Doa Diberi Kemudahan saat Ujian, Lengkap dengan Tips agar Lulus

Your Story | Kamis, 19 Mei 2022 06:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Menjelang ujian, berdoa sangat penting agar proses ujian diberi kemudahan dan kelancaran.

Dream – Berdoa agar lulus ujian menjadi harapan semua siswa yang tahun ini hendak mengikuti ujian SBMPTN. Tak hanya bagi pelajar, banyak juga para pencari kerja yang rutin memanjatkan doa lulus dari seleksi kerja ketika melihat persaingan cukup ketat. Selain berusaha, berdoa memang menjadi salah satu ikhtiar agar keinginan terwujud.

Bagi seseorang yang akan berhadapan dengan ujian tentunya membuat perasaan diselimuti dengan rasa tidak tenang. Ada kekahwatiran ujian akan berlangsung sulit sehingga kepala kita dihantui kekhawatiran tak bisa mengerjakan soal dengan lancar. 

Namun satu hal yang tidak boleh Sahabat Dream lupakan adalah Allah SWT yang memiliki kuasa atas apapun. Dengan memanjatkan doa diberi kemudahan saat ujian kita berharap agar Allah memudahkan seluruh proses yang akan atau sedang dihadapi.

Hikmah berdoa dan berserah diri lainnya adalah hati kamu akan menjadi lebih tenang. Ketika semua sudah diamalkan secara sungguh-sungguh, Insya Allah proses ujianmu akan diberi kelancaran oleh Allah SWT hingga akhir.

Doa dan usaha haruslah berjalan secara beriringan. Jangan sampai ada salah satu yang ditinggalkan. Dengan memanjatkan doa lulus ujian, apa yang sahabat Dream harapkan pun bisa segera terwujud.

Berikut adalah bacaan doa diberi kemudahan saat ujian dilengkapi dengan tips agar ujian bisa lulus sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Doa Diberi Kemudahan saat Ujian, Lengkap dengan Tips agar Lulus
Doa Diberi Kemudahan Saat Ujian (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Doa Diberi Kemudahan saat Ujian

 Doa Diberi Kemudahan saat Ujian© Shutterstock.com

Jika sahabat Dream sebentar lagi akan berhadapan dengan ujian, maka berikut ini adalah doa diberi kemudahan saat ujian yang bisa kamu amalkan:

Doa Nabi Muhammad saw

" اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا علَّمتني، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahuma anfa'anii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanf'unii wazidnii 'ilman walhamdulillahi 'alaa kulli haalin.

Artinya: “ Ya Allah, berilah aku manfaat melalui ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan, dan segala puji bagi Allah dalam semua keadaan.”

Doa Nabi Musa as

Selain itu, sahabat Dream juga bisa mengamalkan doa diberi kemudahan saat ujian dari Nabi Musa as berikut ini:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.

Artinya: “ Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Doa agar Diberikan Kemudahan

Berikut adalah bacaan doa agar diberikan kemudahan yang bisa sahabat Dream amalkan:

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.

Artinya: “ Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” 

3 dari 3 halaman

Tips agar Ujian Bisa Lulus

 Tips agar Ujian Bisa Lulus© Shutterstock.com

Setelah mengetahui bacaan doa diberi kemudahan saat ujian, akan semakin lengkap jika sahabat Dream juga melakukan beberapa tips ketika hendak menghadapi ujian. Tips-tips ini akan membantu kamu agar bisa lulus dari ujian tersebut. Berikut adalah beberapa tips agar ujian bisa lulus yang bisa sahabat Dream praktikkan:

Belajar dengan Sungguh-sungguh

Tips yang pertama agar ujian bisa lulus adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Belajar memiliki peran yang sangat besar bagi seseorang yang hendak menghadapi ujian. Karena dengan belajar, maka kamu bisa lebih siap untuk menjawab soal-soal.

Cara belajar setiap orang pun berbeda-beda. Misalnya dengan mengerjakan soal-soal dan membaca materi yang akan diujikan dan berusaha memahaminya. Dengan belajar sungguh-sungguh, maka seseorang pun akan terhindar dari perbuatan menyontek karena ia bisa mengandalkan pikirannya sendiri.

Istirahat Cukup

Dalam menghadapi ujian, belajar memang sangatlah penting. Namun, istirahat pun juga sama pentignya. Pastikan sahabat Dream bisa beristirahat secara cukup agar ketika hari ujian tiba, kamu tidak jatuh sakit karena kelelahan belajar. Sakit di saat ujian benar-benar tidak nyaman dan berisiko besar menggganggu konsentrasimu. Tentu ini tidak baik untuk hasil ujianmu.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Selain beristirahat secara cukup, tips selanjutnya agar ujian lulus adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan juga memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat, maka hal ini bisa memicu datangnya penyakit.

Tetapi jika makanan yang sahabat Dream konsumsi sehat dengan mengandung gizi yang dibutuhkan, maka itu tidak hanya berdampak pada tubuh saja, tetapi juga kepada otak kita. Oleh karena itu, pastikan makananmu benar-benar bergizi. Dan makanan bergizi itu tidak perlu yang mahal lho, sahabat Dream.

Mengurangi Hal yang Kurang Bermanfaat

Tips menghadapi ujian agar lulus yang berikutnya adalah dengan mengurangi hal yang kurang bermanfaat. Misalnya saja tidak berlama-lama mengakses media sosial atau bermain game. Karena mengakses media sosial dan bermain game biasanya menimbulkan kecanduan.

Bahkan waktu lama yang kamu gunakan untuk bermain bisa saja tidak terasa. Bayangkan, waktu tersebut sudah kamu lewatkan begitu saja yang seharusnya bisa kamu isi dengan hal bermanfaat, seperti belajar dan istirahat.

Fokus

Tips yang terakhir adalah fokus. Memfokuskan diri ini sangatlah penting agar ketika menghadapi ujian bisa benar-benar fokus dan tidak mudah teralihkan pikirannya. Jadi, soal ujian pun bisa dikerjakan secara lancar dan mudah.

Join Dream.co.id