Doa Ketika Kegelisahan Melanda

Your Story | Sabtu, 19 Oktober 2019 18:02
Doa Ketika Kegelisahan Melanda

Reporter : Ahmad Baiquni

Rasa gelisah membuat hidup tak tenang.

Dream - Saat menjalani kehidupannya, manusia tidak bisa lepas dari berbagai masalah. Datangnya masalah bahkan saling silih berganti.

Satu masalah mungkin bisa terselesaikan. Belum tenang, muncul lagi masalah baru.

Tidak jarang, masalah demi masalah tersebut membuat hati merasakan kegelisahan. Hidup pun menjadi tidak tenang.

Dalam kondisi paling parah, kegelisahan bisa mempengaruhi kejiwaan kita. Emosi menjadi tidak stabil dan cenderung ingin menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Ketika hati dilanda kegelisahan, jalan utamanya untuk meredakannya adalah dengan memohon kepada Allah. Bisa dengan cara membaca doa yang diajarkan Rasulullah kepada Ibnu Mas'ud RA.

 

2 dari 6 halaman

Doa Saat Hati Gelisah

 Doa Hati Gelisah

Allahumma ini abduka ibnu abdika ibnu amatika, nasiyati bi yadika, maadin fiya khukmuka, adlun fiyya qadhauka, asaluka bikulli ismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltahu fi kitabika, aw allamtahu ahadan min khalqika, awista’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indaka. An taj’al qur’aana rabi’a qalbi, wa nuura sadri, wa jila’a khuzni, wa dzahaba hammi.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu dan hamba sahaya-Mu, nyawaku di tangan-Mu, hukum-Mu kepadaku telah terjadi, keputusan-Mu kepadaku begitu adil. Aku meminta kepadaMu dengan semua nama yang Engkau miliki, nama yang telah Engkau berikan kepada diri-Mu sendiri, atau nama yang telah Engkau turunkan melalui kitab-Mu, atau nama yang telah Engkau ajarkan kepada salah satu dari ciptaan-Mu. Atau nama yang telah Engkau kuasai dalam ilmu ghaib milikmu. Jadikanlah Alquran sebagai bagian dari hati kami, menyinari hati kami, menghilangkan kesedihan dan kegelisahan kami."

3 dari 6 halaman

Doa Penguat Iman Untuk Para Mualaf, Yuk Ajarkan Mereka

Dream - Di awal masa hijrahnya, seorang mualaf sangat butuh dukungan untuk mempelajari Islam lebih mendalam. Bantuan sekecil apapun bisa membantu mempertebal keimanan mereka terhadap Sang Pencipta dan ajarannnya.

Bagi para mualaf, menjalankan ajaran Islam benar-benar jadi hal baru. Mereka merasa perlu banyak belajar tentang Islam.

Tentu, mereka akan menghadapi banyak cobaan iman ke depannya. Bahkan, potensi untuk kembali kepada keyakinan lama jelas menantang mereka.

Jika Sahabat Dream memiliki rekan atau kerabat yang baru memutuskan memeluk Islam, cobalah membantunya dengan mengajarkan sebuah doa dari Rasulullah Muhammad SAW.

Sang Nabi pilihan telah mengajarkan sebuah doa bagi para mualaf agar mereka istiqomah dalam Islam.

 

4 dari 6 halaman

Doa Mualaf

 Doa Mualaf

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa 'afini, warzuqni.

Artinya,

" Tuhanku, ampunilah dosaku, kasihanilah aku, berikan petunjuk untukku, afiyatkan aku, dan berikan anugerah-Mu untukku."

5 dari 6 halaman

Doa Lengkap Terbebas dari Utang Menumpuk

Dream - Utang sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Transaksi ini kerap dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya jangka pendek.

Tak cuma dibuat perseorang, banyak juga perusahaan yang mengajukan pinjaman ke bank untuk menjalankan bisnis atau ekspansi usahanya.

Islam tidak melarang seseorang berutang. Meski begitu, seorang Muslim diharuskan berhati-hati dalam berutang.

Utang harus dikelola dengan baik. Ini agar utang tidak menjadi beban yang berat.

Selain itu, berutang juga sebaiknya tidak menjadi kebiasaan. Sebab, hidup tanpa utang jauh lebih nyaman dan menentramkan.

Ketika memiliki utang, dianjurkan untuk melantunkan doa ini.

6 dari 6 halaman

Doa Bebas dari Utang

 Doa Mujarab Bebas dari Utang

Allahumma rabbas samawatis sab'i wa rabbal 'arsyil 'azhim, rabbana wa rabba kulli syaiin, faliqol habbi wan nawa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qablaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal bathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli 'annad daina wa aghnina minal faqri.

Artinya,

" Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."

Terkait
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id