Doa Agar Selalu Bisa Menjaga Sholat

Your Story | Senin, 14 Juni 2021 20:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Sholat wajib didirikan umat Islam lima kali sehari.

Dream - Bagi orang beriman, sholat tidak sekadar ritual wajib dalam Islam. Lebih dari itu, sholat juga kenikmatan dari Allah.

Karena itulah, kita diharuskan untuk menjaga sholat fardu. Jalankan tepat waktu dan jangan pernah meninggalkan ibadah tersebut.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Muhammad SAW bersabda orang yang mampu menjaga sholatnya akan mendapatkan kemuliaan. Tidak hanya di dunia melainkan juga di akhirat.

Dia tidak akan terjerat sempitnya kehidupan. Sedangkan di akhirat, Allah menghilangkan siksa kuburnya.

Itu adalah sebagian dari keutamaan menjaga sholat. Sementara masih banyak keutamaan lain.

Menjaga sholat, jika kita renungkan, ternyata tidaklah mudah. Sebab ada banyak sekali godaan yang dapat mempengaruhi kita.

Agar bisa melakukannya, amalkan doa Nabi Ibrahim AS ini yang tertuang dalam Surat Ibrahim ayat 40.

 

Doa Agar Selalu Bisa Menjaga Sholat
Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Menjaga Sholat

 Doa menjaga sholat
© Dream

Rabbij'alni muqimash shalati wa min dzurriyati, rabbana wataqabbal du'a.

Artinya,

" Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, kabulkanlah doaku."

3 dari 6 halaman

Doa Saat Tak Bisa Khusyuk Sholat

Dream - Dalam sholat, kita dituntut untuk menepikan lebih dulu semua urusan dunia. Sehingga, kita bisa khusyuk dalam sholat.

Kekhusyukan menandakan kita hanya fokus pada ibadah. Segala hal di luar ibadah tidak bisa menganggu kita.

Sayangnya, seringkali kita sulit khusyuk. Ada saja hal yang mengganggu konsentrasi kita.

Padahal, kita sudah mempersiapkan diri sebelum sholat. Tetap saja, gangguan datang membuyarkan fokus.

Meski sulit, kita tetap harus berusaha. Agar bisa khusyuk, dianjurkan membaca doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Agar Khusyuk

 Doa Khusyuk
© Dream

Allahumma inna na'udzubika min 'ilmin la yanfa'u wa min qolbin la yakhsya'u wa min nafsin la tasyba'u wa min 'amalin la yutaqobbalu wa min du'a-in la yusma'u. Ilahana dholamna anfusana faqod amartana fatarakna wa nahaitana fartakabna fala yasa'una illa 'afwuka allahumma taqobbal a'malana wa tammin taqshirana wamnahnal khosyyata wal khusyu'. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya,

" Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak kenyang (puas), dari amal yang tidak diterima dan dari doa yang tidak dikabulkan. Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, Engkau memerintahkan kami berbuat tetapi kami tidak mengerjakannya, Engkau melarang kami, tetap larangan-Mu kami abaikan, sehingga tiada yang kami harapkan kecuali pengempunan-Mu. Ya Allah, terimalah amal-amal kami dan sempurnakanlah apa yang kurang dari kami serta anugerahilah kami rasa takut dan khusyuk terhadap-Mu. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan juga kepada keluarga dan sahabatnya. Semoga Allah juga memberikan keselamatan kepada mereka." (mut)

 

5 dari 6 halaman

Doa Ketika Salam Dalam Sholat

Dream - Sholat merupakan ibadah inti dalam Islam. Dalam satu hari, kita mendapat kewajiban untuk melaksanakannya selama lima kali pada waktu yang telah ditentukan.

Dengan sholat, kita mengakui diri sebagai hamba Allah. Lewat rukun Islam kedua ini, kita menyembah Allah.

Gerakan sholat diawali dengan takbiratul ikram, sebuah takbir yang dibarengi dengan mengangkat kedua tangan.

Sedangkan sholat diakhiri dengan salam. Gerakan ini dilakukan sembari duduk, lalu menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri.

Dalam salah satu riwayat, Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan berdoa usai melakukan salam. Doa tersebut memohon kemuliaan Allah agar kita tidak dihinakan di hari akhir.

Doa ini dibaca setiap kali kita menolehkan kepala saat salam. Tepatnya dibaca setelah lafal 'Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.'

6 dari 6 halaman

Doa Usai Salam

 Doa Usai Salam
© Dream

Allahumma la tukhzini yaumal qiyamati wa la tukhzini yaumal ba'si fa inna man tukhzihi yaumal ba'si faqod akhzaitahu.

Artinya,

" Ya Allah, jangan Engkau hinakan aku di hari kiamat, dan jangan Engkau hinakan aku di hari kengerian, karena sesungguhnya orang yang Engkau hinakan di hari kengerian, maka sungguh Engkau telah menghinakannya."

Terkait
Join Dream.co.id