Doa Setiap Kali Memotong Kuku

Your Story | Jumat, 7 Agustus 2020 20:00
Doa Setiap Kali Memotong Kuku

Reporter : Ahmad Baiquni

Potong kuku, salah satu ajaran membersihkan diri dalam Islam.

Dream - Islam mengajarkan setiap umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Selain untuk kebutuhan diri sendiri, kebersihan adalah salah satu hal yang disukai Allah SWT.

Cukup banyak aktivitas membersihkan diri yang diajarkan dalam Islam. Ada mandi, wudhu, gosok gigi, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan, rutinitas memotong kuku untuk menghilangkan kotoran di dalamnya yang bisa jadi membahayakan kesehatan pemiliknya.

Potong kuku juga menjadi kebiasaan Rasulullah Muhammad SAW. Dalam sejumlah riwayat disebutkan Rasulullah selalu memotong kukunya pada hari Jumat.

Faedah memotong kuku sendiri sangat banyak. Salah satunya, menghindarkan diri kita dari kemungkinan keracunan bakteri yang tersimpan di balik kuku.

Nah, sebelum memotong kuku dianjurkan membaca basmalah. Saat selesai, baca doa ini.

 

2 dari 6 halaman

Doa Potong Kuku

Doa potong kuku© Dream.co.id

Bismillah wa billah wa 'ala sunnati muhammadin wa ali muhammadin shalawatullahi wa salamuhu 'alaihim.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah, dan karena Allah, serta mengikuti sunah Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Semoga rahmat Allah dan salam-Nya senantiasa tercurah kepada mereka."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Ketika Ada Orang yang Menyatakan Cinta

Dream - Cinta, kata sederhana namun sulit dijelaskan. Cinta menjadi dasar sebuah hubungan terjalin baik antara pasangan lawan jenis maupun pertemanan.

Cinta akan membuat sebuah hubungan terikat kuat. Setiap orang saling bisa menerima dan bertahan bersama dalam menjalani kisah hidup.

Mungkin kita pernah tahu ada orang yang mengungkapkan cintanya. Atau malah kita mengalami sendiri hal itu.

Terucap kalimat dari seseorang, menyatakan dia mencintai kita karena Allah. Entah itu dari teman benar-benar dekat, atau dari orang lain yang jatuh hati dan ingin membina hubungan kasih sayang dengan kita.

Ketika mengalami hal itu, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kita untuk mengucap sebuah doa. Doa ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Imam Baihaqi dari Anas bin Malik RA.

 

4 dari 6 halaman

Doa Balas Ungkapan Cinta

Doa Balas Ungkapan Cinta© Dream.co.id

Ahabbakal ladzi ahbabtani lahu.

Artinya,

" Semoga Allah mencintai kamu yang cinta kepadaku karena-Nya."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Agar Sembuh dari Penyakit Ain

Dream - Mungkin kita pernah mendengar penyakit ain. Sebuah penyakit yang bisa dialami siapa saja termasuk anak-anak.

Dalam literatur Islam, penyakit ain adalah sebuah penyakit yang timbul akibat rasa dengki seseorang kepada orang lain. Jadi yang menjadi objek kedengkian akan merasakan sakit.

Jika diperiksakan secara medis, rata-rata dokter akan menyatakan tidak ada gejala sakit yang ditemukan. Karena memang sakit ini menjadi semacam sugesti.

Tetapi bukan berarti penyakit ain tidak ada. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri pernah mengalaminya.

Untuk bisa sembuh, Rasulullah SAW meminta istrinya, Aisyah, meruqyah dengan doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

 

 

6 dari 6 halaman

Doa Sembuhkan Penyakit Ain

Doa Sembuhkan Penyakit Ain© Dream.co.id

Imsahil ba'sa rabban nasi biyadikasy syifau la kasyifa lahu illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, hilangkanlah penyaki ini, ya Tuhan manusia, hanya di tangan-Mu kesembuhan, tiada yang dapat menghilangkan penyakit kecuali Engkau."

Terkait
Join Dream.co.id