Doa Istighfar di Sujud Terakhir Sholat

Your Story | Kamis, 9 Juli 2020 06:01
Doa Istighfar di Sujud Terakhir Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni

Sujud adalah momen yang tepat untuk berdoa.

Dream - Waktu berdoa yang tepat dan diyakini diijabat Allah SWT adalah ketika kita sujud saat sedang sholat. Sujud dimaknai sebagai masa seorang hamba begitu dekat dengan Tuhannya.

Dalam sujud kita bisa memanjatkan doa apapun. Baik terkait urusan dunia maupun akhirat.

Demikian pula dengan urusan memohon ampunan atas segala dosa yang diperbuat. Sangat tepat jika dilakukan dalam sujud.

Itulah mengapa terdapat anjuran untuk memperlama sujud terakhir dalam sholat. Agar kita punya kesempatan untuk memohon ampunan kepada Allah.

Rasulullah Muhammad SAW juga kerap memanfaatkan sujud terakhir untuk membaca istighfar. Bacaannya sebagai berikut.

 

2 dari 6 halaman

Doa di Sujud Terakhir

 Doa Sujud Akhir© Dream.co.id

Allahummaghfirli dzanbi kullah, diqqahu wa jullah, wa awwalahu wa akhirah, wa 'alaniyatahu wa sirrah.

Artinya,

“ Tuhanku, ampunilah aku dari segala dosa baik kecil maupun besar, awal maupun akhir, dan dosa yang terang-terangan maupun yang tersembunyi."

Sumber: NU Online

3 dari 6 halaman

Doa Saat Mendengar Kemungkinan Buruk Akan Menimpa

Dream - Kemungkinan buruk selalu ada dalam segala hal. Tentu tidak ada yang menginginkannya terjadi. Segala kemungkinan baik ataupun buruk semata menjadi sarana kita untuk berhati-hati dalam segala hal. Dengan begitu, kita bisa menyiapkan segala sesuatunya agar berjalan lancar.

Sebagai misal, adik-adik kita yang baru lulus sekolah dan hendak mendaftar perguruan tinggi. Mereka sedang menjalani ujian tulis agar bisa diterima di kampus idaman.

Belum tentu hasil ujian mereka pasti bagus semua. Masih ada kemungkinan hasilnya ternyata tak sesuai harapan.

Nah, ketika mengetahui adanya kemungkinan buruk tersebut, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Agar Kemungkinan Buruk Tak Terjadi

 Doa Kemungkinan Buruk© Dream.co.id

Allahumma la ya'ti bil hasanati illa anta, wa la yazhabu bis sayyiati illa anta, wa la haula wa la quwwata illa billah.

Artinya,

" Ya Allah, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engkau. Tiada pula yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Singgah di Tempat Asing Saat Bepergian

Dream - Bepergian baik jarak jauh maupun dekat sudah jadi bagian dari kehidupan setiap orang. Ketika menempuh perjalanan yang jauh dan memakan waktu panjang, kadangkala kita singgah sejenak di suatu tempat.

Istirahat sejenak dari perjalanan jarak jauh terpaksa dilakukan bisa karena sekadar merebahkan tubuh atau kendaraan yang digunakan mengalami kerusakan dan harus diistirahatkan pula.

Tidak jarang pula kita berhenti di tempat asing. Kita sama sekali belum pernah singgah di tempat tersebut. Kita pun merasa asing. Sebab belum pernah berada di tempat itu sebelumnya.

Ketika singgah di suatu tempat saat sedang bepergian, dianjurkan membaca doa ini.

6 dari 6 halaman

Doa Ketika Singgah di Suatu Tempat

 Doa Singgah© Dream.co.id

Allahumma rabbas samawatis sab'i wa ma adhlalna, wa rabba aradlinal sab'i wa ma aqlalna, wa rabbasy syayatini wa ma adhlalna, wa rabbal riha wa ma dzaraina, fa inna nas aluka khaira hadzihi qaryati wa ahliha, wa na'udzubika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri ma fiha.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, Tuhan langit yang tujuh dan para penghuninya, dan Tuhan Bumi yang tujuh dan apa yang dipikulnya, dan Tuhan setan-setan dan apa-apa yang disesatkannya, dan Tuhan angin dan apa-apa yang diterbangkannya. Kami benar-benar meminta kepada-Mu kebaikan daerah ini dan kebaikan para penghuninya, dan kami berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini dan keburukan penghuni dan keburukan apa-apa yang ada di dalamnya."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id