Doa Ketika Mengalami Kesusahan

Your Story | Minggu, 23 Februari 2020 18:00
Doa Ketika Mengalami Kesusahan

Reporter : Ahmad Baiquni

Seorang mukmin selalu sabar dalam menghadapi kesusahan.

Dream - Kesusahan mungkin bisa dihindari. Tetapi, tak ada seorang makhluk pun yang bisa menolak kedatangannya.

Meski kita sudah membuat banyak persiapan agar tidak mengalami kesusahan, tetap saja kondisi tersebut bisa terjadi. Kita hanya perlu menyikapi dengan patut.

Ada banyak karakter orang dalam menanggapi kesusahan. Ada yang marah hingga menyalahkan siapa pun, ada pula yang sampai menyakiti dirinya sendiri maupun orang lain.

Tetapi, seorang yang beriman tidak dianjurkan untuk menyikapi kesusahan dengan amarah. Tetap diharuskan untuk menghadapinya dengan sabar dan penuh kepasrahan.

Ketika sedang dalam kondisi kesusahan, dianjurkan untuk mengucapkan doa ini, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

 

2 dari 6 halaman

Doa Ketika Kesusahan

 Doa saat kesusahan© Dream.co.id

La ilaha illallahul 'adhimul khalim, la ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul 'arsyil 'adhim.

Artinya,

" Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung lagi Maha Santun. Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, Rabb langit dan bumi, Rabb 'Arsy yang agung."

3 dari 6 halaman

Doa Agar Lisan Terhindar dari Perkataan Menyakitkan Hati

Dream - Lisan memang organ tubuh yang memiliki peran sangat penting bagi kita. Dengan lisan, kita menyampaikan segala macam pesan kepada orang lain.

Ucapan seseorang membawa banyak kesan bagi penerimanya. Bisa dikatakan, ucapan merupakan perwujudan dari sifat seseorang.

Kerap kita dengar petuah untuk menjaga lisan. Sebisa mungkin lisan digunakan untuk mengucap kebaikan.

Memang, ada kalanya seseorang terlibat perbincangan canda dengan orang lain. Hal ini bisa membuat hubungan pertemanan jadi semakin dekat.

Namun begitu, sebisa mungkin kita mengindarkan diri dari ucapan yang menyakitkan hati. Karena ucapan tersebut dapat memicu munculnya beragam persoalan.

Agar lisan kita terhindar dari ucapan yang menyakitkan hati, dianjurkan membaca doa ini.

4 dari 6 halaman

Doa Lisan Terjaga dari Ucapan Buruk

 Doa Menjaga Lisan© Dream.co.id

Allahummaj'al shamti fikra wa nuthqi dzikra.

Artinya,

" Ya Allah, jadikanlah diamku berpikir dan bicaraku berzikir."

5 dari 6 halaman

Doa Usai Menyantap Makanan Pemberian Orang Lain

Dream - Berbagi makanan sudah lumrah terjadi di masyarakat Indonesia. Selain untuk mempererat silaturahmi di antara orang yang terdekat di lingkungan kita, kebiasaan ini juga menjadi cara untuk sealing menebar kebaikan.

Kini berbagi makanan sudah banyak dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari dapur bergerak, kedai makan gratis, hingga food box yang rutin diisi makanan segar.

Meski demikian, cara konvensional dengan membagikan langsung kepada orang lain juga masih banyak dipakai. Bahkan cara ini makin banyak diterapkan, terutama di masjid pada waktu-waktu tertentu.

Dewasa ini semakin banyak masjid yang menyediakan makan siang untuk jemaah sholat Jumat. Makanan tersebut ada yang dialokasikan dari dana infak namun jauh lebih banyak berasal dari sedekah masyarakat sekitarnya.

Siapapun dibolehkan menikmati makanan tersebut. Tanpa memandang latar belakang tiap orang.

Ketika kita dapat kesempatan makan makanan dari orang lain, sudah sepatutnya untuk bersyukur. Selain itu, dianjurkan membalas kebaikan orang yang memberikan makanan dengan cara membaca doa ini.

6 dari 6 halaman

Doa Dapat Makanan Dari Orang Lain

 Doa makan makanan dari orang lain© Dream.co.id

Allahumma aktsir ma lahu wa barik lahu fima a'thoitahu wa yassir lahu ayyaf'ala fihi khoiran wa qonni'hu fima a'thoitahu waj'alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya,

" Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, mudahkanlah dia melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah dia kelapangan hati agar menerima rezeki yang Engkau berikan padanya, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak
Join Dream.co.id