Doa Mandi Wajib dan Tata Caranya yang Sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW

Your Story | Rabu, 1 Desember 2021 16:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Doa mandi wajib yang akan membedakan mandi wajib dengan mandi biasanya.

Dream – Islam sangat memperhatikan kebersihan. Itulah mengapa pembahasan bersuci atau disebut juga dengan istilah taharah menjadi penting untuk diketahui dan dipahami oleh setiap umat Islam. Apalagi setiap akan melaksanakan sholat, umat Islam diwajibkan agar bersuci terlebih dahulu dengan cara wudu.

Selain itu, ada juga mandi wajib atau disebut juga mandi junub atau mandi besar yang disebabkan karena memiliki hadas besar. Baik itu karena berhubungan suami-istri, haid, maupun mimpi basah. Nah, mandi wajib ini hukumnya adalah wajib. Jika sampai umat Islam tidak melakukan mandi besar, hal tersebut bisa menjadi penghalang untuk menjalankan ibadah, seperti sholat, membaca Alquran, dan thowaf.

Perlu sahabat Dream ketahui, melakukan mandi wajib ini tidaklah sama dengan mandi pada umumnya. Tetapi ada tata caranya dan ada doa mandi wajib yang harus dibaca agar nantinya mandi wajib tersebut benar-benar sah.

Untuk mengetahuinya secara lebih jelas tentang dasar hukum mandi wajib, tata cara, dan doa mandi wajib, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari Merdeka.com dan Bola.com.

Doa Mandi Wajib dan Tata Caranya yang Sesuai dengan Hadis Rasulullah SAW
Doa Mandi Wajib Dan Tata Caranya (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 4 halaman

Dasar Hukum Mandi Wajib

 Dasar Hukum Mandi Wajib© Pixabay.com

Sebelum membahas tentang tata cara dan doa mandi wajib, maka alangkah baiknya jika sahabat Dream mengetahui terlebih dahulu tentang dasar hukum dari mandi wajib. Di mana hal tersebut telah dijelaskan dalam Alquran melalui surat Al-Maidah dan surat An-Nisa.

 QS. Al-Maidah Ayat 6

وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ

 Artinya: Dan jika kamu junub, maka mandilah.” (QS. Al-Maidah:6)

 QS. An-Nisa Ayat 43

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلاةَ وَأَنْتُمْ سُكارى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلا جُنُباً إِلاَّ عابِرِي سَبِيلٍ حَتَّى تَغْتَسِلُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضى أَوْ عَلى سَفَرٍ أَوْ جاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّساءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيداً طَيِّباً فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ إِنَّ اللَّهَ كانَ عَفُوًّا غَفُوراً

Artinya:" Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."  (QS. An-Nisa': 43)

3 dari 4 halaman

Doa Niat Mandi Wajib

 Doa Niat Mandi Wajib© Freepik.com

Ketika sahabat Dream baru saja berhubungan badan, selesai haid maupun mimpi basah, maka wajib untuk melakukan mandi wajib. Mandi inilah yang nantinya akan membersihkan dirimu dari adanya hadas besar. Sehingga sahabat Dream bisa kembali melakukan ibadah secara sah.

Saat akan mandi wajib, maka hal yang harus sahabat Dream ketahui adalah doa mandi wajib. Berikut adalah doa mandi wajib yang bisa kamu hafalkan:

Niat Mandi Wajib setelah Berhubungan Badan

Ketika melakukan hubungan badan suami-istri atau pun mengeluarkan mani, maka saat itulah ada hadas besar dalam diri. Untuk membersihkannya, maka kamu harus melakukan mandi wajib. Berikut adalah doa mandi wajib setelah berhubungan badan yang bisa kamu baca:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ مِنَ الْجِنَابَةِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala.”

Artinya: " Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah ta’ala.”

Niat Mandi Wajib setelah Nifas

Sedangkan untuk perempuan yang baru saja selesai nifas, maka doa mandi wajib yang bisa dibaca adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْأَكْبَرِ مِنَ النِّفَاسِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Bismillahi rahmani rahim nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta'ala.”

 

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardu karena Allah Ta’ala.”

Niat Mandi Wajib setelah Haid

Bagi perempuan yang baru saja menyelesaikan masa haidnya dan sudah memastikan bahwa darah tersebut tidak lagi keluar, maka harus segera melakukan mandi wajib. Berikut adalah doa mandi wajib setelah haid yang bisa kamu baca:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْأَكْبَرِ مِنَ الْحَيْضِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Bismillahi rahmani rahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal haidi fardlon lillahi ta'ala.”

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haid, fardu karena Allah Ta’ala.”

4 dari 4 halaman

Tata Cara Mandi Wajib

 Tata Cara Mandi Wajib© Freepik.com

Setelah mengetahui doa mandi wajib, maka hal yang harus sahabat Dream ketahui juga adalah tata cara melakukan mandi wajib yang benar. Berikut adalah adalah tata caranya yang sesuai dengan hadis Nabi Muhammad saw:

Membaca Doa Mandi Wajib

Langkah pertama diawali dengan membaca doa mandi wajib atau niat mandi wajib seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Membaca doa mandi wajib ini adalah wajib hukumnya. Karena doa inilah yang akan membedakan mandi wajib dengan mandi yang biasanya kamu lakukan. Sahabat Dream bisa membacanya dalam hati atau pun dengan bersuara.

Mencuci Tangan Tiga Kali

Sesuai dengan sunah Rasulullah saw, setelah membaca doa mandi wajib adalah mencuci tangan sebanyak tiga kali. Tujuannya adalah untuk membersihkan tangan dari adanya najis yang menempel.

Membersihkan Bagian Tubuh yang Kotor

Setelah itu, sahabat Dream bisa membersihkan bagian tubuh yang dianggap kotor dan letaknya tersembunyi dengan menggunakan tangan kiri. Bagian tersebut misalnya adalah dubur, kemaluan, pusar, bawah ketiak, dan sebagainya.

Mengulang Mencuci Tangan

Selanjutnya adalah mengulangi untuk mencuci tangan. Caranya adalah dengan mengusapkan tangan ke tanah atau dinding lalu dibilas dengan menggunakan air secara langsung atau menggunakan sabun terlebih dahulu baru kemudian dibilas dengan air.

Berwudu

Setelah mencuci tangan, sahabat Dream bisa melakukan wudu seperti biasanya saat akan menjalankan sholat.

Menyela Pangkal Rambut dengan Jari

Setelah berwudu, selanjutnya adalah menyela bagian pangkal rambut dengan menggunakan jari-jari tangan yang sebelumnya sudah kamu celupkan ke air. Pastikan bahwa jari-jarimu sudah menyentuh ke bagian kulit dan rambut juga sudah basah terkena air.

Membasahi Tubuh Merata

Lalu yang terakhir adalah membasahi tubuh secara merata dengan mengguyurkan air dimulai dari ujung rambut sampai ke bagian ujung kaki. Pastikan sahabat Dream mendahulukan bagian kanan baru kemudian bagian kiri.

Join Dream.co.id