Doa Diberi Kemudahan Lunasi Utang, Pendek dan Insya Allah Mustajab

Your Story | Jumat, 25 September 2020 06:01
Doa Diberi Kemudahan Lunasi Utang, Pendek dan Insya Allah Mustajab

Reporter : Ahmad Baiquni

Ada beragam doa untuk memohon kemudahan melunasi utang. Doa ini salah satunya.

Dream - Di saat kesulitan, utang memang sangat terasa manfaatnya. Masalah bisa hilang sekejap berkat utang. Tetapi, jangan sampai terlena dengan kenikmatan utang ya. Sebab, kamu bisa terbebani karena harus mengembalikannya.

Utang memang boleh-boleh saja. Tapi, ingat, harus dikembalikan agar hidupmu tenang.

Nah, mungkin ada sebagian dari kita saat ini sedang kesulitan mengembalikan utang. Sudah ada niat, tapi tak ada uang untuk pelunasan.

Jalan satu-satunya, tidak lain yaitu dengan memohon kepada Allah agar diberikan rezeki. Dengan begitu, kita bisa membayar utang.

Ada banyak doa yang bisa kita amalkan untuk memohon kemudahan dari Allah agar bisa melunasi utang. Doa ini salah satu yang dianjurkan, pendek namun Insya Allah mustajab.

 

2 dari 6 halaman

Doa Mudah Lunasi Utang

Doa Pendek Utang Lunas© Dream.co.id

Ya man yakfi min kulli syaiin wa la yakfi minhu syaiun. Ya Allahu ya rabba muhammadin, iqdli 'annid daina.

Artinya,

" Wahai Dzat yang tidak membutuhkan segala sesuatu dan segala sesuatu membutuhkan-Nya. Ya Allah, Tuhannya Muhammad, lunasilah dari utang."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Saat Kehilangan Sesuatu Agar Cepat Ketemu

Dream - Kehilangan barang bisa membuat kita jadi bingung. Belum lagi jika barang itu sangat dibutuhkan.

Kita bisa menjadi stres saat kehilangan barang. Terutama jika barang tersebut merupakan sesuatu yang sangat berharga.

Seperti kenangan dari orangtua yang sudah meninggal. Atau peninggalan pasangan yang sudah tiada.

Kehilangan barang semacam itu dapat menjadi beban baru dalam hidup kita. Rasa sedih tidak bisa kita hindarkan karena barang itu punya nilai yang sangat berarti.

Ketika ada barang hilang, ucapkanlah doa ini. Insya Allah, doa ini dapat menjadi jalan agar barang tersebut dapat segera ditemukan.

4 dari 6 halaman

Doa Barang Hilang

Doa Barang Hilang© Dream.co.id

Ya hadiyadl dlalli wa raddadl dlallati urdud 'alaya dhallati bi 'izzatika wa sulthonika wa innaha min 'athoika wa fadllika.

Artinya,

" Ya Allah, Dzat yang memberi petunjuk bagi orang tersesat, yang mengembalikan barang hilang, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu. Sesungguhnya barang itu adalah bagian dari pemberian dan karunia-Mu."

Sumber: Laduni.id

5 dari 6 halaman

Doa Utang Segera Lunas, Dianjutkan Dibaca Sebelum Tidur

Dream - Dalam kehidupan masa kini, utang tampaknya sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Salah satu sebabnya, utang dapat menjadi jalan cepat bagi seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.

Apalagi bagi orang yang sudah sangat membutuhkan sesuatu. Sementara, pendapatannya belum mencukupi untuk mengakses kebutuhan tersebut.

Meski sudah jadi hal biasa, kita harus berhati-hati dengan utang. Jangan sampai utang berubah menjadi beban hidup lantaran tidak segera dilunasi.

Pastikan kita mampu melunasinya sebelum memutuskan untuk berutang. Jika tidak, utang akan membuat hidup menjadi berat lantaran sebagian rezeki harus tersedot untuk pelunasan.

Alangkah bahagianya seseorang yang telah mampu melunasi utangnya. Dia sudah tidak lagi terbebani dengan pinjaman sehingga pendapatannya bisa sepenuhnya untuk kebutuhan hidup.

Nah, agar utang bisa segera lunas, dianjurkan membaca doa ini yang terdapat dalam hadis riwayat Imam Muslim. Dianjurkan pula mengamalkan doa ini sebelum tidur.

6 dari 6 halaman

Doa Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur© Dream.co.id

Allahumma rabbas samawatis sab'i wa rabbal 'arsyil 'azhim, rabbana wa rabba kulli syaiin, faliqol habbi wan nawa wa munzilat tawrati wal injil wal furqan. A'udzu bika min syarri kulli syai in anta akhidzum bina shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qablaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fawqoka syaiun, wa antal bathinu falaysa dunaka syaiun, iqdhi 'annad daina wa aghnina minal faqri.

Artinya,

" Ya Allah, Tuhan yang menguasai langit yang tujuh, Tuhan yang menguasai 'Arsy yang agung, Tuhan kami dan Tuhan segala sesuatu. Tuhan yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Tuhan yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya. Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."

Terkait
Join Dream.co.id