Doa Memohon Pertolongan Saat Didera Masalah yang Diambil dari Al-Quran

Your Story | Minggu, 10 Oktober 2021 19:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Masalah mendera kadang bikin panik.

Dream - Kita senantiasa merasa khawatir ketika berhadapan dengan masalah. Pikiran menjadi membayangkan hal yang tidak-tidak sehingga sepanjang hari diliputi kecemasan.

Mereka yang memiliki sifat overthingking biasanya akan membayangkan hal buruk bakal terjadi ketika masalah tidak bisa terselesaikan dalam waktu singkat. Padahal belum ada tindakan satupun yang sudah mulai dilakukannya

Dengan pikiran yang berlebihan itu kita bahkan bisa dibuat panik. Apalagi jika masalah yang terjadi sudah genting.

Tetapi sebagai seorang Muslim, kita dituntut untuk tetap sabar dan tabah. Kita harus yakin bahwa semua masalah pasti ada penyelesaiannya. Sehingga setiap masalah tetap harus diselesaikan.

Selain tetap yakin dapat menyelesaikan masalah tersebut, kita juga senantias memohon kepada Allah dengan doa yang termaktub dalam Alquran Surat Al Isra' ayat 80.

 

 

Doa Memohon Pertolongan Saat Didera Masalah yang Diambil dari Al-Quran
Muslimah Berzikir Dengan Tasbih (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Memohon Pertolongan

رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Rabbi adkhilni mudkhola shidqiw wa akhrijni mukhraja shidqiw waj'al li min ladunka sulthonan nashira.

Artinya,

" Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong (ku)."

Sumber: NU Online.

3 dari 6 halaman

Doa Agar Terhindar dari Masalah Hukum

Dream - Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu keberadaan hukum tidak bisa kita tolak. Hukum sebagai ketentuan yang harus kita patuhi.

Kita tidak boleh melanggarnya. Jika pelanggaran sampai terjadi, maka ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Tetapi, ada kalanya masalah hukum bisa terjadi. Terutama ketika kita terlibat sengketa.

Misalnya, saat kita membeli aset seperti tanah atau rumah. Agar terhindar dari masalah hukum, sangat penting untuk memeriksa riwayat aset yang akan kita beli.

Ini untuk memastikan aset tersebut tidak bermasalah. Sehingga kita bebas dari persoalan hukum di kemudian hari.

Selain itu, dianjurkan untuk membaca doa ini agar mendapatkan perlindungan dari Allah.

 

4 dari 6 halaman

Doa Tak Kena Persoalan Hukum

اَللَّهُمَّ بِحَقِّ هذه الاية ان تجعل بيني وبين هؤلاء غشاوة كما جعلتها بين نبيك محمد صلى الله عليه وسلم وبين اعدائه حم عسق حميت كهيعص كفيت

Allahumma bihaqqi hadzihil ayati antaj'ala baini wa baina haulai ghisyawah kama ja'altaha baina nabiyyika muhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallama wa baina a'daihi. Ha mim 'ain sin qof, khumitu. Kaf ha ya 'ain shod, kufitu.

Artinya:

" Ya Allah, dengan kebenaran ayat ini, (aku mohon kepada-Mu) agar Engkau menjadikan antara diriku dan mereka selubung sebagaimana Engkau menjadikannya antara Nabi-Mu Muhammad dan musuh-musuhnya. Ha mim 'ain sin qof, aku dipelihara. Kaf ha ya 'ain shad, aku dicukupkan."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Agar Tak Khawatir Akan Masa Depan

Dream - Masa depan tidak pernah bisa ditebak. Selamanya akan menjadi misteri bagi kita.

Termasuk berkaitan dengan rezeki dan nasib. Tak ada yang bisa memastikan.

Akibatnya, seringkali kita dibuat khawatir akan masa depan. Kita tidak pernah membayangkan apa yang akan terjadi nanti, bahkan takut untuk melakukannya.

Kekhawatiran tersebut menjadikan kita ragu menetapkan langkah. Menjadikan kita tak yakin bisa menjalani hidup dengan catatan kesuksesan.

Perasaan seperti demikian sudah sepatutnya kita hilangkan. Kita perlu yakin akan ketetapan Allah, lalu berusaha sekuat tenaga agar sukses di masa depan.

Di samping itu, dianjurkan membaca doa ini agar kekhawatiran kita terhadap masa depan dapat hilang. Berganti dengan semangat dan optimisme.

 

6 dari 6 halaman

Doa Agar Tak Khawatirkan Masa Depan

 Doa Tak Khawatirkan Masa Depan© Dream.co.id

Allahummarzuqni nafsan muthmainnah tuqina bi wa'dika wa tusallimu li amrika wa tardla bi qadlaika.

Artinya,

" Ya Allah, berilah aku rezeki jika yang tenang, yang yakin terhadap janji-Mu, pasrah terhadap keputusan-Mu, dan ridla terhadap takdir-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id