Doa Setelah Menamai Anak

Your Story | Minggu, 21 Februari 2021 18:00
Doa Setelah Menamai Anak

Reporter : Ahmad Baiquni

Memberi nama anak dianjurkan dengan nama yang baik.

Dream - Nama tak sekadar sebutan atau julukan. Nama juga merupakan doa orangtua untuk anaknya.

Karena itulah sangat dianjurkan untuk memberikan nama terbaik kepada anak. Diharapkan kelak si anak dapat menjadi pribadi yang sesuai namanya.

Orangtua tidak boleh sembarangan memberi nama. Jangan asal terdengar baik, lalu memberikan nama tersebut kepada anak.

Dianjurkan untuk memilih nama-nama Islami. Ada kandungan doa di dalamnya.

Setelah menamai anak, para orangtua dianjurkan membaca doa ini.

 

2 dari 6 halaman

 Doa Setelah Memberi Nama Anak© Dream.co.id

Allahummaj'al hadzal isma mubarakal lahu faj'al bitho'atika isytighalahu wa bima yurdlika amalahu wa bitholabi 'ilmika ijtihadahu wakhtim bish-shalihati ajalahu. Allahumma thowwil 'umrahu fi tho'atika wa tho'ati rasulika wa shohhih ajsadahu fi shihhatin wa 'afiyatin wa salamah. Allahummaj'alhu za'iman fi waqti kibarihi wa tsabbit imanahu kaimani anbiyaika ila yawmiddin. Allahummarzuqhu rizqon halalan thoyyiban mubarakan jamilan wa ilal khoiri qurbahu wa 'anisy syarri ab'adahu ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah nama ini berkah baginya, dan jadikanlah taat kepada-Mu merupakan pekerjaannya, dan perkara yang Engkau ridhai adalah cita-citanya, menuntut ilmu menjadi perjuangannya, dan akhirilah hidupnya dengan amalan saleh. Ya Allah, panjangkanlah umurnya dalam ketaatan kepada-Mu dan kepada Rasul-Mu. Jadikanlah badannya dalam keadaan sehat afiat serta sejahtera. Ya Allah, jadikanlah dia pemimpin di waktu besarnya dan tetapkanlah imannya seperti iman para nabi-Mu hingga hari kiamat. Ya Allah, berikanlah rezeki yang halal lagi baik dan berkah, dan bagus. Dekatkanlah dia dengan perkara-perkara yang baik, dan jauhkanlah dia dari perkara-perkara yang buruk lagi jahat. Wahai Dzat Yang Maha Pengasih di antara para pengasih.

3 dari 6 halaman

Doa Agar Dikaruniai Keturunan yang Baik

Dream - Setiap orang tentu ingin mendapatkan keturunan yang baik. Keturunan yang menjadi penentram hati sekaligus pemberi manfaat kepada sesama.

Namun demikian, kita patut pahami anak sejatinya ibarat kertas putih. Para orangtualah yang mengisi kertas putih itu dengan tinta.

Maksudnya, tumbuh kembang anak sepenuhnya bergantung kepada orangtua. Karena orangtualah sumber pengetahuan dan nilai pada seorang anak.

Sehingga, para orangtua dituntut untuk mendidik anak-anak mereka dengan akhlak yang baik. Didikan orangtua akan menjadi pegangan dan akhlak pada diri naik.

Selain itu, agar mendapat karunia berupa keturunan yang baik, dianjurkan membaca doa Nabi Zakaria AS ini. Doa tersebut ada dalam Surat Ali Imran ayat 38.

 

4 dari 6 halaman

 Doa agar dianugerahi keturunan baik© Dream.co.id

Rabbi habli min ladunka dzurriyatan thayyibatan, innaka sami'ud du'a.

Artinya,

" Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

5 dari 6 halaman

Doa Agar Anak Tumbuh Jadi Generasi Sholeh Sholehah

Dream - Kita mungkin pernah dengar ungkapan, 'Anak adalah investasi masa depan'. Tentu bukan investasi dalam arti ekonomi pastinya.

Ungkapan ini mungkin benar. Sebab, masa depan kehidupan sebenarnya ada pada anak-anak.

Berkat ungkapan ini pula, para orangtua berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, terutama soal pendidikan. Tak masalah biaya sekolahnya mahal, yang penting anak bisa tumbuh dengan baik.

Tak melulu sekolah dan madrasah, banyak orangtua Muslim berlomba memasukkan buah hati mereka ke pesantren-pesantren unggul. Harapan mereka hanya agar anak tak hanya cerdas soal pengetahuan namun juga fasih segala ajaran agama.

Upaya ini tentu sangat baik. Tetapi, akan lebih baik jika dilengkapi dengan ikhtiar orangtua mendoakan buah hati agar tumbuh menjadi generasi sholeh dan sholehah.

 

6 dari 6 halaman

 Doa Anak Sholeh Sholehah© Dream.co.id

Allahummaj'al awladana awladan sholihin hafidhina lil qur'ani wa sunnati fuqaha fid din mubarakan hayatuhum fid dunya wal akhirah.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Alqur’n dan Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama, diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat."

Terkait
Join Dream.co.id