Doa agar Si Dia Menjadi Jodoh Kita dan Usaha yang Penting Diamalkan

Your Story | Rabu, 18 Mei 2022 20:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Agar semakin didekatkan dengan jodoh kita, maka doa dan usaha sangatlah penting.

Dream – Jodoh adalah rahasia kehidupan manusia yang jawabannya hanya diketahui Allah SWT semata. Meskipun telah menjalin asmara cukup lama, manusia pada akhirnya hanya bis berharap harapannya berjodoh dengan pria atau wanita pilihan sesuai dengan kehendak-Nya.

Meski menjadi hak mutlak Sang Kuasa, Islam telah mengajarkan kepada umatnya agar selalu berdoa dipertemukan dengan jodoh yang sesuai harapan kita. Tak terkecuali berdoa mengharapkan seorang jodoh adalah orang yang kita cintai selama ini.

Sahabat Dream bisa mengamalkan doa agar dia menjadi jodoh kita. Doa ini bisa kamu baca setelah menyelesaikan sholat fardhu.

Nah, berikut adalah bacaan doa agar dia menjadi jodoh kita serta cara-caranya yang perlu diketahui sebagaimana telah dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

Doa agar Si Dia Menjadi Jodoh Kita dan Usaha yang Penting Diamalkan
Doa Agar Dia Menjadi Jodoh Kita (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)
2 dari 3 halaman

Doa agar Dia Menjadi Jodoh Kita

 Doa agar Dia Menjadi Jodoh Kita© Unsplash.com

Allah SWT sudah menciptakan setiap umatnya secara berpasang-pasangan. Hal ini pun telah dijelaskan dalam firman-Nya melalui surat Az-Zariyat ayat 49 berikut ini:

وَمِنْكُلِّشَيْءٍخَلَقْنَازَوْجَيْنِلَعَلَّكُمْتَذَكَّرُوْنَ

Artinya: Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).” (QS. Az-Zariyat: 49).

Ketika sahabat Dream mengharapkan seseorang untuk menjadi jodohmu kelak, maka berikut adalah bacaan doa agar dia menjadi jodoh kita yang bisa kamu amalkan:

 اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ فُلَاناً كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ  فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma Antal 'Aziizul kabiir, wa ana 'abdukadh dho'iifudz dzaliil Alladzii laa haula walaa quwwata illa bika. Allahuma sakhkhir lii fulaan (sebut nama orang yg di maksud) kama sakhkhorta Fir'aun li Musa, wa layyin lii qolbahu kamaa layyantal hadiid li Dawud. Fainnahu laa yantiqu illa bi idznika, naa shiyatuhu fii qobdlotika, wa qolbuhuu fii yadika, Jalla tsanaa u wajhika yaa arhamar roohimiin .

Artinya: “ Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”

3 dari 3 halaman

Cara agar Dia Menjadi Jodoh Kita

 Cara agar Dia Menjadi Jodoh Kita© Unsplash.com

Setelah mengetahui bacaan doa agar dia menjadi jodoh kita, sahabat Dream juga perlu untuk mengetahui cara agar dia menjadi jodoh kita. Berikut adalah beberapa caranya:

Memperbaiki Diri

Cara pertama agar dia menjadi jodoh kita adalah dengan memperbaiki diri. Ya, hal ini karena jodoh adalah cerminan dari diri kita. Sehingga, sudah sepatutnya agar diri ini mempersiapkan diri dengan baik. Dengan begitu, Allah SWT pun juga akan memberikan jodoh yang baik juga kepada kita.

Sahabat Dream juga tidak boleh berprasangka buruk kepada Allah SWT. Jika memang belum dipertemukan dengan jodoh, maka itu berarti Allah SWT memiliki alasan tersendiri, yakni karena kita belum siap untuk menjalani kehidupan berumah tangga.

Berdoa dengan Sungguh-sungguh

Cara kedua yang perlu sahabat Dream lakukan adalah dengan berdoa sungguh-sungguh. Selain berusaha, maka berdoa juga haruslah berjalan beriringan. Karena usaha tanpa doa, maka hasilnya akan sia-sia saja. Karena segala sesuatu, termasuk urusan jodoh adalah atas kuasa Allah SWT.

Pastikan juga doa yang kamu panjatkan dilakukan dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Insya Allah dengan begitu Allah SWT akan mengabulkannya sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Meningkatkan Ketakwaan

Cara yang ketiga agar dia menjadi jodoh kita adalah dengan meningkatkan ketakwaan. Takwa adalah bentuk dari diri kita yang bersungguh-sungguh dan sangat mengharapkan agar orang tersebut menjadi teman hidup kita. Dengan begitu, maka nantinya itu bisa menjadi penyemangat bagi diri kita agar semakin baik dalam beribadah dan ketakwaan pun juga semakin meningkat.

Berdzikir dengan Mengingat Allah SWT

Dzikir adalah bentuk amalan yang diperintahkan dalam agama Islam. Tak hanya saat mengharapkan rezeki saja, dzikir juga sebagai upaya untuk semakin didekatkan dengan jodoh kita. Dzikir sendiri adalah upaya untuk mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT.

Memohon Ampun

Setiap manusia tentunya tidak akan luput dari salah dan dosa. Oleh karena itu, jangan lelah untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Cara memohon ampun kepada Allah SWT adalah dengan beristighfar. Insya Allah kamu akan diberikan kemudahan dan kelancaran untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Itulah bacaan doa agar dia menjadi jodoh kita dan cara-caranya. Dengan mengamalkan doa serta cara tersebut, insya Allah orang yang kita harapkan benar-benar akan menjadi pasangan hidup kita kelak.

Join Dream.co.id