Doa Mengatasi Kecenderungan Selalu Merasa Kurang

Your Story | Senin, 20 September 2021 06:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Perasaan selalu kekurangan dapat menjerumuskan pada dosa.

Dream - Selalu merasa kurang merupakan salah satu kecenderungan manusia. Dia tidak pernah puas dengan yang sudah dimiliki. Mencoba melihat orang-orang yang kekurangan adalah salah satu cara menyadarkan diri tentang pentingnya bersyukur 

Sifat selalu merasa kurang termasuk kecenderungan buruk pada manusia. Saat sudah tak bisa mengendalikannya, manusia akan terjerumus menjadi sosok serakah.

Parahnya, tanpa disadari dapat mengarahkan kita pada perbuatan merugikan banyak orang. Tentu perbuatan tersebut berujung pada dosa.

Karena itulah, kita dianjurkan untuk mengendalikan dorongan itu. Semata agar tidak terjerumus pada dosa.

Selain dengan usaha, dianjurkan pula membaca doa ini. Lewat doa ini, kita memohon agar Allah menjauhkan dari sifat selalu merasa kurang.

 

Doa Mengatasi Kecenderungan Selalu Merasa Kurang
Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Mengatasi Rasa Kurang

اَللَّهُمَّ اِكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ وَصَلَّى الله ُعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma ikfina bikhalalila 'an kharamika wa bithoatika 'an ma'shiyatika wa bi fadllika 'amman siwaka.

Artinya,

" Ya Allah, cukupilah kami dengan yang halal sehingga kami tidak menyentuh yang haram dengan ketaatan kepada-Mu, sehingga kami tidak mendekati kedurhakaan dan dengan anugerah-Mu, sehingga kami tidak menoleh kepada selain-Mu."

Sumber: Tebuireng.online.

3 dari 6 halaman

Doa Pembuka Pintu Rezeki Saat Keluar Rumah dan Terjemahannya

Dream - Doa pembuka pintu rezeki perlu dibaca ketika kita keluar rumah. Saat kaki pertama mulai melangkah dari teras atau halaman rumah, kita berharap akan terbuka hal-hal baru yang sebagiannya bisa berkaitan dengan rezeki.

Doa perlu dibaca mengingat rezeki tentu tidak datang dengan sendiri. Kita perlu mengupayakan dengan cara-cara yang patut.

Rezeki tersebar di seluruh penjuru bumi. Kita hanya perlu meraihnya dengan usaha tertentu sambil dibarengi dengan membaca doa dibukakan pintu rezeki.

Ketika keluar rumah, harapan mendapatkan rezeki terselip di hati. Apalagi saat rezeki sedang seret.

Karena itulah, dianjurkan membaca doa pembuka rezeki ini ketika kita keluar rumah.

 

4 dari 6 halaman

Doa Pembuka Pintu Rezeki

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radldlini bi qadla'ika, wa barik li fima quddira li khatta la ukhibba ta'jîla ma akhkharta, wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya,

" Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan."

Sumber: NU Online

5 dari 6 halaman

Amalkan Doa Ini Agar Diberi Kecukupan Rezeki

Dream - Setiap orang memiliki rezekinya masing-masing. Banyaknya rezeki sebanding dengan kebutuhannya.

Tetapi, mungkin kita merasa rezeki yang dimiliki tidak cukup. Kebutuhan terasa lebih banyak dibandingkan pendapatan.

Akibatnya kita selalu merasa kekurangan. Ketika satu kebutuhan terpenuhi, muncul keinginan lain.

Sebenarnya, rezeki yang kita tersebut itu mencukupi. Menjadi tidak cukup karena punya keinginan yang terlalu banyak.

Nah, agar kita selalu berkecukupan dalam rezeki, amalkan doa ini.

 

6 dari 6 halaman

Doa Agar Kecukupan Rezeki

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَكْفِيْنَا بِهَا هَمَّ اْلقُوْتِ يَا حَيُّ لاَ يَمُوْتُ

Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina wa mawlana muhammadin wa 'ala ali sayyidina muhammadin shalatan takfinaa biha hammal quti ya hayyu la yamutu.

Artinya,

" Ya Allah, berikan rahmat dan salam kepada pemimpin kami dan pengayom kami, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, dengan rahmat itu, Engkau mencukupi kami dari kesusahan makanan pokok. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, tak pernah mati."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id