Doa Sebelum Membuka Usaha

Your Story | Selasa, 28 September 2021 06:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Menjadi pengusaha banyak tantangannya namun bisa jadi pembuka ladang amal.

Dream - Menjadi wirausaha saat ini banyak diminati. Salah satu alasannya adalah waktu bekerja yang biasa diatur mandiri selain penghasilan yang mungkin lebih besar dibandingkan menjadi pegawai.

Meski begitu tantangan menjadi pengusaha tidaklah kecil. Setiap hari kita akan berhadapan dengan penuh ketidakpastian. Di momen inilah banyak orang gagal karena menyerah dengan tantangan tersebut 

Calon pengusaha harus memiliki keuletan dan sifat pantang menyerah untuk bisa merauh sukses. Kegagalan akan merekan jadikan sebagai pelajaran sehingga tidak perlu berpangku tangan dan menyerah.

Dengan banyaknya tantangan yang akan menghadang, keputusan menjadi pengusaha harus selalu didukung. Menjadi pengusaha, dapat membuka ladang amal lebih luas.

Karena kita dapat berbagi melalui sedekah maupun pekerjaan kepada orang lain. Sehingga kita bisa membantu mengurangi beban hidup.

Sebelum membuka usaha, dianjurkan membaca doa ini.

 

Doa Sebelum Membuka Usaha
Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Sebelum Usaha

نَوَيْتُ اْلعَفَافَ وَتَحْصِيْلَ اْلكَفَافِ وَكَفَّ النَفْسِ عَنْ مَسْأَلَةِ النَّاسِ وَاْلقِيَامَ بِمَنْ يَلْزَمُهُ اْلقِيَامُ بِهِمْ مِنَ اْلاَهْلِ وَاْلاَوْلاَدِ وَصِلَةَ اْلاَرْحَامِ وَالتَّصَدُّقَ عَلَى اْلفُقُرَاءِ وَاْلمَسَاكِيْنِ وَاِعَانَةَ الضُّعَفَاءِ وَاْلمَسَاكِيْنِ وَالصَّبْرَ عَلىَ مُعَامَلَةِ النَّاسِ وَاحْتِمَالاَتِهِمْ وَاِكْرَامَ الضَّيْفِ وَاِقَالَةَ المُسْتَقْبَلِ وَاْلقِيَامَ بِفَرْضِ اْلكِفَايَةِ وَمُسَاعَدَةَ النَّاسِ فِيْ حَوَائِجِهِمْ وَالنُّصْحَ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَاتِّبَاعَ طَرِيْقِ اْلعَدْلِ وَاْلِاحْسَانِ فِيْ مُعَامَلَتِيْ وَاْلاَمْرَ بِاْلمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيَ عَنِ اْلمُنْكَرِ فِيْ كُلِّ مَا يَرَاهُ فِي السُّوْقِ وَالقِيَامَ بِفُرُوْضِ اْلكِفَايَةِ وَاْلِاسْتِعَانَةَ بِمَا اَكْسِبُهُ عَلَى الدِّيْنِ وَاَنْ اُحِبَّ لِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ مَا اُحِبُّ لِنَفْسِيْ

Nawaitul 'afafa wa tahshilal kafafi wa kaffan nafsi 'an masalatin nasi wal qiyama biman yalzamuhul qiyamu bihim minal ahli wal awladi wa shilatal arhami wat tashodduqa 'alal fuqarai wal masakini wa 'ianatadh dhu'afai wal masakini wash shabra 'ala mu'amalatin nasi wahtimalatihim wa ikramadh dlaifi wa iqalatal mustaqbali wal qiyama bifardlil kifayati wa musa'adatan nasi fi hawaijihim wan nushha lil muslimina wattiba'a thoriqil 'adli wal ihsani fi mu'amalati wal amra bilma'rufi wannahya 'anil munkari fi kulli ma yarahu fis suqi wal qiyama bifurudlil kifayati wal isti'anata bima aksibuhu 'alad dini wa an uhibba lisairil muslimina ma uhibbu linafsi.

Artinya:

" Aku berniat (dalam berbisnis dan berdagang) menjaga diri, memperoleh kecukupan harta, tidak meminta-minta pada orang lain, mencukupi kebutuhan keluarga dan anak-anak, menyambung silaturrahim dengan orang lain, bersedekah pada orang-orang fakir dan orang-orang miskin, membantu orang-orang lemah dan orang-orang miskin, sabar dalam berinteraksi dengan orang lain dan menanggung gangguan mereka, memuliakan tamu, melakukan fardhu kifayah, membantu kebutuhan-kebutuhan orang lain, memberi nasihat pada kaum muslimin, mengikuti jalan keadilan dan kebaikan dalam muamalahku, menyuruh pada kebaikan dan mencegah kemungkaran di dalam segala hal yang terlihat di pasar, melaksanakan fardhu-fardhu kifayah, menolong agama dengan usahaku, dan agar aku mencintai seluruh kaum muslimin sebagaimana aku mencintai diriku sendiri."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Saat Merintis Usaha Agar Raih Kesuksesan

Dream - Saat-saat yang begitu berat ketika membuka usaha adalah masa perintisan. Kita akan dibayangi oleh berbagai kekhawatiran bahkan banyak yang mengurungkan niat membangun usaha sendiri.

Kekhawatiran usaha tak bisa laris, sepi pembeli, dan beragam kecemasan lainnya yang lebih banyak muncul ketika usaha belum dimulai. Apalagi jika sudah berpikir soal modal yang bakal banyak digunakan.

Namun demikian, kita patut sadar kekhawatiran itu hanya mendatangkan ketakutan. Jika kita terpengaruh, usaha tidak akan pernah berjalan.

Kita hanya perlu keberanian merintis usaha. Juga keyakinan usaha pasti berjalan.

Selain itu, berharap kesuksesan kepada Allah lewat beragam doa. Salah satunya dengan doa merintis usaha ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Merintis Usaha

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Rabbana atina milladunka rahmatan wa hayyi' lana min amrina rasyada. Rabbisyrahli shadri wa yassirli amri.

Artinya,

" Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Agar Lancar Usaha

Dream - Setiap orang lahir dengan garis rezekinya masing-masing. Jalannya pun berbeda-beda.

Pun demikian, tugas manusia soal rezeki adalah sama. Yaitu sama-sama mengusahakannya.

Kita bisa berusaha dengan bekerja atau membuka perdagangan. Apapun caranya, intinya adalah berusaha.

Nah, tentu ada waktu tatkala usaha menjadi tidak lancar. Rasanya begitu sulit untuk meraih rezeki.

Ketika mengalaminya, dianjurkan membaca doa ini.

6 dari 6 halaman

Doa Agar Lancar Usaha

 Doa Lancar Rezeki© Dream.co.id

Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil 'adhim wa astaghfirullah

Artinya,

" Maha Suci Allah dan dengan segala puji, Maha Suci Allah Yang Maha Agung dan aku memohon ampun pada-Nya."

Terkait
Join Dream.co.id