Doa Rasulullah Ketika Salam dalam Sholat

Your Story | Selasa, 19 Oktober 2021 20:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Rasulullah rutin membaca ini dalam salamnya di akhir sholat.

Dream - Sholat merupakan ibadah yang dilakukan mulai dari takbiratul ikhram hingga salam. Seluruh rukunnya harus terpenuhi agar dapat sah dan diterima.

Sholat bagi Muslim adalah inti yang terbagi dalam fardlu dan sunah. Sholat fardlu dikerjakan sebanyak lima kali sehari, sedangkan sunah dilakukan di waktu-waktu utama tertentu.

Ketika salam dengan menolehkan kepala ke kanan dan kiri, maka sholat kita sudah selesai. Kita bisa mengerjakan amalan lain.

Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan berdoa ketika salam. Sebab, ini termasuk saat yang mustajab,

Sedangkan doa yang dibaca Rasulullah adalah berikut. Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Sunni.

 

Doa Rasulullah Ketika Salam dalam Sholat
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Salam dari Rasulullah

اللَّهُمَّ لا تُخْزِنِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلا تُخْزِنِي يَوْمَ الْبَأْسِ، فَإِنَّ مَنْ تُخْزِهِ يَوْمَ الْبَأْسِ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ

Allahumma la tukhzini yaumal qiyamati wa la tukhzini yaumal ba'si fa inna man tukhzihi yaumal ba'si faqad akhzaitahu.

Artinya,

" Ya Allah, jangan Engkau hinakan aku di hari kiamat dan jangan Engkau hinakan aku di hari kengerian, karena sesungguhnya orang yang Engkau hinakan."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Untuk Enterpreneur Pemula, Baca Doa Ini Usai Sholat Agar Usaha Lancar

Dream - Berwiwarusaha, atau bahasa kerennya menjadi enterpreneur, tengah menjadi tren di kalangan kaum muda kekinian. Banyak anak muda yang sudah bekerja sebetulnya menyimpan mimpi memiliki usaha sendiri. 

Menjadi pebisnis biasanya dikarenakan adanya harapan untuk mendapatkan lebih banyak manfaat untuk kehidupan. Selain untuk diri sendiri, tak jarang para pemimpi ini ingin turut menyejahterakan orang-orang di sekitar.

Ada pula yang beralasan menjadi pebisnis karena memiliki waktu yang lebih bebas serta pergaulan lebih luas.

Meski terdengar menyenangkan, menjadi enterpreneur tentu banyak tantangannya. Belum lagi ketika bisnis yang baru dibangun harus menanggung rugi cukup besar. Rasanya kepala jadi cekot-cekot.

Namun begitu, seorang enterpreneur memang harus tahan banting. Tidak menyerah meski jatuh berkali-kali.

Agar usahamu lancar dan sukses, amalkan doa ini setiap kali usai sholat.

4 dari 6 halaman

Doa Untuk Enterpreneur Pemula

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِي الْأَمْرِ، وَالْعَزِيْمَةَ عَلَى الرُّشْدِ، وَأَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ وَأَسْأَلُكَ حُسْنَ عِبَادَتِكَ وَأَسْأَلُكَ قَلْبًا سَلِيْمًا وَأَسْأَلُكَ لِسَانًا صَادِقًا وَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا تَعْلَمُ وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا تَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ

Allahumma inni as aluka tsabata fil amri, wal 'azimata 'alar rusydi, wa as aluka syukra ni'matika, wa as aluka husna 'ibadatika, wa as aluka qolban saliman, wa as aluka lisanan shadiqon, wa astaghfiruka lima ta'lamu innaka anta 'allamul ghuyub.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ketegaran dalam menghadapi permasalahan dan memohon petunjuk-M, aku memohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu, aku memohon kepada-Mu agar giat beribadah kepada-Mu, aku memohon kepada-Mu hati yang bersih dan lisan yang jujur, aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui, aku memohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui, karena hanya Engkaulah yang Maha Mengetahui segala yang gaib."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Sebelum Membuka Usaha

Dream - Menjadi wirausaha saat ini banyak diminati. Salah satu alasannya adalah waktu bekerja yang biasa diatur mandiri selain penghasilan yang mungkin lebih besar dibandingkan menjadi pegawai.

Meski begitu tantangan menjadi pengusaha tidaklah kecil. Setiap hari kita akan berhadapan dengan penuh ketidakpastian. Di momen inilah banyak orang gagal karena menyerah dengan tantangan tersebut 

Calon pengusaha harus memiliki keuletan dan sifat pantang menyerah untuk bisa merauh sukses. Kegagalan akan merekan jadikan sebagai pelajaran sehingga tidak perlu berpangku tangan dan menyerah.

Dengan banyaknya tantangan yang akan menghadang, keputusan menjadi pengusaha harus selalu didukung. Menjadi pengusaha, dapat membuka ladang amal lebih luas.

Karena kita dapat berbagi melalui sedekah maupun pekerjaan kepada orang lain. Sehingga kita bisa membantu mengurangi beban hidup.

Sebelum membuka usaha, dianjurkan membaca doa ini.

 

6 dari 6 halaman

Doa Sebelum Usaha

نَوَيْتُ اْلعَفَافَ وَتَحْصِيْلَ اْلكَفَافِ وَكَفَّ النَفْسِ عَنْ مَسْأَلَةِ النَّاسِ وَاْلقِيَامَ بِمَنْ يَلْزَمُهُ اْلقِيَامُ بِهِمْ مِنَ اْلاَهْلِ وَاْلاَوْلاَدِ وَصِلَةَ اْلاَرْحَامِ وَالتَّصَدُّقَ عَلَى اْلفُقُرَاءِ وَاْلمَسَاكِيْنِ وَاِعَانَةَ الضُّعَفَاءِ وَاْلمَسَاكِيْنِ وَالصَّبْرَ عَلىَ مُعَامَلَةِ النَّاسِ وَاحْتِمَالاَتِهِمْ وَاِكْرَامَ الضَّيْفِ وَاِقَالَةَ المُسْتَقْبَلِ وَاْلقِيَامَ بِفَرْضِ اْلكِفَايَةِ وَمُسَاعَدَةَ النَّاسِ فِيْ حَوَائِجِهِمْ وَالنُّصْحَ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَاتِّبَاعَ طَرِيْقِ اْلعَدْلِ وَاْلِاحْسَانِ فِيْ مُعَامَلَتِيْ وَاْلاَمْرَ بِاْلمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيَ عَنِ اْلمُنْكَرِ فِيْ كُلِّ مَا يَرَاهُ فِي السُّوْقِ وَالقِيَامَ بِفُرُوْضِ اْلكِفَايَةِ وَاْلِاسْتِعَانَةَ بِمَا اَكْسِبُهُ عَلَى الدِّيْنِ وَاَنْ اُحِبَّ لِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ مَا اُحِبُّ لِنَفْسِيْ

Nawaitul 'afafa wa tahshilal kafafi wa kaffan nafsi 'an masalatin nasi wal qiyama biman yalzamuhul qiyamu bihim minal ahli wal awladi wa shilatal arhami wat tashodduqa 'alal fuqarai wal masakini wa 'ianatadh dhu'afai wal masakini wash shabra 'ala mu'amalatin nasi wahtimalatihim wa ikramadh dlaifi wa iqalatal mustaqbali wal qiyama bifardlil kifayati wa musa'adatan nasi fi hawaijihim wan nushha lil muslimina wattiba'a thoriqil 'adli wal ihsani fi mu'amalati wal amra bilma'rufi wannahya 'anil munkari fi kulli ma yarahu fis suqi wal qiyama bifurudlil kifayati wal isti'anata bima aksibuhu 'alad dini wa an uhibba lisairil muslimina ma uhibbu linafsi.

Artinya:

" Aku berniat (dalam berbisnis dan berdagang) menjaga diri, memperoleh kecukupan harta, tidak meminta-minta pada orang lain, mencukupi kebutuhan keluarga dan anak-anak, menyambung silaturrahim dengan orang lain, bersedekah pada orang-orang fakir dan orang-orang miskin, membantu orang-orang lemah dan orang-orang miskin, sabar dalam berinteraksi dengan orang lain dan menanggung gangguan mereka, memuliakan tamu, melakukan fardhu kifayah, membantu kebutuhan-kebutuhan orang lain, memberi nasihat pada kaum muslimin, mengikuti jalan keadilan dan kebaikan dalam muamalahku, menyuruh pada kebaikan dan mencegah kemungkaran di dalam segala hal yang terlihat di pasar, melaksanakan fardhu-fardhu kifayah, menolong agama dengan usahaku, dan agar aku mencintai seluruh kaum muslimin sebagaimana aku mencintai diriku sendiri."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id