Doa Sesudah Makan dan Adab-adab Selesai Makan, Bentuk Rasa Syukur atas Nikmat Allah SWT

Your Story | Kamis, 9 Desember 2021 14:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Nabi Muhammad saw telah mengajarkan adab-adab yang baik setelah selesai makan.

Dream – Dalam kehidupannya, manusia tentu saja membutuhkan asupan makanan agar memiliki energi dan bisa menjalankan aktivitas setiap hari secara lancar. Namun ada satu hal yang jangan sampai dilupakan ketika makan adalah membaca doa.

Islam sendiri hadir dengan membawa ajaran-ajaran yang baik. Salah satunya adalah ajaran untuk membaca doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, termasuk doa makan. Tentunya hal ini penting untuk diajarkan kepada anak-anak agar ia terbiasa sampai dewasa untuk membacanya.

Setiap orang tua biasanya mengajarkan kepada anak-anaknya sejak masih kecil untuk membaca doa saat akan makan maupun doa sesudah makan. Bahkan di sekolah pun guru-guru juga kerap mengajarkan doa tersebut kepada murid-muridnya. Doa yang dibaca sesudah makan menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan nikmat berupa makanan dan minuman.

Bahkan setelah makan pun juga ada adab-adab yang perlu diketahui oleh umat Islam. Di mana adab-adab itulah yang juga dilakukan oleh Nabi Muhammad saw semasa hidupnya sekaligus sebagai contoh baik bagi umatnya.

Berikut adalah doa sesudah makan dan adab setelah makan yang telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Doa Sesudah Makan dan Adab-adab Selesai Makan, Bentuk Rasa Syukur atas Nikmat Allah SWT
Doa Sesudah Makan Dan Adab-adab Selesai Makan (Foto Ilustrasi: Liputan6.com)
2 dari 4 halaman

Doa sesudah Makan

 Doa Sesudah Makan© Freepik.com

Segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT sudah seharusnya disyukuri. Termasuk makanan yang kita nikmati setiap harinya adalah rezeki yang diberikan Allah SWT. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat tersebut adalah dengan berdoa.

Saat akan makan, sahabat Dream dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Begitu juga saat selesai makan, maka bacalah doa sesudah makan sebagai bentuk syukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas makanan yang sudah kita nikmati.

Berikut adalah doa sesudah makan yang bisa kamu hafalkan dengan mudah: 

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

 Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim.”

3 dari 4 halaman

Adab-adab sesudah Makan

 Adab-adab Sesudah Makan© Freepik.com

Dalam ajaran Islam, segala sesuatu yang dilakukan oleh umat Islam memiliki adab sendiri-sendiri. Dengan adanya adab inilah yang mampu menghindarkan manusia dari hal-hal yang keji dan dibenci oleh Allah SWT. Tak hanya itu saja, dengan menerapkan adab, maka ini bisa menjadi upaya untuk menumbuhkan rasa cinta kita kepada Allah SWT dan juga kepada sesama manusia.

Adab-adab yang diajarkan oleh agama Islam pun meliputi dari hal-hal yang sederhana, salah satunya adab sesudah makan. Sebelum sahabat Dream sudah mengetahui doa sesudah makan. Lalu setelah selesai makan, apa yang sebaiknya dilakukan sebagaimana yang juga Nabi Muhammad saw lakukan?

Berikut adalah adab-adab setelah makan yang penting untuk diketahui oleh umat Islam sebagaimana dikutip melalui syariahislam.com:

Berhenti Makan sebelum Kenyang

Inilah salah satu hal yang mungkin tidak setiap orang mengetahuinya. Islam mengajarkan kepada umatnya agar berhenti makan sebelum dirinya merasa kenyang. Hal ini seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.

Di mana beliau makan, namun tidak sampai kekenyangan. Karena hal ini bisa menyebabkan sakit perut bahkan sakit perut akut serta bisa membuat kerakusan yang mampu menghilangkan kecerdasan seseorang.

Ada banyak dampak buruk yang terjadi ketika seseorang memaksakan makanan untuk dikonsumsinya padahal sudah dalam kondisi kenyang. Sehingga lebih baik jika sahabat Dream berhenti makan sebelum kenyang.

Menjilati Tangan sesudah Makan

Adab setelah makan yang penting diketahui adalah menjilati makanan yang ada di tangan. Lalu mengusapnya atau mencuci tangan dengan air bersih. Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis. Rasulullah saw bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَاماً فَلاَ يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا.

Artinya: Apabila salah seorang di antara kalian telah selesai makan, maka janganlah ia mengusap tangannya hingga ia menjilatinya atau minta dijilatkan (kepada istrinya, anaknya.)” (HR. Bukhari no. 5456 dan Muslim no. 2031).

Memungut Makanan yang Jatuh saat Makan

Adab lainnya setelah makan adalah memungut makan yang diketahui jatuh saat sedang makan. Hal ini sebagai upaya untuk menunjukkan atas rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah memberikan nikmat yang berlimpah. Hingga saat ini kita masih bisa menikmati makanan tersebut.

4 dari 4 halaman

Adab-adab sesudah Makan

Memuji Allah SWT

Ada yang tak boleh dilupakan setelah selesai makan adalah membaca doa sesudah makan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Doa ini sangatlah pendek dan bisa sahabat Dream hafalkan dengan mudah.

Bagi sahabat Dream yang makan bersama anak-anak, maka bisa sekalian membacanya bersama-sama. Sehingga hal ini bisa sekaligus mengajari mereka doa tersebut dan membiasakan membaca doa sesudah makan.

Jika setelah makan sahabat Dream minum susu, maka doa ini bisa kamu baca: 

اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَزِدْنَا مِنْهُ.

 Artinya: Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada kami pada apa-apa yang telah Engkau rizkikan kepada kamu dan tambahkanlah (rizki) kepada kami darinya.” (HR. Abu Dawuud no. 3730, At-Tirmidzi no. 3451).

Itulah bacaan doa sesudah makan yang bisa sahabat Dream baca setiap selesai makan. Selain itu juga adab-adab setelah makan yang juga dilakukan oleh Nabi Muhammad saw semasa hidupnya. Mudah-mudahan kita semua termasuk hamba-hamba yang selalu bersyukur pada nikmat yang diberikan Allah SWT setiap waktunya.

Join Dream.co.id