Doa Pengganti Ketika Masuk Masjid tapi Belum Berwudhu

Your Story | Jumat, 24 September 2021 06:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Masuk masjid sangat dianjurkan punya wudhu.

Dream - Sebagai rumah ibadah, masjid tentu perlu mendapat penghormatan karena posisinya yang istimewa bagi umat Islam. Selain tempat melakukan ibadah, masjid adalah salah satu tempat bagi manusia untuk memohon apapun kepada Sang Khalik lewat doa-doanya. 

Sebagai tempat istimewa, ada beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika masuk masjid. Penghormatan itu sudah dilakukan ketika kaki kanan melangkah masuk ke rumah ibadah itu dengan membaca doa ketika masuk masjid. 

Adab lain yang dianjurkan saat hendak ke masjid adalah kondisi diri yang sudah suci karena telah berwudhu. Karena sifatnya menyucikan, para ulama menyatakan perlunya wudhu untuk masuk masjid dan apabila tidak dilakukan maka dihukumi makruh.

Tetapi, kita tidak selamanya masjid untuk ibadah. Kadang kala, kita perlu masuk masjid untuk urusan yang termasuk ibadah seperti mengambil barang atau menemui seseorang. Meski setelah berada di dalam masjid, tak ada salahnya kita untuk mendirikan sholat tahiyatul masjid dengan memanjatkan beberapa doa yang sudah diajarkan

Nah, ketika masuk masjid tidak punya wudhu, maka dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut insya Allah dapat menjadi pengganti wudhu.

 

Doa Pengganti Ketika Masuk Masjid tapi Belum Berwudhu
Doa Ketika Masuk Masjid Namun Belum Berwudhu (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Doa Masuk Masjid Tak Punya Wudhu

سُبْحَانَ الله وَالْحَمْد لله وَلَا إِلَه إِلَّا الله وَالله أكبر وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم

Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallahu wallahu akbar wa la hawla wa laa quwwata illa billahil 'aliyyil 'adhim.

Artinya,

" Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, tiada daya dan upaya melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 7 halaman

Doa Ketika Menyentuh Air Wudhu

Dream - Wudhu, salah salah amalan yang disyariatkan dalam Islam. Amalan ini dijalankan untuk menyucikan diri dari hadas kecil seperti kencing, kentut, buang air besar.

Juga untuk bersuci setelah terkena najis. Usai wudhu, kita bisa melaksanakan sholat.

Bagi umat Islam tentu wudhu jadi amalan akrab. Karena minimal, dalam sehari kita bisa melakukannya lima kali.

Manfaat wudhu sendiri selain menyucikan diri tentu sangat banyak. Salah satu, menghapus kotoran dan bakteri sehingga kita bisa menjaga kesehatan.

Air wudhu juga bisa membuat segar. Apalagi ketika diusapkan ke wajah.

Ketika menyentuh air wudhu, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 7 halaman

Doa Sentuh Air Wudhu

 Doa Sentuh Air Wudhu© Dream

Alhamdulillahilladzi ja'alal ma a thahuran.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air yang suci dan menyucikan."

5 dari 7 halaman

Bukan Wajib, Gerakan Ini Ternyata Boleh Ditinggalkan Ketika Wudhu

Dream - Wudhu menjadi amalan yang harus dikerjakan setiap kali hendak sholat. Ini untuk menyucikan diri dari segala macam hadas.

Wudhu adalah kegiatan menyapukan air pada bagian tubuh tertentu yang termasuk anggota wudhu. Gerakannya dimulai dari membasuh telapak tangan hingga kaki.

Tentu, wudhu membutuhkan air yang cukup jumlahnya. Juga air yang sifatnya suci mensucikan, bebas dari najis bagi warna, bau maupun rasanya.

Mungkin kita sering mengira semua gerakan wudhu harus dikerjakan. Padahal, ada gerakan-gerakan tertentu yang sebenarnya bisa ditinggalkan apabila dalam kondisi tertentu.

Dikutip dari Bincang Muslimah, gerakan-gerakan tersebut hukumnya sebenarnya sunah dan hanya sebagai pelengkap. Bisa ditinggalkan jika kekurangan air atau sedang dalam waktu yang terbatas untuk wudhu.

 

6 dari 7 halaman

Gerakan Sunah Dalam Wudhu

Gerakan tersebut pertama yaitu membasuh telapak tangan hingga pergelangan. Gerakan ini dilakukan di awal-awal wudhu.

Gerakan kedua yaitu berkumur-kumur. Gerakan ini dimaksudkan untuk menghilangkan sisa makanan di mulut namun sejatinya dihukumi sunah.

Gerakan ketiga yaitu membasuh hidung dengan maksud untuk menjaga kebersihan lubang pernapasan. Sama halnya dengan dua gerakan sebelumnya, membasuh hidung hanyalah sunah.

Sedangkan gerakan keempat yaitu mengusap telinga. Banyak yang mengira gerakan ini merupakan rukun wudhu padahal hanyalah sunah.

 

7 dari 7 halaman

Ini Yang Wajib

Sedangkan gerakan wajib yang menjadi rukun wudhu, pada ulama sepakat mendasarkannya pada Surat Al Maidah ayat 4.

Wahai orang-orang yang beriman, apabila telah datang waktu kalian menegakkan sholat, maka basuhlah wajah kalian, dan kedua tangan kalian sampai ke siku-siku, dan usaplah (sebagian) rambut kalian dan basuhlah kaki kalian sampai ke mata kaki.

Empat gerakan dalam ayat di atas adalah rukun wudhu yang tidak boleh ditinggalkan. Selain gerakan tersebut, para ulama mennyatakan hanya sunah dan boleh ditinggalkan.

Tetapi jika air tersedia dalam jumlah mencukupi atau masih ada waktu cukup panjang untuk wudhu, maka lebih dianjurkan mengerjakan semua gerakan wudhu baik rukun dan sunahnya.

Sumber: Bincang Muslimah.

Terkait
Join Dream.co.id