Doa Ketika Hewan Kurban Akan Disembelih

Your Story | Kamis, 30 Juli 2020 06:01
Doa Ketika Hewan Kurban Akan Disembelih

Reporter : Ahmad Baiquni

Kurban, amalan mencontoh keikhlasan Nabi Ibrahim AS.

Dream - Sebentar lagi kita akan menyambut Idul Adha 1441H. Hari raya yang identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Kurban merupakan amalan sunah muakad atau sangat dianjurkan. Kedudukannya mendekati wajib.

Syariat kurban merupakan perwujudan dari keikhlasan yang diajarkan Nabi Ibrahim AS. Bapak para Nabi ini ikhlas menjalankan perintah Allah SWT dengan menyembelih putranya, Ismail namun kemudian diganti dengan gibas gemuk.

Praktik kurban umum terjadi di masyarakat hingga saat ini. Penyembelihan biasanya dilakukan dengan diwakilkan kepada orang lain, meski ada sebagian orang yang memilih menyembelih sendiri.

Biasanya, pengkurban diminta menyaksikan hewan kurbannya disembelih. Ketika momen ini, pengkurban dianjurkan untuk membaca doa berikut.

 

2 dari 6 halaman

Doa Saat Hewan Kurban Disembelih

Doa Menyembelih Hewan Kurban© Dream.co.id

Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim.

Artinya,

" Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya Ya Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Sumber: NU Online

3 dari 6 halaman

Doa Mohon Ampun dari Tindakan Berlebihan

Dream - Kita serang mendengar nasihat untuk tidak berlebih-lebihan dalam segala hal. Utamanya dalam perilaku dan tindakan.

Segala hal yang berlebihan tentu tidak baik. Karena kita bisa kehilangan faedah akibat perilaku berlebihan tersebut.

Perilaku berlebihan akan mengesankan keserakahan. Kita jadi terlihat kemaruk, tak mau berbagi dengan sesama padahal ada banyak yang lebih membutuhkan.

Berlebihan juga bisa terjadi ketika menyikapi sesuatu. Akibatnya, masalah kecil bisa jadi besar karena disikapi dengan berlebihan.

Tentu, berlebih-lebihan akan mendatangkan banyak kerugian. Tetapi seringkali kita tidak sadar melakukannya.

Kalau sudah terlanjur, lebih baik segera memohon ampunan kepada Allah. Caranya dengan membaca doa yang terdapat dalam Alquran Surat Ali Imran ayat 147 ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Tobat dari Tindakan Berlebihan

Doa Tobat dari Tindakan Berlebihan© Dream.co.id

Rabbanaghfir lana dzun?bana wa israfana f? amrina wa sabbit aqdamana wansurna 'alal qaumil kafirin.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

5 dari 6 halaman

Doa Agar Dikeluarkan dari Musibah

Dream - Bisa dibilang, tahun ini banyak terjadi musibah. Dunia sedang dilanda pandemi Covid-19.

Selain itu, sejumlah negara mengalami bencana alam mulai banjir hingga gempa bumi. Bahkan di Indonesia, gempa beberapa kali melanda dan banjir bandang menerjang beberapa daerah.

Tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban atas berbagai musibah itu. Banyak pula keluarga harus kehilangan orang yang mereka cintai.

Tentu, kita sangat berharap agar musibah yang terjadi segera berakhir. Kita sangat ingin agar segera dikeluarkan dari musibah tersebut,

Untuk itu, dianjurkan untuk memperbanyak istighfar sekaligus memohon kepada Allah. Salah satunya dengan mengistiqamahkan doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW ini agar terbebas dari musibah.

 

6 dari 6 halaman

Doa Terbebas dari Musibah

Doa Lepas dari Musibah© Dream.co.id

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mas tatho'tu a'udzubika min syarri ma shana'tu abu u laka bi ni'matika 'alayya wa abu u bidzhambi faghfirli wa innahu la yaghfirud dunuba illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan yang lain kecuali Engkau. Engkau yang menjadikanku. Aku adalah hamba-Mu dan tetap dalam janji-Mu. Serta perjanjian-Mu sesuai kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah kuperbuat. Aku pulang kepada-Mu dengan pemberian nikmat-Mu kepadaku. Dan aku merasa berbuat dosa. Untuk itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

Terkait
Join Dream.co.id