Doa Sholat Hajat yang Diajarkan Rasulullah Disertai dengan Tata Caranya

Your Story | Kamis, 10 Maret 2022 06:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sholat hajat dilakukan ketika sedang memiliki suatu harapan atau pun dalam kondisi kesulitan.

Dream – Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentunya memiliki suatu keinginan atau hajat yang selama ini diharapkan. Namun beberapa manusia tidak memiliki kuasa untuk bisa mewujudkan segala hal yang diinginkannya. Allah SWT sendiri mempunya rencana tentang kapan keinginan tersebut akan diberikannya kepada yang meminta.

Islam senantiasa mengajarkan kepada umatnya untuk tak berputus asa dan terus berikhtiar untuk mewujudkan keinginan yang diidamkannya. Setelah semua upaya dilakukan, manusia selanjutnya memanjatkan doa agar keinginan dikabulkan dan menyerahkan  segala keputusan kepada Allah SWT.

Selain melalui perantara doa, keinginan manusia tersebut bisa disampaikan lewat sebuah ibadah khusus yang dikenal sebagai sholat hajat. Ibadah sunah ini dianjurkan untuk dilakukan ketika seseorang memilih pengharapan akan sesuatu. Dalam ibadah ini, umat Islam mengerjakan sholat yang dilanjutkan dengan memanjatkan doa sholat hajat untuk memohon kepada Allah SWT.

Dengan selalu berprasangka baik Allah SWT akan mengabulkan permintaan tersebut, inilah usaha yang bisa dilakukan seorang hamba dan hanya Sang Khalik yang mengetahui waktu terbaik untuk mengabulkan doa tersebut. Bahkan hal itu bisa menjadi sebuah kejutan tak terduga untuk sahabat Dream.

Nah, berikut adalah penjelasan secara lebih lengkap tentang tata cara sholat hajat hingga doa sholat hajat yang diajarkan Rasulullah saw sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

Doa Sholat Hajat yang Diajarkan Rasulullah Disertai dengan Tata Caranya
Doa Sholat Hajat Yang Diajarkan Rasulullah (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Waktu untuk Menjalankan Sholat Hajat

 Waktu untuk Menjalankan Sholat Hajat© Shutterstock.com

Sholat hajat ini dikerjakan ketika seseorang sedang memiliki suatu harapan atau berada di tengah kondisi yang sedang sulit. Dengan menjalankan sholat sunah ini, harapannya Allah SWT akan mendengarkan dan mengabulkan permohonan dari hamba-Nya tersebut.

Seperti dikutip dari merdeka.com, sholat hajat ini bisa dikerjakan secara bebas tanpa adanya keterikatan waktu seperti sholat fardhu yang sudah ditentukan jadwlnya. Namun, sholat hajat ini memiliki waktu-waktu yang terbaik untuk dikerjakan agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Sholat hajat dianjurkan untuk dikerjakan pada tengah atau pun sepertiga malam. Selain itu, sholat ini juga bisa dikerjakan bersamaan dengan sholat istikharah, sholat tahajud, dan sholat witir. Sedangkan untuk jumlah rakaatnya, sholat hajat bisa dikerjakan sesuai dengan kemampuan sahabat Dream yang hendak melakukannya.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Hajat

Bagi sahabat Dream yang memiliki keinginan atau sedang dalam kondisi yang sulit dan ingin mengerjakan sholat hajat, maka penting sekali untuk mengetahui tata caranya. Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat hajat seperti dikutip dari merdeka.com:

1. Membaca niat sholat hajat

Berikut adalah bacaan niat sholat hajat yang bisa sahabat Dream hafalkan: 

أُصَلِّىسُنَّةَالْحَاجَةِرَكْعَتَيْنِلِلَّهِتَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala.

Artinya:Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka'at karena Allah Ta'ala" .

2. Takbiratul ihram dilakukan secara berdiri bagi yang mampu.

3. Membaca doa iftitah.

4. Membaca surat Al-Fatihah.

5. Membaca salah satu surat yang ada dalam Al-Quran. Namun dianjurkan membaca surat Al-Kafirun sebanyak tiga kali di rakaat pertama.

6. Rukuk dengan tumaninah.

7. I’tidal dengan tumaninah.

8. Sujud dengan tumaninah.

9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.

10. Sujud kedua dengan tumaninah.

11. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat sholat yang kedua.

12. Membaca surat Al-Fatihah.

13. Membaca salah satu surat di Al-Quran. Namun dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali di rakaat kedua.

14. Rukuk dengan tumaninah.

15. Sujud dengan tumaninah.

16. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.

17. Sujud kedua dengan tumaninah.

18. Tahiyyat akhir dengan tumaninah.

19. Salam.

4 dari 4 halaman

Doa Sholat Hajat

 Doa Sholat Hajat© Shutterstock.com

Setelah menyelesaikan sholat hajat sebaiknya tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Tetapi melanjutkannya dengan membaca doa sholat hajat. Dalam do aini berisi pujian yang ditujukan pada Allah SWT dan membaca sholawat untuk Nabi Muhammad saw. Dengan begitu, dalam berdoa sholat hajat tidak hanya menyampaikan apa yang diinginkan saja. Tetapi jangan lupa juga untuk memuji Allah SWT dan Nabi Muhammad saw.

Berikut adalah bacaan doa sholat hajat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw untuk bisa sahabat Dream amalkan seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

لَاإِلَهَإِلَّااللهُالحَلِيْمُالكَرِيْمُ،سُبْحَانَاللهِرَبِّالعَرْشِالعَظِيْم،الحَمْدُلِلَّهِرَبِّالعَالَمِيْنَ،أَسْأَلُكَمُوْجِبَاتِرَحْمَتِكَ،وَعَزَائِمَمَغْفِرَتِكَ،وَالغَنِيْمَةَمِنْكُلِّبِرٍّ،وَالسَّلَامَةَمِنْكُلِّإِثْمٍ،لَاتَدَعْلِيذَنْبًاإِلَّاغَفَرْتَهُ،وَلَاهَمًّاإِلَّافَرَّجْتَهُ،وَلَاحَاجَةًهِيَلَكَرِضًاإِلَّاقَضَيْتَهَايَاأَرْحَمَالرَّاحِمِيْنَ

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Artinya: “ Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Join Dream.co.id