah dengan doa. Saat hendak mengharapkan sesuatu, sebagai manusia memiliki kesadaran alamiah untuk bersandar kepada Tuhannya.

Doa sujud syukur sangat mudah diikuti. Agar kamu juga bisa mempelajarinya, simak doa sujud syukur di bawah ini lengkap dengan syarat, rukun, tata cara dan manfaat melaksanakannya.

Doa Sujud Syukur Dilengkapi Syarat, Rukun, Tata Cara, dan Manfaat
Ilustrasi Tata Cara Dan Doa Sujud Syukur. (Foto: Pexels.com)
2 dari 6 halaman

Syarat dan Rukun Sujud Syukur

Sebelum mengetahui doa sujud syukur, kita perlu mengetahui syarat dan rukunnya agar sujud syukur menjadi lebih sempurna. Terdapat syarat dan rukun yang perlu dipenuhi sebelum melaksanakan sujud syukur.

Syarat Sujud Syukur

  1. Suci dari hadas besar dan kecil.
  2. Menutup aurat.
  3. Menghadap kiblat.

Rukun Sujud Syukur

  1. Berniat sujud syukur.
  2. Takbiratul ihram dengan membaca takbir.
  3. Sujud sekali, dibarengi membaca doa sujud syukur.
3 dari 6 halaman

Tata Cara Sujud Syukur

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Sebelum membahas doa sujud syukur, kamu juga perlu tahu tata cara melakukan sujud syukur. Sebenarnya Rasulullah SAW sudah memberikan contoh sujud syuur kepada umat Islam semasa hidupnya. Seperti keterangan hadis di bawah ini,

“ Dari Abu Bakrah sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda, apabila datang kepada Nabi sesuatu yang menggembirakan atas kabar suka, beliau langsung sujud syukur kepada Allah.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Berikut tata cara sujud syukur sesuai tuntunan Rasullah SAW:

  1. Suci dari hadas besar dan kecil.
  2. Berwudhu terlebih dahulu.
  3. Menutup aurat.
  4. Berdiri menghadap kiblat.
  5. Takbiratul ihram dengan membaca niat: " Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala." Artinya: " Saya niat sujud syukur karena Allah Ta'aalla"
  6. Lakukan sujud satu kali dengan membaca doa sujud syukur.
  7. Duduk lalu mengucapkan salam ke arah kanan dan kiri.
4 dari 6 halaman

Doa Sujud Syukur

Saat melakukan sujud syukur, ada doa sujud syukur yang bisa kamu ucapkan. Salah satunya seperti doa sujud syukur di bawah ini.

Pertama, membaca tasbih, tahmid, dan tahlil.

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

Artinya:

" Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung."

Kedua, membaca doa sujud syukur.

Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin.

Artinya:

" Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta."

Ketiga, Membaca Surat An-Naml ayat 19:

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'laa waalidayya wa-an a'mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibadikash shoolihiin.

Artinya:

" Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih."

5 dari 6 halaman

Kapan Boleh Sujud Syukur?

 Ilustrasi© Freepik.com

Sujud syukur dilakukan ketika mendapatkan nikmat atau kabar gembira yang datangnya tak terduga. Sehingga sujud syukur tidak berlaku untuk nikmat yang sifatnya harian.

Sujud syukur dianjurkan ketika mendapat nikmat yang luar biasa. Contohnya dikaruniai anak meskipun setelah keguguran, sembuh dari penyakit mematikan, kembalinya orang hilang, lulus ujian akhir, dan turunnya hujan di saat kemarau panjang.

Tak hanya ketika ketiban nikmat, Syekh Syarqawi dalam Hasyiyatus Syarqawi ala Tuhfatit Thullab menyebutkan bahwa sujud syukur juga dilakukan saat kesusahan seperti selamat dari bencana, dan ketika melihat orang terkena musibah. Namun sujud syukur ini tidak boleh dilakukan di depan umum sebab dikhawatirkan menyakiti perasaan mereka.

6 dari 6 halaman

Manfaat Sujud Syukur

Setelah mengetahui tata cara dan doa sujud syukur, alangkah baiknya kamu juga mengetahui manfaat luar biasa setelah melaksanakan sujud syukur. Berikut ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah melaksanakan sujud syukur:

  1. Semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Allah.
  2. Selalu mengingat Allah Swt dalam keadaan gembira.
  3. Mengungkapkan rasa syukur kepada Allah.
  4. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah Swt.
  5. Bentuk kepasrahan dan berserah diri kepada Allah.
  6. Merasa rendah diri di hadapan sang pencipta.
  7. Mengikis rasa sombong dalam jiwa manusia.
  8. Menyegarkan otak saat posisi badan sujud dari segi kesehatan.
  9. Melancarkan sirkulasi darah ke otak menjadi lancar.
  10. Meningkatkan konsentrasi.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id