Doa Mohon Dimudahkan Jalani Segala Urusan

Your Story | Minggu, 15 Desember 2019 18:01
Doa Mohon Dimudahkan Jalani Segala Urusan

Reporter : Ahmad Baiquni

Sering kali, kita mengalami banyak hambatan ketika menjalani urusan.

Dream - Segala urusan yang dihadapi manusia tidak selamanya bisa dilalui dengan lancar. Bahkan beberapa masalah harus dilalui dengan cara yang sulit.

Fakta ini kerap kita jumpai di masyarakat. Ketika hendak mengurus dokumen penting misalnya.

Sering kali ada kasus orang harus pergi ke sana kemari saat mengurus sesuatu. Hal ini membuat orang kelelahan.

Akibatnya, muncul kekhawatiran dalam benak kita akan mengalami hal yang sama. Kita jadi was-was dan akhirnya malah urung mengurus dokumen tersebut.

Ini hanya satu contoh. Fakta lain tentu masih banyak lagi.

Agar diberi kemudahan dalam segala urusan, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW, yang tercantum dalam hadis riwayat Ibnu Hibban dari Anas bin Malik RA.

2 dari 6 halaman

Doa Mohon Kemudahan Segala Urusan

 Doa dimudahkan segala urusan

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya,

" Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

3 dari 6 halaman

Doa Rasulullah Setiap Kali Selesai Sholat

Dream - Sholat dan doa sejatinya merupakan aktivitas yang tak terpisahkan. Keduanya adalah sarana makhluk untuk berkomunikasi dengan Tuhannya.

Sholat membuat kita dekat dengan Allah. Sedangkan doa merupakan jalan untuk memohon segala sesuatu kepada-Nya.

Salah satu waktu yang tepat untuk berdoa adalah usai sholat. Dianjurkan untuk menggunakan waktu tersebut dengan memperbanyak zikir sembari mengucap doa.

Bahkan dalam hadis riwayat Imam Ahmad, malaikat akan mendoakan orang yang selesai sholat. Sehingga, jangan buru-buru pergi begitu sholat selesai.

Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan berzikir dan berdoa usai sholat. Salah satu doa yang kerap dibaca Rasulullah usai sholat terdapat dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi.

 

4 dari 6 halaman

Doa Usai Sholat

 Doa Usai Sholat

Allahumma inni a’udzu bika minal jubni wa a'udzu bika minal bukhli wa a’udzu bika min ardzalil 'umuri wa a’udzu bika min fitnatid dunya wa 'adzabil qabri

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir, aku berlindung kepada-Mu dari hinanya umur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan azab kubur."

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Berjabat Tangan

Dream - Ajaran Islam tidak hanya mengatur soal ibadah personal. Tidak melulu seputar sholat, puasa, zakat, haji, sedekah.

Lebih dari itu, Islam juga mengatur ibadah yang bersifat sosial. Hal ini sangat erat kaitannya dengan adab dalam kehidupan kemasyarakatan.

Ada banyak sunah yang bisa dilakukan dalam kehidupan sosial. Salah satunya yaitu berjabat tangan setiap kali bertemu orang lain.

Meski sepele, jabat tangan punya manfaat begitu besar. Jabat tangan dapat menguatkan ikatan persaudaraan.

Setiap kali berjabat tangan atau salaman dengan orang lain, dianjurkan membaca doa ini. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Sunni dari Anas bin Malik RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

6 dari 6 halaman

Doa Salaman

 Doa salaman

Allahumma rabbana atina fiddun ya hasanatan wa fil akhiroti hasanatan wa qina 'azaban nar.

Artinya,

" Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka."

Terkait
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id