Dilanda Kesulitan? Begini Keistimewaan Doa Nabi Yunus

Your Story | Rabu, 8 Juli 2020 13:42
Dilanda Kesulitan? Begini Keistimewaan Doa Nabi Yunus

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Saat itu Nabi Yunus merasa kesulitan untuk mengeluarkan diri, ia pun berdoa kepada Allah SWT dengan doa yang diabadikan dalam QS. Al Anbiya:87.

Dream - Doa menjadi salah satu tanda kepasrahan dan tunduknya manusia kepada Allah SWT. Ketika berdoa, kita memohon kepada Allah SWT atas apa yang kita inginkan atau kita harapkan dengan khusyu' dan penuh harap. 

Salah satu doa yang diajarkan untuk diamalkan adalah Doa Nabi Yunus AS saat terperangkap di perut ikan paus. Saat itu Nabi Yunus merasa kesulitan untuk mengeluarkan diri, ia pun berdoa kepada Allah SWT dengan doa yang diabadikan dalam QS. Al Anbiya:87.

 Doa Nabi Yunus© Dream.co.id

Latin: Laa ilaaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadzdhalimin

Artinya: “ Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

2 dari 3 halaman

Keistimewaan Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus memiliki beberapa kesitimewaan, yakni:

1. Keesaan Allah SWT

Siapapun yang hendak diberi kemudahan dan keselamatan haruslah memiliki keyakinan yang kuat kepada Allah SWT. Keyakinan ini termasuk juga mengimani bahwa tidak ada yang patut disembah selain Allah SWT.

Atas izin Allah SWT, maka Nabi Yunus AS pun diselamatkan setelah memanjatkan doa tersebut. Kisah ini diabadikan oleh Allah SWT dalam QS. Al Anbiya:88:

“ Maka Kami kabulkan (doa)nya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. Al Anbiyaa : 88).

Allah menyukai hamba-Nya yang selalu berdoa dalam keadaan pasrah dan memohon ampunan. Allah pun akan menerima taubat dan doa dari hamba-hambanya.

2. Pengampunan dari Allah SWT

Keistimewaan selanjutnya dari doa nabi Yunus adalah berisi pengampunan dari Allah SWT. Doa nabi Yunus AS merupakan doa yang meminta ampunan dan pertaubatan kepada Allah SWT atas segala kesalahan. 

Dengan melantunkan doa Nabi Yunus, manusia seakan berharap dimohonkan ampunan dari Allah SWT. 

 

3 dari 3 halaman

3. Diberi Kekuatan saat Menghadapi Cobaan

Sebagai manusia, kita tidak mungkin terlepas dari berbagai cobaan dan ujian dari Allah SWT. Meski begitu, Allah SWT berjanji bahwa Dia tak akan menguji di luar batas kemampuan hambanya. 

Oleh karena itu, dengan melantunkan doa Nabi Yunus kita berharap agar Allah SWT menguatkan dan membantu hambaNya dalam menghadapi cobaan. 

4. Dikeluarkan dari Kesulitan

Ketika seseorang merasa kesulitan. hendaknya membaca doa Nabi Yunus sebagai salah satu upaya memohon kemudahan agar dikeluarkan dari berbagai masalah dan kesulitan. 

 

Join Dream.co.id