Doa Rasulullah Ketika Tiba Ramadan

Your Story | Jumat, 9 April 2021 06:01
Doa Rasulullah Ketika Tiba Ramadan

Reporter : Ahmad Baiquni

Rasulullah Muhammad SAW menyapa Ramadan dengan doa ini.

Dream - Selalu ada perasaan gembira dalam hati setiap muslim setiap kali Ramadan tiba. Maklum, Ramadan bulan mulia yang dinantikan karena mengandung berbagai pahala dari setiap ibadah yang dilakukannya.

Ramadan adalah kesempatan besar bagi kita untuk melebur dosa dan menimbun pahala. Karena pahala ditebarkan ke seluruh Alam.

Kita pun dengan mudah meraihnya. Bahkan dengan amalan-amalan ringan, kita bisa mendapatkan keberkahan yang luar biasa besar.

Ketika Ramadan tiba, Rasulullah Muhammad SAW selalu menyambutnya dengan kalimat indah. Seolah menyapa datangnya Ramadan.

Doa berikut dibaca Rasulullah ketika Ramadan tiba. Doa ini sebagaimana diriwayatkan Imam Abu Dawud.

 

2 dari 6 halaman

Doa Ramadan Tiba

 Doa Ramadan Tiba
© Dream.co.id

Hilalu rusydin wa khoirin (2 kali), amantu bil ladzi kholaqoka (3 kali), alhamdulillahil ladzi dzahaba bi syahri kadza, wa ja'a bi syahri kadza.

Artinya,

" Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini."

Sumber: NU Online

3 dari 6 halaman

Zikir Rasulullah Ketika Menyaksikan Hilal Ramadan

Dream - Waktu maghrib di akhir Syaban selalu jadi momen istimewa bagi umat Islam. Sebab, itu adalah momen menantikan datangnya hilal sebagai penanda datangnya bulan suci yang diharapkan, Ramadan.

Hilal merupakan penampakan bulan baru yang usianya sangat muda. Jika dilihat, bentuk hilal seperti garis tipis melengkung ke atas.

Bentuknya seperti bulan sabit. Tetapi sangat tipis sehingga hampir tak terlihat jika tidak dipandangi dengan seksama.

Menentukan Ramadan dengan metode melihat hilal tetap digunakan umat Islam hingga saat ini. Meski telah berkembang metode lain yaitu hisab atau perhitungan astronomis mengenai posisi hilal.

Rasulullah Muhammad SAW punya sunah setiap kali menyaksikan hilal. Sesudah hilal terlihat, Rasulullah membaca zikir ini, yang terdapat dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

 

4 dari 6 halaman

Zikir Rasulullah Usai Lihat Hilal

 Zikir Rasulullah Lihat Hilal
© Dream.co.id

Allahu akbaru, la haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'adh?mi. Allahumma inn? as'aluka khoira hadzas syahri, wa a'udzu bika min syarril qodari, wa min syarril mahsyari.

Artinya,

" Allah Maha Besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah Yang Maha Agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar."

Sumber: NU Online

5 dari 6 halaman

Doa Menyambut Ramadan yang Selalu Dilantunkan Rasulullah

Dream - Hanya dalam hitungan hari, Bulan Ramadan akan kembali menyapa kita. Bulan penuh keberkahan yang dinantikan umat Islam sedunia.

Insya Allah, awal Ramadan akan jatuh dalam lima hari ke depan. Umumnya, awal Ramadan bisa diketahui dengan dua pendekatan yaitu hisab dan rukyat.

Dengan hisab, kita dapat mengetahui posisi hilal atau bulan baru di akhir bulan Syaban melalui perhitungan astronomis. Sedangkan dengan rukyat, posisi hilal bisa kita saksikan secara langsung.

Dua metode itu umum digunakan untuk memastikan kapan datangnya Ramadan oleh umat Islam di seluruh dunia. Sehingga, umat Islam bisa melaksanakan puasa.

Begitu sudah ditetapkan 1 Ramadan, kita bisa melaksanakan ibadah sholat Tarawih di malam hari lalu sahur sebelum fajar. Kemudian, kita melaksanakan ibadah yang menjadi inti di bulan Ramadan yaitu puasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan tersendiri dalam menyambut Ramadan. Seperti memperbanyak ibadah dan terus mendekatkan diri kepada Allah.

Selain itu, Rasulullah membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam riwayat Imam At Thabarani dan Imam Ad Dailami.

 

6 dari 6 halaman

Doa Jelang Ramadan dari Rasulullah

 Doa Sambut Ramadhan
© dream.co.id

Allahumma sallimni li ramadlana, wa sallim ramadlana li wa sallimhu minni.

Artinya,

" Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadan."

Join Dream.co.id