Doa Ini Bikin Malaikat Sibuk Catat Pahalamu

Your Story | Senin, 18 Oktober 2021 06:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Doa ini sebagai ungkapan terima kasih kita atas semua sunah yang diajarkan Rasulullah.

Dream - Rasulullah Muhammad SAW diutus Allah SWT untuk menjadi panutan kita. Tugas Rasulullah adalah menyempurnakan akhlak.

Semasa hidupnya Rasulullah senantiasa mengajarkan banyak sunah kepada umatnya. Ini semata agar umat Rasulullah hidup dengan akhlak yang luhur.

Sunah Rasulullah terbentang dalam banyak hal. Mulai dari urusan domestik seperti bersuci, buang hajat, berpakaian, berumah tangga, hingga soal interaksi sosial maupun politik.

Semua diajarkan Rasulullah langsung melalui ucapan, perilaku, serta sikap. Ini agar umatnya dapat meneladani sunah tersebut.

Kita tentu perlu bersyukur dan mengucap terima kasih kepada Rasulullah. Karena sunah Rasulullah bisa menjadi pembimbing kita menjalani hidup.

Untuk itu, dianjurkan membaca doa ini. Dalam hadis riwayat Imam Thabrani, seorang membaca doa ini akan membuat 70 malaikat sibuk mencatat pahalamu.

 

Doa Ini Bikin Malaikat Sibuk Catat Pahalamu
Berdoa Di Tepi Danau (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Pembuat Malaikat Sibuk

جَزَى اللَّهُ عَنَّا مُحَمَّدًا بِمَا هُوَ أَهْلُهُ ، أَتْعَبَ سَبْعِينَ كَاتِبًا أَلْفَ صَبَاحٍ

Jazallahu 'anna Muhammadan bi ma huwa ahluhu

Artinya,

" Semoga Allah membalas Nabi Muhammad SAW atas kebaikannya kepada kami dengan sesuatu yang sesuai kedudukannya."

Sumber: Harakah.id

3 dari 6 halaman

Setiap Selesai Sholat, Rasulullah Selalu Membaca Doa Ini

Dream - Sholat fardu adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Amalan ini tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun karena dapat mengakibatkan dosa besar.

Karena dianggap fardu, mungkin banyak dari kita merasa jika sudah sholat maka sudah cukup. Begitu selesai, kita langsung kembali beraktivitas.

Padahal, kita dianjurkan untuk duduk sejenak untuk berzikir dan berdoa. Malah dalam sebuah riwayat Imam Ahmad disebutkan malaikat akan mendoakan orang yang selesai sholat.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri selalu berzikir dan berdoa setiap selesai sholat. Sehingga tidak langsung kembali beraktivitas.

Dalam riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah selalu membaca doa setiap selesai sholat. Doa tersebut adalah berikut ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Rasulullah Setelah Sholat

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَرْذَلِ الْعُمُرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Allahumma inni a'udzu bika minal jubni wa a'udzu bika minal bukhli wa a'udzu bika min ardzalil 'umuri wa a'udzu bika min fitnatid dunya wa 'adzabil qabri

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, aku berlindung kepada-Mu darisifat kikir, aku berlindung kepada-Mu dari hinanya umur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan azab kubur."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Ucapkan Doa Diberi Kelancaran Rezeki Ini Usai Sholat Fardlu

Dream - Setiap hari kita membutuhkan rezeki. Bentuknya berbagai macam mulai dari rezeki tanpa usaha hingga membutuhkan usaha. Terlebih di saat merasa kekurangan kita akan sering memanjatkan doa agar diberikan kecukupan rezeki.

Kebutuhan akan rezeki akan kita rasakan seumur hidup. Tidak sedetikpun kita tidak butuh rezeki.

Dari sekian banyak rezeki, kita sering meminta rezeki berupa materi karena dianggap bisa mencukupi kebutuhan hidup. Dengan harapan bisa berbagi dengan sesama.

Keinginan yang diharapkan semua orang adalah mendapatkan rezeki materi yang dapat mendatangkan berkah dengan mengucapkan doa setiap hari..

Untuk mendapatkan rezeki dengan lancar, dianjurkan membaca doa ini usai sholat fardlu.

 

6 dari 6 halaman

Doa Rezeki

يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ اَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك‌َ

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id