Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya Jika Dibaca Rutin, Bisa Terlindung dari Gangguan Setan

Your Story | Selasa, 7 Desember 2021 13:30

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Usahakan setiap keluar rumah tidak lupa membaca doa ini untuk memohon perlindung-Nya.

Dream – Islam mengajarkan untuk selalu berdoa saat memulai mupun selesai melakukan sesuatu. Doa menjadi bentuk komunikasi antara hamba dengan Tuhan. Berdoa menunjukkan seorang hamba sangat bergantung kepada Allah SWT.

Berdoa juga dianjurkan dilafalkan saat keluar rumah untuk bepergian. Tak hanya mendatangkan pahala saja, membaca doa keluar rumah juga membuat kita menyadari bahwa Allah SWT lah yang akan memberikan perlindungan dan menjaga diri kita selama berada di luar rumah.

Bahkan doa keluar rumah ini memiliki berbagai keutamaan yang istimewa jika sahabat Dream benar-benar membacanya setiap akan bepergian. Berikut adalah doa keluar rumah dan beberapa keutamaannya yang dirangkum oleh Dream dari Merdeka.com.

Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya Jika Dibaca Rutin, Bisa Terlindung dari Gangguan Setan
Doa Keluar Rumah (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)
2 dari 4 halaman

Doa Keluar Rumah

 Doa Keluar Rumah© Freepik.com

Saat akan keluar rumah untuk bepergian, usahakan agar sahabat Dream tidak lupa membaca doa keluar rumah terlebih dahulu. Hal ini dalam upaya memohon kepada Allah SWT supaya selalu dalam lindungan-Nya selama kita sedang bepergian. Berikut adalah doa keluar rumah yang bisa sahabat Dream hafalkan dengan mudah:

بِسْمِاللَّهِتَوَكَّلْتُعَلَىاللَّهِوَلاحَوْلَوَلاقُوَّةَإِلاَّبِاللَّه

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm.

Artinya: “ Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Bahkan doa keluar rumah ini juga telah disebutkan dalam sebuah hadis yang menjelaskan bahwa dengan membaca doa ini, maka bisa menyingkirkan setan. Hal ini karena orang tersebut telah mendapatkan penjagaan dari Allah SWT. Berikut adalah arti dari hadis tersebut:

Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucap ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah’ (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu: ‘Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga’. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: ‘Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini shahih).

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa selain doa tersebut, ada lagi doa keluar rumah lainnya yang bisa kamu baca. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

بِسْمِاللَّهِتَوَكَّلْتُعَلَىاللَّهِ،اللَّهُمَّإِنِّيْأَعُوْذُبِكَأَنْأَضِلَّأَوْأُضَلَّ،أَوْأَزِلَّأَوْأُزَلَّ،أَوْأَظْلِمَأَوْأُظْلَمَ،أَوْأَجْهَلَأَوْيُجْهَلَعَليَّ

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.

Artinya: “ Dengan nama Allah, aku betawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.”

3 dari 4 halaman

Zikir saat Keluar Rumah

Tak hanya doa keluar rumah saja yang bisa sahabat Dream panjatkan. Tetapi ada juga zikir saat akan keluar yang bisa kamu baca. Bahkan zikir tersebut tidaklah terlalu panjang, sehingga akan sangat mudah untuk dihafalkan dan dibaca setiap akan keluar rumah. Berikut adalah bacaan zikir saat keluar rumah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya.

Artinya: “ Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan atau disesatkan orang lain, dari ketergelinciran diriku atau digelincirkan orang lain, dari menzolimi diriku atau dizolimi orang lain, dari kebodohan diriku atau dijahili orang lain.”

4 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Keluar Rumah

 Keutamaan Doa Keluar Rumah© Pixabay.com

Setelah mengetahui bacaan doa keluar rumah, berikut ini adalah beberapa keutamaan yang bisa sahabat Dream dapatkan:

Mendapat Petunjuk yang Benar

Keutamaan yang pertama dengan membaca doa keluar rumah adalah bisa mendapatkan petunjuk ke jalan yang benar. Hal ini karena sahabat Dream telah memohon perlindungan pada Allah SWT dengan memanjatkan doa tersebut. Orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, maka tak akan mungkin ada pihak lain yang akan membuatmu tersesat.

Diberikan Kecukupan

Dengan membaca doa keluar rumah, maka sahabat Dream akan mendapatkan kecukupan dalam setiap hajat yang akan dilakukan. Baik itu yang ada di dunia maupun di akhirat.

Terlindung dari Setan

Setan suka menganggu manusia. Namun ketika manusia tersebut berdoa kepada Allah SWT untuk memohon perindungan-Nya, maka Allah SWT pun akan menjagamu agar tidak mendapat gangguan dari setan. Bahkan setan pun akan menjauh dari orang-orang yang sudah membentengi dirinya dengan doa.

Jika pun nantinya ada setan yang mengganggu, maka setan lainnya akan mengatakan pada setan tersebut seperti dalam hadis yang telah disebutkan sebelumnya, “ Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu orang yang telah mendapat petunjuk, kifayah (kecukupan) dan wiqoyah (perlindungan)”.

Join Dream.co.id