Doa Sujud Sahwi Saat Lakukan Kekeliruan dalam Sholat

Your Story | Rabu, 22 Januari 2020 20:00
Doa Sujud Sahwi Saat Lakukan Kekeliruan dalam Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni

Sujud sahwi dikerjakan di akhir sholat sebelum salam.

Dream - Setiap muslim yang menunaikan sholat selalu dianjurkan untuk menjalaninya dengan khusyuk. Segala hal yang bisa menganggu harus disingkirkan lebih dulu.

Sayangnya tidak sedikit dari kita yang sulit mencapai kekhusyukan. Ketika takbiratul ikram, ada saja pikiran datang mengganggu.

Entah itu ingat letak barang yang dicari atau teringat jawaban tugas yang dikerjakan. Tidak jarang pula membayangkan hal-hal tertentu.

Sering kali pikiran yang tiba-tiba datang itu membuat kita lupa gerakan sholat. Paling sering terjadi adalah jumlah rakaat sholat yang sudah ditunaikan.

Ketika hal ini terjadi, kita dianjurkan untuk melaksanakan sujud sahwi sebelum salam. Sujud dilaksanakan dua kali dengan diselinggi duduk sebentar lalu ditutup salam.

Saat melaksanakan sujud sahwi, berikut doa yang dibaca. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abdullah bin Buhainah RA.

 

2 dari 6 halaman

Doa Sujud Sahwi

 Doa Sujud SahwiDoa Sujud Sahwi © Dream.co.id

Subhana ma la yanamu wa la yashu

Artinya,

" Maha Suci Allah, Dzat yang tidak tidur dan tidak lupa."

3 dari 6 halaman

Doa Agar Diberikan Keamanan Saat Keluar Rumah

Dream - Bepergian keluar rumah sudah jadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas setiap orang. Di masyarakat modern, intensitas bepergian menjadi sangat tinggi.

Bepergian dengan sarana apapun tentu tidak lepas dari potensi bahaya. Kecelakaan atau hal buruk lainnya bisa saja terjadi.

Memang, kita perlu berhati-hati ketika sedang bepergian. Namun demikian, kita tidak bisa menolak hal buruk jika memang sudah waktunya terjadi.

Di situlah pentingnya mawas diri. Juga berharap kepada Allah agar perjalanan kita aman.

Dianjurkan membaca doa ini agar aman saat kita keluar dari rumah. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Imam Abu Daud, Imam Nasa'i dan Imam Ibnu Majah.

4 dari 6 halaman

Doa Aman Keluar Rumah

 doa aman keluar rumahdoa aman keluar rumah © Dream.co.id

Allahumma inni a'udzubika an adlilla aw udlalla aw azilla aw uzalla aw uzlama aw ajhala aw yujhala 'alayya.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tersesat atau aku menyesatkan, dari tergelincir atau aku digelincirkan, atau aku mendzalimi atau aku didzalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi."

5 dari 6 halaman

Doa Memohon Ditambahkan Nikmat

Dream - Setiap kali mendapat kebaikan, setiap muslim sangat dianjurkan bersyukur. Kebaikan merupakan bagian dari nikmat Allah SWT. Nikmat tersebut diberikan sebagai wujud kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya.

Allah juga tidak enggan memperbanyak nikmat yang diberikan kepada kita. Selama kita mau bersyukur atas nikmat tersebut.

Tetapi, jika kita ingkar, Allah mengingatkan kepada kita akan siksa-Nya yang teramat pedih. Karena kita sejatinya tidak bisa mengingkari keberadaan nikmat tersebut.

Selain bersyukur, kita dianjurkan membaca doa ini agar nikmat yang diterima ditambah lebih banyak lagi. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Tirmidzi.

 

6 dari 6 halaman

Doa Mohon Ditambah Nikmat

 Doa Ditambah NikmatDoa Ditambah Nikmat © Dream.co.id

Allahumma zidna wa la tanqushna wa akrimna wa la tuhinna wa la tahrimna wa atsirna wa la tu'tsir 'alaina wa ardlina wardla 'anna.

Artinya,

" Ya Allah, tambahkanlah dan jangan kurangi pada kami, muliakanlah kami dan jangan hinakan kami, berilah kami dan jangan halangi kami, pentingkanlah kami dan jangan palingkan kami, ridlailah kami dan ridlailah dari kami."

Terkait
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id