Doa Agar Istiqamah Mengikuti Sunah Rasulullah

Your Story | Senin, 18 November 2019 12:31
Doa Agar Istiqamah Mengikuti Sunah Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni

Sunah Rasul mengandung banyak kebaikan.

Dream - Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok manusia yang penuh dengan kebaikan. Sifat, perilaku, hingga tutur katanya selalu mengandung kebaikan.

Sehingga patutlah kiranya Rasulullah menjadi teladan semua manusia. Karena semua yang ada pada Rasulullah adalah kebaikan.

Bagi umat Islam, mencontoh segala yang ada pada diri Rasulullah adalah keharusan. Meski tidak semua orang bisa menjalankan seluruh sunah Sang Nabi, mulai dari bangun tidur hingga kembali terlelap.

Meski begitu, tentu kita perlu terus berupaya menjalankan sunah dan tuntunan Rasul. Niatkan semata menunjang amalan ibadah kita.

Agar kita bisa istiqamah menjalankan sunah yang dicontohkan Rasulullah, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Al Baihaqi dari Ibnu Umar RA.

 

2 dari 6 halaman

Doa Istiqamah Jalankan Sunah Nabi

 Doa Istiqamah Ikuti Sunah

Allahumma ahyini 'ala sunnati nabiyyika shallallahu 'alaihi wa salama wa tawaffani 'ala millatihi wa a'idzni min mudhillatil fitan.

Artinya,

" Ya Allah, hidupkan aku dengan senantiasa mengikuti sunnah nabi-Mu, Muhammad SAW, matikan aku di atas agamanya, dan lindungi aku dari fitnah-fitnah yang menyesatkan."

3 dari 6 halaman

Doa Mohon Perlindungan Saat Datang Angin Kencang

Dream - Musim hujan kini telah tiba. Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia telah diguyur air hujan.

Ada kalanya hujan turun sangat lebat bahkan cenderung ekstrem. Selain air, terkadang hujan lebat ini disertai angin kencang. Saking kencangnya, kekuatan angin bisa membuat pohon tumbang. Bahkan bisa merusak atap rumah.

Peristiwa pohon tumbang akibat angin kencang banyak terjadi di sekitar kita. Tentu tak pernah ada yang berharap kerusakan dari angin tersebut.

Ketika ada angin bertiup sangat kencang, memohon perlindungan kepada Allah dengan doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Angin Kencang

 Doa angin kencang

Allahumma inni as'aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya,

" Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

5 dari 6 halaman

Doa Agar Semua Takdir yang Diterima Baik

Dream - Takdir manusia berbeda-beda. Bahkan takdir yang diterima seorang manusia bisa berubah-ubah.

Bisa jadi seseorang hari ini mendapatkan takdir yang baik seperti mudahnya pekerjaan atau mendapat rezeki berlebih.

Sementara keesokan harinya justru sebaliknya. Pekerjaan terasa sulit atau rezeki tak juga datang.

Bisa pula mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti terantuk batu atau terpeleset di lantai licin. Tentu sangat tidak menyenangkan.

Sebenarnya, takdir bisa diubah. Caranya dengan memohon kepada Allah yang berkuasa atas berubahnya takdir manusia.

Bisa dengan doa di bawah ini. Doa tersebut diajarkan Rasulullah Muhammad SAW kepada istrinya, Aisyah RA, seperti diriwayatkan Imam Ibnu Majah dan Imam Ahmad.

 

6 dari 6 halaman

Doa Agar Takdir Semua Baik

 Doa Semua Takdir Baik

Allahumma inni as aluka minal khoiri kullihi 'ajilih wa ajilih ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Wa a'udzubika minasy syarri kullihi 'ajilih wa ajilih ma 'alimtu minhu wa ma lam a'lam. Allahumma inni as aluka min khoiri ma sa alaka 'abduka wa nabiyyuka muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam. Wa a'udhubika min syarri ma 'adza bihi 'abduka wa nabiyyuka. Allahumma inni as alukal jannah wa ma qarraba ilaiha min qaulin aw 'amal. wa 'audzubika minan nari wa ma qarraba ilaiha min qaulin aw 'amal. Wa as aluka an taj'ala kulla qadhain qadhaitahu li khaira.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan yang disegerakan maupun yang ditunda, apa yang aku ketahui maupun tidak aku ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, baik yang disegerakan maupun yang ditunda, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui. Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari apa yang diminta perlindungan oleh hamba dan nabi-Mu. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan atau perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu semua takdir yang Engkau tentukan baik untukku."

Terkait
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id