Doa Agar Meraih Kesuksesan di Masa Depan

Your Story | Selasa, 16 Februari 2021 06:01
Doa Agar Meraih Kesuksesan di Masa Depan

Reporter : Ahmad Baiquni

Masa depan bisa kita persiapkan sejak saat ini.

Dream - Hidup tidak hanya sekadar soal hari ini dan masa lalu. Tapi masih ada masa depan yang akan dilalui. Mungkin kita sering mendengar petuah menyebutkan apa yang terjadi hari ini adalah bekal masa depan. Petuah ini benar adanya.

Apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi kenangan di masa depan. Juga menentukan akan seperti apa kita nanti.

Sebagai seorang muslim kita perlu mempersiapkan masa depan sejak saat ini. Jika ingin sukses di masa yang akan datang, maka upaya tersebut harus dipupuk sejak sekarang.

Selain itu, agar upaya kita membuahkan kesuksesan, dianjurkan membaca doa ini.

 

2 dari 6 halaman

 Doa Masa Depan© Dream.co.id

Allahummarzuqni nafsan muthmainnah tuqina bi wa'dika wa tusallimu li amrika wa tardla bi qodlaika.

Artinya,

" Ya Allah, berilah aku rizeki jiwa yang tenang, yang yakin terhadap janji-Mu, pasrah terhadap keputusan-Mu, dan ridha terhadap takdir-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Menjadi Pribadi Yang Menjaga Kejujuran

Dream - Setiap manusia dibekali beragam sifat pada dirinya. Tetapi, sifat-sifat tersebut saling bertolak belakang. Misalnya saja, seseorang bisa menjadi dermawan namun dalam dirinya juga ada sifat pelit. Atau ada sifat pasrah sekaligus mudah iri.

Karena itulah setiap anak yang lahir dianjurkan untuk dididik dengan kebaikan. Agar kecenderungan untuk bersifat buruk bisa ditangani oleh dirinya sendiri.

Salah satu sifat baik namun cukup susah dilakukan adalah jujur. Sifat ini mungkin sulit diterapkan saat ini, apalagi jika dalam kondisi tertentu.

Sementara, kejujuran adalah kunci seseorang bisa diterima orang lain. Dengan jujur, kita bisa mendapat kepercayaan dari banyak orang.

Agar menjadi pribadi yang menjaga kejujuran, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Tirmizi dari Abdullah bin Abbas RA.

 

4 dari 6 halaman

 Doa Jujur© Dream.co.id

Rabbi a'inni wa la tu'in 'alayya wanshurni wa la tanshur 'alayya wamkurli wa la tamkur 'alayya wahdini wa yassiril huda ilayya wanshurni 'ala man bagha 'alayya rabbij'alni laka syakkaral laka dzakkaran laka rahhaban laka mithwa'an ilaika mukhbitan awwahan muniban rabbi taqobbal tawbati waghsil hawbati wa ajib da'wati wa tsabbit hujjati wahdi qolbi wa saddid lisani waslul sakhimata qolbi.

Artinya,

" Wahai Tuhanku, tolonglah aku dan jangan tolong musuhku terhadapku, menangkanlah aku dan jangan menangkan musuhku atasku, buatlah makar bagiku dan jangan buat makar kepadaku, tunjukilah aku dan mudahkanlah petunjuk kepadaku, dan menangkanlah aku atas orang-orang yang durhaka teradapku. Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang banyak bersyukur kepada-Mu, banyak berzikir kepada-Mu, orang yang takut kepada-Mu, orang yang taat kepada-Mu, orang yang khusyuk kepada-Mu, dan orang yang bertobat kepada-Mu. Wahai Tuhanku, terimalah tobatku, cucilah kegelisahanku, kabulkanlah doaku, tunjukilah hatiku, teguhkanlah hujjahku, tepatkanlah lisanku, dan cabutlah dendamku.”

5 dari 6 halaman

Doa Saat Cuci Tangan Sebelum Makan

Dream - Makanan, kebutuhan utama makhluk hidup. Dari makanan, kita mendapatkan energi yang bermanfaat sehingga bisa melanjutkan hidup.

Makanan melibatkan hal fisik maupun kimia. Karena setiap makanan akan dicerna menjadi bahan kimia agar bisa diserap oleh tubuh.

Kita dianjurkan untuk mencuci tangan ketika hendak makan. Ini dimaksudkan agar tubuh kita tidak kemasukan zat berbahaya berbarengan dengan makanan.

Sebenarnya, mencuci tangan juga salah satu ajaran Islam. Karena dengan mencucinya, kita bisa memastikan tangan bersih sehingga aman untuk makan.

Ketika mencuci tangan sebelum makan, dianjurkan pula membaca doa ini.

 

6 dari 6 halaman

 Doa Cuci Tangan© Dream.co.id

Alhamdulillahil ladzi yuth'imu wa la yuth'am manna 'alaina fa hadana wa ath'amana wa saqona wa kulla bala-in hasanin ablana. Alhamdulillahi ghoira muwadda'in wala mukafain wala makfurin wala mustaghnan 'anhu. Alhamdulillahil ladzi ath'ama minat tho'ami wa saqo minas syarabi wa kasa minal 'uryi wa hada minad dlalalati wa bashshara minal 'ama wa fadldlala 'ala katsirin min kholqihi tafdlilan. Alhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya,

" Segala puji hanya milik Allah, Dzat yang selalu memberi makanan dan tak pernah diberi makanan, memberi anugerah kepada kami, lalu memberi petunjuk, memberi makanan dan minuman kepada kami, memberikan ujian yang baik kepada kami. Segala puji hanya Allah, dengan pujian yang tidak pernah berakhir, dengan penuh harapan kepada Tuhanku, dengan pujian yang tak tertandingi, pujian yang tak bisa diingkari. Segala puji hanya milik Allah, Dzat yang telah memberikan makanan dan minuman, memberi pakaian kepada hamba yang telanjang, memberikan petunjuk dari kesesatan, memberikan penglihatan kepada hamba-Nya yang tunanetra, memberikan banyak karunia kepada makhluk yang telah dicipta-Nya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam."

Sumber: Bincang Syariah

Terkait
Join Dream.co.id