Doa sesudah Tahajud dan Keutamaannya Jika Dikerjakan dengan Istiqomah

Your Story | Rabu, 9 Maret 2022 20:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw karena memiliki beragam keistimewaan.

Dream – Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunah yang dianjurkan agar dikerjakan oleh umat Islam. Bahkan Nabi Muhammad saw juga menjalankan sholat sunah ini yang dicontohkan kepada umatnya, sebagaimana terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

" Apakah sholat yang lebih utama sesudah sholat lima waktu?" Beliau menjawab, 'Sholat malam',"  (HR. Muslim).

Menjalankan sholat tahajud pada sepertiga malam memang mendatangkan banyak kebaikan. Salah satunya adalah doa-doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, setelah menyelesaikan sholat tahajud hendaknya tidak langsung meninggalkan tempat sholat dan kembali tidur. Tetapi meluangkan waktu sejenak untuk membaca doa sesudah tahajud yang memiliki banyak keutamaan.

Bangun di sepertiga malam untuk menjalankan sholat tahajud mungkin bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika kondisi sedang mengantuk dan harus bangun lalu mengambil air wudu. Namun dengan diiringi niat yang lurus untuk mengharap ridha dari Allah SWT, insya Allah usaha kita untuk sholat tahajud akan dipermudah oleh-Nya.

Nah, berikut adalah penjelasan tentang waktu sholat tahajud, doa sesudah tahajud dan keutamaannya yang dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id dan merdeka.com.

Doa sesudah Tahajud dan Keutamaannya Jika Dikerjakan dengan Istiqomah
Doa Sesudah Tahajud (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Waktu Sholat Tahajud

 Waktu Sholat Tahajud© Unsplash.com

Mungkin selama ini orang-orang mengetahui bahwa sholat tahajud dikerjakan pada sepertiga malam saja. Tetapi sebenarnya waktu sholat tahajud sendiri terbagi ke dalam tiga waktu yang memiliki keutamaannya masing-masing. Berikut adalah waktu-waktu sholat tahajud yang penting untuk sahabat Dream ketahui seperti dikutip dari merdeka.com:

Waktu yang Utama

Waktu yang utama untuk menjalankan sholat tahajud adalah kira-kira dari pukul 7 malam atau setelah menjalankan sholat isya hingga pukul 10 malam.

Waktu yang Lebih Utama

Waktu yang lebih utama untuk menjalankan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam kedua, yakni sekitar dari pukul 10 malam hingga pukul 1 pagi.

Waktu yang Paling Utama

Waktu yang paling utama untuk menjalankan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam yang ketiga, yakni sekitar dari pukul 1 pagi sampai masuknya waktu sholat subuh.

3 dari 4 halaman

Doa sesudah Tahajud yang Diajarkan Rasulullah

Setelah menjalankan sholat tahajud, hendaknya sahabat Dream tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Akan tetapi melanjutkannya dengan membaca doa sesudah tahajud. Di mana do aini berisi pujian, pengakuan, serta permohonan ampun pada Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa sesudah tahajud yang diajarkan oleh Rasulullah saw seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya:

“ Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

4 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

 Keutamaan Sholat Tahajud© Shutterstock.com

Jika sahabat Dream sudah mengetahui bagaimana bacaa doa sesudah tahajud yang diajarkan oleh Rasulullah, penting juga untuk mengetahui apa saja keutamaan dari sholat tahajud. Karena dengan mengetahuinya, hal ini bisa membuatmu lebih semangat untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa keutamaan sholat tahajud yang dikutip dari merdeka.com:

Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Keutamaanya dari menjalankan sholat tahajud adalah diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT surat Al-Isra ayat 79 berikut ini:

وَمِنَالَّيْلِفَتَهَجَّدْبِهٖنَافِلَةًلَّكَۖعَسٰٓىاَنْيَّبْعَثَكَرَبُّكَمَقَامًامَّحْمُوْدًا

Artinya: Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79).

Dikabulkan Doanya oleh Allah SWT

Barangsiapa yang mengerjakan sholat tahajud, maka doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini karena di tengah nyenyaknya tidur, kamu masih tetap ingat Allah SWT dengan berusaha bangun di tengah malam. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari berikut:

" Rabb kita Tabaraka wa Taala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari).

Dimudahkan Masuk Surga

Membiasakan diri untuk sholat tahajud juga akan memudahkanmu untuk masuk surga. Hal ini pun disampaikan oleh Nabi Muhammad saw pada Abdullah Ibnu Muslim tentang keistimewaan dari sholat tahajud tersebut:

" Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

Dihapuskan Dosanya

Menjalankan sholat tahajud juga mampu untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan. Apalagi sebagai seorang manusia tentunya tidak akan bisa luput dari adanya dosa. Nah, untuk bisa dihapuskan oleh Allah SWT, maka lakukanlah sholat tahajud setiap malamnya. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

" Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad).

Join Dream.co.id