Doa Ketika Terjadi Bencana Gunung

Your Story | Rabu, 8 Desember 2021 20:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Bencana selalu mendatangkan kepiluan.

Dream - Musibah bencana gunung baru saja terjadi. Sabtu lalu, kabar duka datang dari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gunung Semeru menghasilkan awan panas guguran. Dalam sekejap, gumpalan awan panas disusul banjir lahar dingin menerpa sejumlah desa di lereng Semeru.

Puluhan warga meninggal dunia. Sementara, banyak yang mengalami luka bakar akibat peristiwa itu.

Peristiwa ini menjadi kepiluan tersendiri. Tidak hanya para korban namun juga seluruh masyarakat.

Karena itu, sangat dianjurkan membaca doa ini bagi kita yang tidak terkena musibah tersebut.

 

Doa Ketika Terjadi Bencana Gunung
Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Ada Bencana Gunung

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allahumma inni a'udzubika minal hadmi wa a'udzubika minat taraddi wa a'udzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a'udzubika an yatakhabbathanisy syaithanu 'indal maut wa a'udzubika an amuta fi sabilika mudbiran wa a'udzubika an amuta ladighan.

Artinya,

" Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan, dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam, terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila setan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat."


Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Menghindari Musibah Dalam Perjalanan

Dream - Ketika dalam perjalanan, kita sebenarnya berada dalam kondisi sulit dan terbatas. Sehingga, kita merasa tidak bisa bebas saat dalam perjalanan.

Sebagai misal, fokus kita hanya pada tempat tujuan. Selain itu, waktu sepenuhnya hanya kita gunakan untuk perjalanan.

Belum lagi, potensi musibah selalu ada. Terutama ketika kita mengalami kelelahan.

Itulah sebabnya mengapa ada rukhshah atau keringanan dalam ibadah bagi orang yang bepergian. Sebab, orang tersebut sedang dalam kondisi yang serba terbatas.

Yang paling perlu kita waspadai adalah musibah. Ini karena musibah dalam perjalanan dapat berakhir fatal.

Oleh karena itu, ada banyaknya membaca doa menghindari musibah ketika bepergian. Sehingga, kita selalu dalam perlindungan Allah hingga sampai di tujuan.

4 dari 6 halaman

Doa Menghindari Musibah di Perjalanan

اَللَّهُمَّ اَسْعِدْنِيْ فِيْ هَذِهِ اْلحَرَكَةِ وَاَمِدَّنِيْ بِاْليُمْنِ وَاْلبَرَكَةِ وَقِنِيْ سُوْءَ القَدَرِ وَوَعْثَاءَ السَّفَرِ وَاَنْزِلْنِيْ خَيْرَ اْلمَنَازِلِ وَاجْعَلْ سَفَرِيْ اِلَى خَيْرٍ سَعِيْدٍ وَصُنْعٍ حَمِيْدٍ وَاحْفَظْ مُخَلَّفِيْ وَاجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَهُمْ عَلَى اَسَرِّ حَالٍ وَاَنْعَمِ بَالٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Allahumma as'idni fi hadzihil harakati wa amiddani bilyumi wal barakati wa qini sual qodari wa wa'tsais safari wa anzilni khoiral manazili waj'al safari ila khoirin sa'idin wa shun'in hamidin wahfazh mukholafi wajma' baini wa bainahum 'ala asarri halin wa an'ami balin birahmatika ya arkhamar rahimin.

Artinya,

" Ya Allah, selamatkanlah aku dalam gerakan, dan anugerahilah aku dengan keburuntungan dan keberkahan, lindungilah aku dari buruknya takdir dan kelelahan perjalanan, tempatkanlah aku di tempat yang paling baik, jadikanlah perjalananku kebaikan yang menguntungkan dan perbuatan yang terpuji, lindungilah orang-orang yang aku tinggalkan, kumpulkan aku dengan mereka dengan keadaan yang paling menyenangkan dan paling membahagiakan, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Paling Pengasih di antara para pengasih."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Rasulullah Ringankan Beban Orang yang Mendapat Musibah

Dream - Musibah datang dalam sekejap dan biasanya meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi yang mengalaminya. Tak hanya kehilangan orang tua atau kerabat, ujian dari Allah SWT itu bisa datang dalam berbagai cara.

Rasa sedih mendatangkan beban pada seseorang. Terlebih jika orang yang bersangkutan kehilangan mereka yang terkasih. Memanjatkan doa diberi kekuatan menghadapi musibah adalah salah satu ikhtiar kita untuk pasrah pada takdir yang kuasa. 

Dalam kondisi ini, orang yang tertimpa musibah akan merasa sendirian. Mereka membutuhkan dukungan agar dapat melalui beban hidupnya.

Karena itulah, kita dianjurkan untuk menjenguk orang yang baru terkena musibah. Silaturahmi kita diharapkan dapat menguatkan mereka.

Selain itu, seorang muslim dianjurkan membacakan doa untuk mereka yang terkena musibah agar diberikan keringaan menghadapi beban dan ujian tersebut. Doa ini diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam sebuah hadis diriwayatkan Imam Tirmidzi dari Abdullah bin Mas'ud RA.

 

6 dari 6 halaman

Doa Ringankan Beban Orang Kena Musibah

يَرْحَمُكَ اللَّهُ وَيَأْجُرُكَ

Yarhamukallah wa yakjuruka

Artinya,

" Semoga Allah merahmati engkau dan membalasi engkau."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id