Doa Mohon Petunjuk untuk Setiap Urusan

Your Story | Minggu, 16 Februari 2020 06:02
Doa Mohon Petunjuk untuk Setiap Urusan

Reporter : Ahmad Baiquni

Petunjuk diperlukan agar kita tepat mengambil keputusan.

Dream - Salah satu hal penting dalam hidup manusia adalah mengambil keputusan. Tidak hanya untuk urusan yang bersifat duniawi namun juga ukhrawi atau ibadah.

Setiap urusan perlu untuk dijalankan hingga dituntaskan. Urusan yang tak tuntas dapat menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Terlebih jika urusan itu menyangkut hal-hal besar. Keputusan yang tepat perlu ditetapkan.

Tetapi, mengambil keputusan bukan perkara mudah. Tidak sedikit orang yang mengalami keraguan karena mempertimbangkan banyak hal ketika mengambil keputusan.

Untuk itu, sangat dianjurkan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT atas segala urusan. Ini agar keputusan yang diambil tepat dan dapat dilaksanakan.

Berikut doa yang bisa dibaca untuk memohon petunjuk ketika menjalankan semua urusan. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwata Imam Muslim.

 

2 dari 6 halaman

Doa Mohon Petunjuk

 Doa Mohon Petunjuk© Dream

Allahumma inni as alukal huda wa sadaad.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk dan kebenaran."

Sumber: Rumaysho.com

3 dari 6 halaman

Doa Tobat Usai Memaki Orang Lain

Dream - Kita mungkin sering mendapat peringatan untuk menjaga lisan. Entah itu dari orangtua, keluarga, guru, teman, dan lain sebagainya.

Peringatan itu memang wajar adanya. Ini mengingat lisan yang tak terjaga dapat mendatangkan kemudharatan.

Apalagi jika sedang di bawah pengaruh emosi dan berhadapan dengan orang yang tidak kita suka. Bisa jadi, yang keluar dari kita adalah makian dan celaan.

Makian bisa berdampak buruk pada diri seseorang. Meski di luar tampak biasa saja, bisa jadi orang yang kita maki menjadi sakit hati.

Dampaknya bisa sangat berbahaya jika sampai ada orang yang sakit hati karena makian kita. Orang bisa menaruh kebencian yang sangat.

Belum lagi jika yang keluar dari mulut kita adalah celaan. Orang yang kita cela bisa marah dan membalas dengan tindakan yang tidak kita sangka.

Itulah kiranya, kita dianjurkan untuk segera bertobat jika telah memaki dan mencela orang lain. Caranya dengan menyesali apa yang telah terjadi, berkomitmen tidak mengulanginya lagi, serta berdoa mohon ampunan kepada Allah.

Doa ini bisa dibaca untuk tobat dari memaki dan mencela orang. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Bukhari.

 

4 dari 6 halaman

Doa Usai Memaki Orang Lain

 Doa Usai Memaki Orang© Dream

Allahumma fa ayyuma mukminin sababtuhu faj'al dzalika lahu qurbatan ilaika yaumal qiyamati.

Artinya,

" Ya Allah, seandainya aku pernah mencela seorang mukmin, maka jadikanlah itu sebagai hal yang mendekatkan dirinya pada-Mu di hari kiamat."

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Tak Mampu Bersedekah Meski Sangat Ingin

Dream - Ketika ada rezeki, kita dianjurkan untuk berbagi, membantu mereka yang kekurangan maupun kesusahan.

Islam menganjurkan umatnya untuk bersedekah dengan apapun. Baik makanan, uang, apa saja, dan dilakukan dengan semangat keikhlasan.

Sedikit rezeki yang kita sedekahkan sangat bermanfaat bagi mereka yang kekurangan. Mereka terbantu lantaran beban yang harus dipikul sedikit berkurang.

Manfaat sedekah tidak hanya diterima satu pihak namun baik antara pemberi maupun penerima.

Sayangnya, ada kalanya kita tidak mampu bersedekah karena keadaan. Padahal, dalam hati sudah muncul keinginan kuat untuk bersedekah.

Ketika tidak mampu bersedekah, dianjurkan membaca doa ini sebagai penggantinya.

6 dari 6 halaman

 Doa Tak Bisa Sedekah© Dream

Allahumma sholli 'ala muhammadin 'abdika wa rasulika wa sholli 'alal mu'minina wal mu'minati wal muslimina wal muslimati.

Artinya,

" Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, hamba-Mu dan utusan-mu, dan limpahkanlah rahmat kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, orang-orang muslim laki-laki dan perempuan."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id