Doa Mohon Ampun dari Tindakan Berlebihan

Your Story | Rabu, 29 Juli 2020 11:00
Doa Mohon Ampun dari Tindakan Berlebihan

Reporter : Ahmad Baiquni

Berlebihan dapat mendatangkan kerugian.

Dream - Kita serang mendengar nasihat untuk tidak berlebih-lebihan dalam segala hal. Utamanya dalam perilaku dan tindakan.

Segala hal yang berlebihan tentu tidak baik. Karena kita bisa kehilangan faedah akibat perilaku berlebihan tersebut.

Perilaku berlebihan akan mengesankan keserakahan. Kita jadi terlihat kemaruk, tak mau berbagi dengan sesama padahal ada banyak yang lebih membutuhkan.

Berlebihan juga bisa terjadi ketika menyikapi sesuatu. Akibatnya, masalah kecil bisa jadi besar karena disikapi dengan berlebihan.

Tentu, berlebih-lebihan akan mendatangkan banyak kerugian. Tetapi seringkali kita tidak sadar melakukannya.

Kalau sudah terlanjur, lebih baik segera memohon ampunan kepada Allah. Caranya dengan membaca doa yang terdapat dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 147 ini.

 

2 dari 6 halaman

Doa Tobat dari Tindakan Berlebihan

Doa Tobat dari Tindakan Berlebihan© Dream.co.id

Rabbanaghfir lana dzun?bana wa israfana f? amrina wa sabbit aqdamana wansurna 'alal qaumil kafirin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

3 dari 6 halaman

Doa Agar Dikeluarkan dari Musibah

Dream - Bisa dibilang, tahun ini banyak terjadi musibah. Dunia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Selain itu, sejumlah negara mengalami bencana alam mulai banjir hingga gempa bumi. Bahkan di Indonesia, gempa beberapa kali melanda dan banjir bandang menerjang beberapa daerah.

Tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban atas berbagai musibah itu. Banyak pula keluarga harus kehilangan orang yang mereka cintai.

Tentu, kita sangat berharap agar musibah yang terjadi segera berakhir. Kita sangat ingin agar segera dikeluarkan dari musibah tersebut,

Untuk itu, dianjurkan untuk memperbanyak istighfar sekaligus memohon kepada Allah. Salah satunya dengan mengistiqamahkan doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW ini agar terbebas dari musibah.

 

4 dari 6 halaman

Doa Terbebas dari Musibah

Doa Lepas dari Musibah© Dream.co.id

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mas tatho'tu a'udzubika min syarri ma shana'tu abu u laka bi ni'matika 'alayya wa abu u bidzhambi faghfirli wa innahu la yaghfirud dunuba illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan yang lain kecuali Engkau. Engkau yang menjadikanku. Aku adalah hamba-Mu dan tetap dalam janji-Mu. Serta perjanjian-Mu sesuai kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah kuperbuat. Aku pulang kepada-Mu dengan pemberian nikmat-Mu kepadaku. Dan aku merasa berbuat dosa. Untuk itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

5 dari 6 halaman

Doa Rasulullah Ketika Memakai Minyak Wangi

Dream - Minyak wangi atau parfum sudah jadi perlengkapan harian kita. Memakai wewangian membuat kita makin percaya diri.

Selain itu, orang lain tidak terganggu dengan bau tubuh kita. Orang lain juga merasa nyaman saat berada di dekat kita.

Memakai wewangian sendiri sangat dianjurkan dalam Islam. Bahkan termasuk salah satu sunah atau kebiasaan Rasulullah Muhammad SAW.

Rasulullah sering menggunakan minyak wangi pada tubuh maupun pakaiannya. Sehingga, para sahabat bisa nyaman di dekat Rasulullah.

Ketika memakai minyak wangi, Rasulullah membaca doa ini.

6 dari 6 halaman

Doa Pakai Minyak Wangi

Doa Pakai Minyak Wangi© Dream.co.id

Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Allahumma matti'ni bima razaqtani wa la taslubni ma khawwaltani waj'al dzalika rahmatan wa la taj'alhu wibalan 'alayya. Allahumma thoyyib dzakari baina khalqika kama thoyyabta basyari wa nasywaya bi fadlli rahmatika 'indi.

Artinya,

" Segala puji bagi Allah. Ya Allah, berilah aku kesenggangan dengan apa yang Engkau rezekikan kepadaku, dan jangan Engkau rusak apa yang Engkau percayakan kepadaku, dan jadikan hal itu rahmat dan jangan jadikan hal itu bencana padaku. Ya Allah, harumkan namaku di hadapan makhluk-Mu sebagaiman Engkau mengharumkan kulitku dengan keutamaan nikmat-Mu padaku."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id