Doa Sebelum Masuk Pasar, Biar Belanja Berkah

Your Story | Rabu, 1 Desember 2021 06:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Pasar menjadi pusat masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Dream - Di kawasan pemukiman, kehadiran pasar memiliki peran sangat penting. Tempat ini menjadi pusat dari segala kebutuhan masyarakat.

Pasar juga menjadi pusat perekonomian suatu wilayah. Sebab, di sana terjadi perputaran uang dalam lingkup terkecil.

Untuk memenuhi kebutuhan, banyak rumah tangga mengandalkan pasar bagi sebagai pedagang maupun konsumen. Dari sinilah pasar memegang peranan begitu penting.

Kondisi ini terjadi di hampir semua belahan dunia. Meski setiap negara memiliki konsep dan sistem pasar yang berbeda.

Belanja di pasar juga menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Dari sanalah, segala kebutuhan bisa dipenuhi.

Agar belanja menjadi berkah, dianjurkan membaca doa ini.

 

Doa Sebelum Masuk Pasar, Biar Belanja Berkah
Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Masuk Pasar

بسم الله أللهم اني اسئلك خير هذه السوق وخير ما فيها واعوذبك شرها وشرما فيها أللهم اني اعوذ بك ان اصيب فيها يمينا فاجرة او صفقة خاسرة

Allahumma inni asaluka khoira hadzihis suqi wa khoira ma fiha, wa a'udzubika syarraha wa syarra ma fiha. Allahumma inni a'udzubika an ushiba fiha yaminan fajiratan au shafqatan khosiratan.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya hamba mohon kebaikan pasar ini dan sesuatu yang di dalamnya. Hamba berlindung dari keburukannya dan keburukan yang ada di dalamnya. Ya Allah, hamba berlindung pada-Mu dari terjatuh dalam golongan orang yang suka bersumpah palsu dan transaksi yang merugikan."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Membuka Paket Belanja Agar Menjadi Berkah

Dream - Apa yang kamu rasakan ketika mendengar orang berteriak paket di depan rumah'? Tentu kamu merasa senang dan ingin segera mengambil barang pesanan tersebut dan membukanya.

Dengan kegiatan belanja yang lebih banyak dilakukan secara online, kita jadi semakin terbiasa mendengar pengantar paket di depan atau sebelah rumah. 

Transaksi secara online diyakini lebih mudah dijalankan sekaligus aman. Orang juga tidak perlu repot harus datang ke penjual, cukup menunggu di rumah dan barang diantar.

Kita tentu mengharapkan kebaikan dan manfaat dari barang tersebut. Nah, agar berkah, dianjurkan membaca doa ini ketika membuka paket.

 

4 dari 6 halaman

 Doa Terima Paket© Dream.co.id

Allahumma inni as'aluka khoirahu wa khoira ma jubila 'alaih, wa a'udzubika min syarri ma jubila 'alaihi.

Artinya,

" Ya Allah, kepada-Mu aku memohon kebaikan (barang ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan (barang ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya."

 

5 dari 6 halaman

Doa Sebelum Berbelanja Online

Dream - Berbelanja sudah jadi bagian dari kehidupan manusia. Tetapi, ada perbedaan cukup signifikan antara cara belanja dulu dan sekarang.

Jika dulu, orang mencari kebutuhannya dengan datang ke pedagang. Zaman berkembang, muncullah pusat perbelanjaan.

Tetapi kini seiring dengan perkembangan teknologi, kita bisa berbelanja tanpa harus repot keluar rumah. Sudah banyak e-commerce yang memudahkan kita berbelanja secara online.

Namanya belanja, tentu kita berharap barang yang dibeli bisa bermanfaat. Sayangnya, kadang kita tergoda dengan banyaknya barang yang muncul di timeline.

Akhirnya, kita belanja banyak. Padahal, belum tentu kita benar-benar memerlukan barang tersebut.

Nah, agar hal itu tidak terjadi, dianjurkan membaca doa ini sebelum berbelanja online.

 

6 dari 6 halaman

Doa Sebelum Belanja Online

 Doa Belanja Online© Dream.co.id

Ya hayyu ya qayyumu ya daimu ya raufu ya rohimu. As aluka bi 'izzatika wa qudratika wa ma ahatho bihi 'ilmuka an tuqsima li minat tijaaratil yawma a'dhamaha rizqan wa awsa'aha fadllan wa khoiraha 'aqibatan fa innahu la khaira fima la 'aqibata lahu.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Hidup, wahai Dzat Yang Berdiri Sendiri, wahai Dzat Yang Abadi, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang Penyayang, aku memohon kepada-Mu dengan kemulian-Mu dan kekuasaaan-Mu dan semua apa yang meliputi ilmu-Mu padanya, agar Engkau membagikan padaku hari ini dari dagangan yang paling banyak membawa rizki, dan lebih luas membawa anugerah, dan paling baik membawa akibat baik, sesungguhnya tidak ada kebaikan pada apa yang tidak ada akibat yang baik padanya."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id