Doa Ketika Masuk Pemakaman Mengantar Jenazah

Your Story | Jumat, 10 April 2020 18:01
Doa Ketika Masuk Pemakaman Mengantar Jenazah

Reporter : Ahmad Baiquni

Meski di pemakaman, kita tetap diharuskan memperhatikan adab.

Dream - Belakangan, banyak terlihat prosesi pemakaman jenazah. Meski sebagian besar adalah jenazah positif Covid-19.

Berkaitan dengan pemakaman, kita memang tidak dianjurkan untuk melayat jenazah Covid-19. Seluruh urusan pemakaman dijalankan oleh petugas medis.

Secara umum, prosesi pemakaman dijalankan tidak berbeda jauh dengan jenazah normal. Hanya saja pelayat tidak boleh mendekati titik kuburan hingga jarak beberapa puluh meter.

Meski demikian, tetap berlaku adab ketika di pemakaman. Jika kita mengiringi prosesi pemakaman jenazah, maka dianjurkan untuk menjaga sopan santun.

Salah satunya, mengucap doa ini ketika masuk ke pemakaman. Doa ini diajarkan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Imam Muslim.

 

2 dari 6 halaman

Doa Masuk Pemakaman

 Doa Masuk Pemakaman© dream.co.id

Assalamu 'alaikum ahlad diyar minal mukminina wal muslimina wa inna insya alah lalakhiqquna asalullaha lana wa lakumul 'afiyyah.

Artinya,

" Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penduduk kuburan kaum Mukminin dan Muslimin. Dan jika Allah menghendaki, kami akan menyusulmu. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan untuk kamu sekalian agar sejahtera."

3 dari 6 halaman

Doa Mohon Agar Meninggal Khusnul Khotimah

Dream - Setiap orang telah memiliki ketentuan dari Yang Maha Esa saat menjalani kehidupan. Kita sering mendengar ada tiga hal yang sudah ditakdirkan kepada manusia yaitu jodoh, rezeki, dan mati. 

Kematian bagi setiap makhluk hidup, termasuk manusia, adalah kepastian. Namun kapan waktunya seseorang menghadapi Sang Pencipta akan selalu menjadi misteri. 

Tetapi, kematian seperti apa yang diharapkan? Sebab, kematian bisa terjadi secara baik ataupun buruk. Dalam Islam dikenal Khusnul Khotimah dan Su'ul Khotimah.

Khusnul khotimah merupakan kematian yang selalu dinantikan orang. Meninggal karena sebab dan keadaan yang baik menjadi harapan semua orang.

Untuk itu, kita patut memohon agar dimatikan dalam keadaan Khusnul Khotimah. Mati dalam keadaan baik dan memberikan kebaikan.

Agar hal itu terjadi, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut diajarkan Imam Al Ghazali.

4 dari 6 halaman

Doa Khusnul Khotimah

 Doa Khusnul Khotimah© dream.co.id

Bismillahir rahmanir rahim. Ya hayyu ya qoyyumu ya badi'as samawati wal ardli ya dzal jalali wal ikram. Allahumma inni as-aluka an tuhyiya qolbi binuri ma'rifatika abada. Ya Allah, ya Allah, ya Allah, ya rahmaan, ya rahim, bi rahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, wahai Dzat Yang Berdiri Sendiri, wahai Dzat Pencipta langit dan bumi, wahai Dzat Yang Maha Agung dan Mulia. Ya Allah, saya memohon kepada-Mu agar Engkau menghidupkan hatiku dengan nur makrifat kepada-Mu selamanya. Ya Allah, ya Allah, ya Allah, wahai Dzat Maha Pengasih, wahai Dzat Maha Penyayang, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Maha Pengasih di antara para pengasih."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Mohon Ampun Karena Khilaf Telah Menyakiti Orang Lain

Dream - Emosi manusia sering kali bergejolak. Semua bergantung pada situasi yang dihadapinya. Rasa bosan dan penat bisa membuat emosi seseorang meluap. Hingga tanpa sadar mengeluarkan ucapan makian kepada orang lain.

Orang yang mendengarnya jadi tidak nyaman. Alhasil, dia akan menjauh dari orang yang telah memakinya.

Apalagi seperti sekarang ini, yang sebagian besar orang terpaksa beraktivitas di rumah. Stres tentu dirasakan dan jika tidak bisa dikendalikan, maka bisa menjadi amarah.

Perasaan tak nyaman akan muncul ketika kita, baik sadar maupun tidak, telah menyakiti orang lain. Hubungan pun menjadi renggang.

Jika sudah terlanjur, dianjurkan membaca doa ini. Dengan doa ini, kita memohon ampunan kepada Allah karena telah menyakiti orang lain.

 

6 dari 6 halaman

Doa Terlanjur Bikin Orang Lain Sakit Hati

 Doa Terlanjur Bikin Sakit Hati© dream.co.id

Allahumma innama ana basyarun fala tu'adzdzibni lisyatmi rajulin syatamtuhu aw adzaituhu.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku hanya manusia, maka janan Engkau siksa aku karena mencela atau menyakiti seseorang."

Terkait
Join Dream.co.id