Doa Rasulullah di Hari Arafah

Your Story | Kamis, 30 Juli 2020 10:01
Doa Rasulullah di Hari Arafah

Reporter : Ahmad Baiquni

Doa ini adalah doa para nabi yang kemudian diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Dream - Hari Arafah merupakan momen yang begitu istimewa bagi umat Islam. Nama Arafah pada sebuah dataran luas yang terletak di sisi timur Mekah.

Dataran ini merupakan tempat suci yang menjadi lokasi digelarnya puncak haji. Setiap tanggal 9 Zulhijah, jemaah haji dari seluruh dunia berkumpul di sana.

Keistimewaan Hari Arafah tidak hanya untuk orang yang berhaji. Tetapi, umat Islam di seluruh dunia pun bisa mendapatkan keistimewaan tersebut.

Salah satunya yaitu dihapuskannya dosa sepanjang tahun. Ini mengingat Arafah, dalam sejumlah literatur, disebut sebagai hari pertobatan.

Hal ini merujuk pada kisah Nabi Adam AS bersama pasangannya, Hawa, yang bertobat setelah diusir dari surga. Sejumlah riwayat menyatakan tobat tersebut dilakukan Nabi Adam AS di tempat yang saat ini dikenal dengan nama Arafah.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri menyatakan doa terbaik adalah doa yang diucapkan di Hari Arafah. Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadisnya yang diriwayatkan Imam At Thabarani dari Amr bin Syuaib RA.

Doa yang diajarkan Rasulullah dalam hadis itu pula adalah doa para nabi terdahulu. Doa ini dibaca di Hari Arafah.

 

2 dari 6 halaman

Doa Hari Arafah

Doa Hari Arafah© Dream.co.id

La ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir.

Artinya,

" Tidak ada Tuhan yang layak disembah kecuali Allah Yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah Dzat yang memiliki kekuasaan dan pujian. Dialah Dzat yang Maha Kuasa."

3 dari 6 halaman

Doa Ketika Hewan Kurban Akan Disembelih

Dream - Sebentar lagi kita akan menyambut Idul Adha 1441H. Hari raya yang identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Kurban merupakan amalan sunah muakad atau sangat dianjurkan. Kedudukannya mendekati wajib.

Syariat kurban merupakan perwujudan dari keikhlasan yang diajarkan Nabi Ibrahim AS. Bapak para Nabi ini ikhlas menjalankan perintah Allah SWT dengan menyembelih putranya, Ismail namun kemudian diganti dengan gibas gemuk.

Praktik kurban umum terjadi di masyarakat hingga saat ini. Penyembelihan biasanya dilakukan dengan diwakilkan kepada orang lain, meski ada sebagian orang yang memilih menyembelih sendiri.

Biasanya, pengkurban diminta menyaksikan hewan kurbannya disembelih. Ketika momen ini, pengkurban dianjurkan untuk membaca doa berikut.

 

4 dari 6 halaman

Doa Saat Hewan Kurban Disembelih

Doa Menyembelih Hewan Kurban© Dream.co.id

Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim.

Artinya,

" Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya Ya Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Sumber: NU Online

5 dari 6 halaman

Doa Mohon Ampun dari Tindakan Berlebihan

Dream - Kita serang mendengar nasihat untuk tidak berlebih-lebihan dalam segala hal. Utamanya dalam perilaku dan tindakan.

Segala hal yang berlebihan tentu tidak baik. Karena kita bisa kehilangan faedah akibat perilaku berlebihan tersebut.

Perilaku berlebihan akan mengesankan keserakahan. Kita jadi terlihat kemaruk, tak mau berbagi dengan sesama padahal ada banyak yang lebih membutuhkan.

Berlebihan juga bisa terjadi ketika menyikapi sesuatu. Akibatnya, masalah kecil bisa jadi besar karena disikapi dengan berlebihan.

Tentu, berlebih-lebihan akan mendatangkan banyak kerugian. Tetapi seringkali kita tidak sadar melakukannya.

Kalau sudah terlanjur, lebih baik segera memohon ampunan kepada Allah. Caranya dengan membaca doa yang terdapat dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 147 ini.

 

6 dari 6 halaman

Doa Tobat dari Tindakan Berlebihan

Doa Tobat dari Tindakan Berlebihan© Dream.co.id

Rabbanaghfir lana dzun?bana wa israfana f? amrina wa sabbit aqdamana wansurna 'alal qaumil kafirin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Terkait
Join Dream.co.id