Doa Niat Puasa Senin-Kamis dan Beragam Manfaat yang Didapat saat Menjalankannya

Your Story | Selasa, 7 Desember 2021 12:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Puasa Senin-Kamis tak sekedar mendatangkan pahala saja, tetapi juga ada berbagai manfaat kesehatan yang diperoleh.

Dream – Menjalankan puasa sunah Senin-Kamis memiliki manfaat yang luar biasa tak hanya dari segi rohani tapi juga kesehatan. Semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW senantiasa menjalankan ibadan puasa Senin-Kamis ini. Tak mengherankan jika banyak umatnya yang ingin mengikuti kebiasaan Nabi ini.

Perawi terkenal yang banyak meriwayatkan hadist shahih, Abu Hurairah RA, dikatakan bahwa Nabi SAW pernah bersabda tentang manfaat puasa Senin-Kamis yang artinya berikut ini:

Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang tua ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

Nah, bagi sahabat Dream yang ingin menjalankan puasa sunah tersebut tapi belum mengetahui bacaan doa niat puasa Senin-Kamis, doa buka puasa, dan manfaat menjalankannya, maka berikut ini telah Dream rangkum melalui Merdeka.com dan Liputan6.com.

Doa Niat Puasa Senin-Kamis dan Beragam Manfaat yang Didapat saat Menjalankannya
Niat Puasa Senin-Kamis Dalam Bahasa Arab, Latin, Dan Terjemahannya
2 dari 4 halaman

Doa Niat Puasa Senin-Kamis

 Doa Niat Puasa Senin-Kamis© Freepik.com

Meskipun sama-sama menahan makan dan minum, tapi untuk doa niat puasa Senin-Kamis dan puasa Ramadan berbeda. Puasa Senin-Kamis ini bisa sahabat Dream baca saat malam hari atau saat fajar sudah tiba. Bagi sahabat Dream yang ingin menjalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis, maka berikut adalah doa niat puasa yang bisa kamu hafalkan dengan mudah:

نَوَيْتُصَوْمَيَوْمَاْلاِثْنَيْنِسُنَّةًِللهِتَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala.

Artinya: “ Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala.”

Lalu untuk doa niat puasa di hari Kamis adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُصَوْمَيَوْمَالْخَمِيْسِسُنَّةًِللهِتَعَالَى

 Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala.

Artinya: “ Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala.”

3 dari 4 halaman

Doa Buka Puasa Senin-Kamis

Selain doa niat puasa Senin-Kamis, kurang lengkap rasanya jika belum mengetahui doa buka puasa Senin-Kamis. Sehingga saat waktu berbuka tiba, sahabat Dream bisa langsung membacanya dan berbuka puasa. Perlu diketahui bahwa doa buka puasa Senin-Kamis ini ada beberapa dan kamu bisa memilih salah satunya untuk dihafalkan:

 اَللّهُمَّلَكَصُمْتُوَبِكَآمَنْتُوَعَلَىرِزْقِكَأَفْطَرْتُبِرَحْمَتِكَيَااَرْحَمَالرَّحِمِيْنَ

‘Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin’.

Artinya: “ Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

 اللَّهُمَّلَكَصُمْتُوَعَلىرِزْقِكَأفْطَرْتُذَهَبَالظَّمأُوابْتَلَّتِالعُرُوقُوَثَبَتَالأجْرُإِنْشاءَاللَّهُتَعالى

 'Allahumma laka shumtu wa'ala rizqika afthortu dzahaba-dh-dhama'u wabtalatil 'uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta'ala'.

Artinya: “ Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insya Allah.”

ذَهَبَالظَّمَـأُ،وابْــتَلَّتِالعُرُوقُ،وثَــبَتَالأَجْرُإِنشَاءَاللهُ

 'Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah'.

Artinya: “ Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah.” (HR. Abu Dawud).

4 dari 4 halaman

Manfaat Menjalankan Puasa Senin-Kamis

 Manfaat Menjalankan Puasa Senin-Kamis© Freepik.com

Jika sahabat Dream sudah mengetahui doa niat puasa Senin-Kamis dan doa buka puasanya, maka kamu juga wajib untuk tahu apa saja manfaat menjalankan puasa sunah ini. Tak hanya mendapatkan pahala dari Allah SWT saja, tetapi juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatanmu.

Berikut adalah beberapa manfaat menjalankan puasa Senin-Kamis yang perlu sahabat Dream ketahui:

Menyehatkan Jantung

Dengan menjalankan puasa Senin-Kamis, hal ini sangatlah bermanfaat untuk menurutkan terjadinya aterosklerosis. Yakni terjadinya penyumbatan pada arteri karena partikel lemak. Nah, saat sahabat Dream berpuasa, maka lemak akan menjadi cadangan energi.

Lalu hormon adrenalin dan nonadrenalin akan berkurang. Hal ini bisa membuat metabolisme menjadi lebih stabil dan tekanan darah pun menurun.

Mengeluarkan Racun di Tubuh

Racun bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang dikonsumsi. Racun tersebut masuk bersamaan dengan darah dan lemak yang tentu saja tidaklah sehat untuk tubuh.

Nah, salah satu cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh adalah dengan puasa Senin-Kamis. Dengan berhenti sejenak dari makan dan minum selama hari-hari tersebut, maka racun pun bisa dikeluarkan secara baik.

Pencernaan Bisa Beristirahat

Pencernaan tentu saja bekerja sangat keras setiap harinya saat kita makan. Dengan berpuasa Senin-Kamis, hal ini bisa membuat pencernaan beristirahat dari tugasnya. Setelah beristirahat, hal ini bisa membuat pencernaan kembali bekerja dengan maksimal lagi.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat lainnya dari menjalankan puasa Senin-Kamis adalah bisa mengontrol gula darah. Dengan puasa, maka tubuh akan melakukan penghancuran pada glukosa agar memperoleh energi.

Karena hal tersebut, maka produksi insulin pun akan menurun. Nah, gula darah dalam tubuh pun akan menurun. Dengan menjalankan puasa Senin-Kamis, hal ini mampu mencegah agar gula darah tidak naik secara berlebih.

Menurunkan Stres

Puasa Senin-Kamis tak hanya menyehatkan fisik saja, tetapi jika mental seseorang. Dengan berpuasa, maka ampuh untuk menurunkan stress dan membuat hati menjadi lebih damai. Sehingga, jiwa dan raga orang yang berpuasa Senin-Kamis akan lebih bersih.

Hati Menjadi Lembut dan Menurunkan Hawa Nafsu

Dalam Islam, puasa menjadi salah satu ibadah yang baik. Salah satunya puasa sunah Senin-Kamis ini yang bisa mendatangkan pahala, membuat hati menjadi lebih lembut, dan hawa nafsu pun akan berkurang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang baik sangatlah penting bagi setiap manusia agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan puasa Senin-Kamis. Tak hanya itu saja, puasa juga bisa meningkatkan regenerasi sel dan mencegah terjadinya rusaknya organ yang disebabkan oleh radikal bebas yang sangat berbahaya.

Itulah doa niat puasa Senin-Kamis, doa saat berbuka, dan berbagai manfaat yang bisa sahabat Dream rasakan saat menjalankan puasa sunah tersebut. Bagi yang belum terbiasa, tak ada salahnya untuk mencoba ibadah sunah ini mulai sekarang.

Join Dream.co.id