Doa Bangun Tidur dan Adab-Adabnya yang Perlu Diketahui Setiap Muslim

Your Story | Jumat, 3 Desember 2021 19:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Berdoa saat bangun tidur adalah bentuk rasa syukur karena bisa bangun kembali dan melanjutkan aktivitas.

Dream – Aktivitas apa yang biasa sahabat Dream lakukan setelah bangun tidur? Setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun ada satu hal yang jangan sampai terlupakan, yakni membaca doa bangun tidur. Di saat kamu akan tidur pun dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Jangan yang menyadari jika bangunnya Sahabat Dream dari tidur tak terlepas dari kuasa Allah SWT. Ini juga menjadi bentuk rasa syukur karena kamu masih diberikan kesempatan bangun kembali dengan kondisi tubuh yang lebih segar dan melanjutkan aktivitas harian seperti biasanya. Tentunya dengan membaca doa bangun tidur ini memiliki banyak manfaat yang akan kamu dapatkan.

Bacaan doa bangun tidur yang pendek pun mudah sekali untuk kamu hafalkan atau diajarkan kepada anak-anak. Jika sudah hafal, maka hal tersebut bisa secara otomatis kamu baca setelah bangun.

Berikut adalah bacaan doa bangun tidur disertai dengan adab-adab yang dilakukan setelah bangun, sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

Doa Bangun Tidur dan Adab-Adabnya yang Perlu Diketahui Setiap Muslim
Doa Bangun Tidur Dan Adab Setelah Bangun (Foto Ilustrasi: Pixabay.com)
2 dari 4 halaman

Doa Bangun Tidur

 Doa Bangun Tidur© Freepik.com

Saat kamu sudah bangun dari tidurmu, maka jangan lupa untuk membaca dia bangun tidur. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa kamu hafalkan dengan mudah dan cepat:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

 Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.”

3 dari 4 halaman

Adab-adab saat Bangun Tidur

 Adab-adab saat Bangun Tidur© Flickr.com/Anwar Abe

Islam telah mengatur segala hal tentang kehidupan manusia dengan adabnya masing-masing. Meski hal itu sederhana sekali pun seperti bangun tidur, tetaplah memiliki adab yang penting untuk diketahui oleh umat Islam. Apalagi tidur sendiri adalah sebuah nikmat yang sangat besar.

Di mana sahabat Dream bisa beristirahat sejenak dari rutinitas yang memberatkan. Kemudian dibangunkan kembali dengan kondisi tubuh dan pikiran yang lebih baik. Sehingga akan lebih siap dan memiliki kekuatan lebih untuk melanjutkan aktivitasnya.

Salah satu adab saat bangun tidur adalah membaca doa bangun tidur dan beberapa adab lainnya adalah sebagai berikut yang dikutip melalui Muslim.or.id:

Membaca Doa Bangun Tidur dan Banyak

Saat bangun tidur, setiap umat Islam dianjurkan untuk membaca doa bangun tidur seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anjuran untuk membaca doa bangun tidur ini pun juga sudah ada dalam sebuah hadis dari Hudzaifah bin Al Yaman:

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ إذا أخذ مضجعه من الليلِ قال : ( اللهم باسمك أموت وأحيا ) . فإذا استيقظ قال :(الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ )

Artinya: “ Biasanya Rasulullah saw ketika berbaring di tempat berbaringnya (untuk tidur) ketika malam hari, beliau berdoa: ‘Allahumma bismika amuutu wa ahyaa’ (Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup).

Mencuci Tangan

Adab selanjutnya setelah membaca doa bangun tidur adalah mencuci tangan sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana atau melakukan aktivitas yang lainnya. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis Bukhari dan Muslim:

إذا استيقظ أحدُكم من نومِهِ، فلا يَغْمِسْ يدَه في الإناءِ حتى يغسلَها ثلاثًا . فإنه لا يَدْرِي أين باتت يدُه

Artinya: Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui di mana letak tangannya semalam.” (HR. Bukhari no. 162, Muslim no. 278).

Dalam hal ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Di mana pendapat tentang larangan mencelupkan tangan ke dalam bejana (semua tempat yang menyimpan air) dalam hadis ini apakah hukumnya makruh atau haram.

Lalu menurut ulama Hanabilah, hal tersebut hukumnya makruh dan mencuci tangan hukumnya sunah. Hal ini didasarkan pada sebuah dalil dalam ayat Al-Quran surat Al-Maidah ayat 6:

إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ

Artinya: Jika kalian berdiri untuk sholat maka cucilah wajah-wajah kalian.” (QS. Al-Maidah: 6).

4 dari 4 halaman

Adab-adab saat Bangun Tidur

Bersiwak

Adab bangun tidur lainnya yang disarankan untuk dilakukan adalah bersiwak. Hal ini menurut sebuah hadis dari Al Bukhari dan Muslim:

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم إذا قام مِن الليلِ يَشُوصُ فاه بالسواكِ

Artinya: “ Biasanya Nabi saw jika bangun di malam hari beliau menggosok-gosok mulutnya dengan siwak.” (HR. Al Bukhari no. 245, Muslim no. 255).

Kenapa dipilih siwak untuk membersihkan bagian mulut? Hal ini karena dengan siwak bisa memberikan manfaat berupa hilangnya bau mulut setelah bangun tidur. Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh Shalil Al Fauzan berikut ini:

وذلك لأن النوم تتغير معه رائحة الفم؛ لتصاعد أبخرة المعدة، والسواك في هذه الحالة ينظف الفم من آثارها

Artinya: Ini dianjurkan karena ketika tidur bau mulut biasanya berubah, disebabkan uap dari perut yang naik. Dan dalam keadaan ini, dengan bersiwak akan menghilangkan bau yang tidak sedap di mulut.” (Al Mulakhas Al Fiqhi, 1/36).

Berwudu

Setelah itu, hal yang perlu sahabat Dream lakukan adalah berwudu. Karena saat kamu bangun, biasanya tubuh masih terasa malas untuk bangkit. Nah, di saat inilah kamu bisa membaca dzikir dan langsung pergi mengambil air wudu untuk menghilangkan rasa malas tersebut. Dijelaskan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda:

يَعقِدُ الشَّيطانُ عَلى قافيَةِ رأسِ أَحدِكُم إذا هوَ نام ثَلاثَ عُقدٍ، يَضرِبُ كلَّ عُقدةٍ مَكانَها: عليكَ ليلٌ طويلٌ فارقُدْ، فإنِ استَيقظَ فذَكَر اللهَ انحلَّت عُقدةٌ، فإن تَوضَّأ انحلَّت عُقدةٌ، فإن صلَّى انحلَّت عُقدُه كلُّها، فأَصبحَ نَشيطًا طيِّبَ النَّفسِ، وإلَّا أَصبحَ خَبيثَ النَّفسِ كَسلانَ

Artinya: Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: “ malammu masih panjang, teruslah tidur”. Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia shalat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas” (HR. Bukhari no. 1142, Muslim no. 776).

Segera Melaksanakan Sholat

Setelah sebelumnya sudah mengambil air wudu, maka hendaklah kamu segera menjalankan sholat. Karena jika menunda-nunda, rasa malas akan terus menghantui. Anjuran untuk segera menunaikan sholat setelah bangun tidur pun juga telah dijelaskan, Al ‘Aini berkata:

يَنْبَغِي أَن يجْتَهد المستيقظ على أَدَاء صَلَاة الْفجْر شكرا لله على حَيَاته وإعادة روحه إِلَيْهِ، وَيعلم أَن لإقامتها فضلا عَظِيما

 Artinya: Hendaknya orang yang bangun tidur bersungguh-sungguh untuk segera mengerjakan sholat fajar (subuh), sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas kehidupan yang Allah berikan dan atas dikembalikannya ruh ke dalam tubuh kita. Dan hendaknya ia memahami bahwa hal itu merupakan nikmat yang besar.” (Umdatul Qari, 5/70).

Join Dream.co.id