Doa Saat Mengambil Alquran Sebelum Mengaji

Your Story | Senin, 18 Januari 2021 20:00
Doa Saat Mengambil Alquran Sebelum Mengaji

Reporter : Ahmad Baiquni

Alquran berisi tuntunan untuk umat Islam.

Dream - Alquran berisi banyak ajaran bagi umat Islam. Kitab Suci ini menjadi rujukan bagi Muslim dalam menjalani kehidupannya.

Seluruh isi dalam Alquran adalah firman Allah. Membacanya termasuk amalan yang bernilai ibadah.

Karenanya, sebelum menyentuh Alquran, kita harus terbebas dari najis dan hadas. Sehingga kita harus bersuci baik dengan wudhu untuk hadas kecil dan mandi untuk hadas besar.

Alquran bisa menjadi penolong bagi pembacanya. Apabila pembaca dapat menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-harinya.

Karena itu, dianjurkan membaca doa ini ketika mengambil Alquran sebelum mengaji. Insya Allah akan mendapatkan keberkahan dari amalan mengaji tersebut.

 

2 dari 6 halaman

 Doa Mengambil Alquran© Dream.co.id

Rabbana amanna bima anzalta wattaba'nar rasula faktubna ma'asy syahidin. Bismillahi, subhanallahi walhamdulillahi wallahu akbaru wa la hawla wa la quwata illa billahil 'aliyyil 'adhimi 'adada kulli harfin kutiba aw yuktabu abadal abidin wa dahrad dahirina ya rabbal 'alamin.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi. Dengan menyebut nama Allah. Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar. Tiada daya dan kekuatan melainkan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar, sebanyak setiap huruf yang telah ditulis (oleh manusia) atau yang akan ditulis, terus menerus selama berkekalan kurun dan berterusan masa, wahai Tuhan semesta alam."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Syukur Saat Terbangun dari Tidur dari Rasulullah

Dream - Ketika bangun tidur, kita merasakan badan yang ringan. Segala lelah sirna berkat tidur semalam. Tubuh kembali segar seperti semula. Kita pun siap beraktivitas kembali.

Bangun tidur menjadi saat yang tepat untuk mengingat Allah. Menandakan kita masih diberi kesempatan untuk menjalani hari dan berbuat amal.

Sejatinya, tidur adalah kematian ringan. Kita kehilangan daya gerak maupun berpikir saat tidur, meski sebenarnya tubuh kita masih berfungsi.

Untuk itu, dianjurkan untuk membaca salah satu doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Sinni dari Abu Hurairah RA.

4 dari 6 halaman

 Doa Bangun Tidur© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi kholaqon nauma wa yaqdhota, alhamdulilllahil ladzi ba'atsani saliman sawiyya, asyhadu annallaha yuhyil mauta wa huwa 'ala kulli syaiin qodir.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan tidur dan jaga. Segala puji bagi Allah Yang telah membangunkan diriku dalam keadaan selamat dan sempurna. Aku bersaksi bahwa Allah SWT yang menghidupkan orang yang mati, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

5 dari 6 halaman

Doa Melancarkan Rezeki Seret, Dibaca Ketika Keluar Rumah

Dream - Saat ini mungkin menjadi masa bagi sebagian orang mengalami seretnya rezeki. Situasi memang sedang sulit.

Meski begitu, kita tetap membutuhkan pemasukan. Minimal untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok.

Kita tentu perlu tetap berusaha. Semata agar dapur tetap mengebul.

Tentunya, usaha tersebut dilakukan dengan tetap mempertahankan protokol kesehatan. Sebab, pandemi Covid-19 masih terjadi hingga saat ini.

Saat keluar rumah, baca doa ini agar rezeki yang seret menjadi lancar.

 

6 dari 6 halaman

 Doa Rezeki Seret© Dream.co.id

Bismillahi ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radldlini bi qadla'ika, wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta'jila ma akhkharta, wa la ta'khira ma ajjalta.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan."

Sumber: NU Online

Terkait
Join Dream.co.id