Doa Agar Mendapatkan Petunjuk Kebaikan Diri

Your Story | Selasa, 16 Februari 2021 20:00
Doa Agar Mendapatkan Petunjuk Kebaikan Diri

Reporter : Ahmad Baiquni

Kita dianjurkan untuk lebih dulu memohon bagi diri sendiri sebelum orang lain.

Dream - Bagi Muslim, doa adalah senjata. Segala sesuatu bisa terwujud lewat doa yang dipanjatkan dengan tulus kepada Allah SWT.

Dalam berdoa, tentu kita memohon segala kebaikan. Tidak boleh kita berdoa dengan permohonan buruk seperti laknat maupun kutukan kepada orang lain.

Karena doa akan berdampak pada diri sendiri sebelum kepada orang lain. Sehingga, dianjurkan untuk memohon kebaikan untuk diri sendiri sebelum untuk orang lain.

Anjuran ini bukan mengarahkan kita menjadi egois tetapi merupakan adab dalam berdoa. Setelah memohon kebaikan diri, barulah kita bisa mendoakan orang lain.

Salah satu doa yang bisa dibaca agar mendapatkan kebaikan diri adalah berikut ini. Doa ini ada dalam hadis riwayat Imam Muslim.

 

2 dari 6 halaman

 Doa Kebaikan Diri© Dream.co.id

Allahummaghfirli warhamni wahdini warzuqni.

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah aku petunjuk, selamatkan aku, dan berikanlah rezeki kepadaku."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Agar Meraih Kesuksesan di Masa Depan

Dream - Hidup tidak hanya sekadar soal hari ini dan masa lalu. Tapi masih ada masa depan yang akan dilalui. Mungkin kita sering mendengar petuah menyebutkan apa yang terjadi hari ini adalah bekal masa depan. Petuah ini benar adanya.

Apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi kenangan di masa depan. Juga menentukan akan seperti apa kita nanti.

Sebagai seorang muslim kita perlu mempersiapkan masa depan sejak saat ini. Jika ingin sukses di masa yang akan datang, maka upaya tersebut harus dipupuk sejak sekarang.

Selain itu, agar upaya kita membuahkan kesuksesan, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 6 halaman

 Doa Masa Depan© Dream.co.id

Allahummarzuqni nafsan muthmainnah tuqina bi wa'dika wa tusallimu li amrika wa tardla bi qodlaika.

Artinya,

" Ya Allah, berilah aku rizeki jiwa yang tenang, yang yakin terhadap janji-Mu, pasrah terhadap keputusan-Mu, dan ridha terhadap takdir-Mu."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Menjadi Pribadi Yang Menjaga Kejujuran

Dream - Setiap manusia dibekali beragam sifat pada dirinya. Tetapi, sifat-sifat tersebut saling bertolak belakang. Misalnya saja, seseorang bisa menjadi dermawan namun dalam dirinya juga ada sifat pelit. Atau ada sifat pasrah sekaligus mudah iri.

Karena itulah setiap anak yang lahir dianjurkan untuk dididik dengan kebaikan. Agar kecenderungan untuk bersifat buruk bisa ditangani oleh dirinya sendiri.

Salah satu sifat baik namun cukup susah dilakukan adalah jujur. Sifat ini mungkin sulit diterapkan saat ini, apalagi jika dalam kondisi tertentu.

Sementara, kejujuran adalah kunci seseorang bisa diterima orang lain. Dengan jujur, kita bisa mendapat kepercayaan dari banyak orang.

Agar menjadi pribadi yang menjaga kejujuran, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Tirmizi dari Abdullah bin Abbas RA.

 

6 dari 6 halaman

 Doa Jujur© Dream.co.id

Rabbi a'inni wa la tu'in 'alayya wanshurni wa la tanshur 'alayya wamkurli wa la tamkur 'alayya wahdini wa yassiril huda ilayya wanshurni 'ala man bagha 'alayya rabbij'alni laka syakkaral laka dzakkaran laka rahhaban laka mithwa'an ilaika mukhbitan awwahan muniban rabbi taqobbal tawbati waghsil hawbati wa ajib da'wati wa tsabbit hujjati wahdi qolbi wa saddid lisani waslul sakhimata qolbi.

Artinya,

" Wahai Tuhanku, tolonglah aku dan jangan tolong musuhku terhadapku, menangkanlah aku dan jangan menangkan musuhku atasku, buatlah makar bagiku dan jangan buat makar kepadaku, tunjukilah aku dan mudahkanlah petunjuk kepadaku, dan menangkanlah aku atas orang-orang yang durhaka teradapku. Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang banyak bersyukur kepada-Mu, banyak berzikir kepada-Mu, orang yang takut kepada-Mu, orang yang taat kepada-Mu, orang yang khusyuk kepada-Mu, dan orang yang bertobat kepada-Mu. Wahai Tuhanku, terimalah tobatku, cucilah kegelisahanku, kabulkanlah doaku, tunjukilah hatiku, teguhkanlah hujjahku, tepatkanlah lisanku, dan cabutlah dendamku.”

Terkait
Join Dream.co.id