Kondisi Saat Lantunan Zikir Dianjurkan Dihentikan Sesaat

Your Story | Rabu, 6 Februari 2019 10:00
Kondisi Saat Lantunan Zikir Dianjurkan Dihentikan Sesaat

Reporter : Ahmad Baiquni

Zikir adalah media seorang Muslim untuk dekat dengan Allah SWT.

Dream - Berzikir merupakan salah satu cara untuk mengingat Allah SWT. Lewat zikir, kita mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Sebagian orang menjadikan zikir sebagai rutinitasnya. Baik ketika usai sholat maupun dalam kondisi tertentu.

Banyak keutamaan dalam zikir. Salah satunya seperti disebutkan Allah SWT dalam firman-Nya pada Surat Al Ahzab ayat 41.

" Hai orang-orang yang beriman, zikirlah kamu kepada Allah, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya.

Demikian pula dengan Rasulullah Muhammad SAW. Rasulullah SAW mengingatkan pentingnya zikir dalam sabdanya diriwayatkan Imam Muslim.

" Diriwayatkan dari Abi Sa'id Al-Khudri RA dan Abi Hurairah RA. Keduanya menyaksikan bahwa Nabi bersabda: 'Tidaklah sebuah kaum berzikir kepada Allah kecuali para Malaikat selalu mengeliling mereka. Dan turunlah rahmat serta turunya ketenangan, dan juga Allah memberikan Rahmat kepada orang yang berada di sekitarnya'."

Meski amalan ini sangat dianjurkan, ada kondisi tertentu seseorang dianjurkan menghentikan zikirnya sebentar. Kapan itu?

 

2 dari 2 halaman

Kondisi Tertentu

Dikutip dari Islami.co, Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar menyebutkan kondisi-kondisi yang sebaiknya zikir dihentikan sebentar.

" Ketika ada orang yang memberi salam kepadanya, maka dianjurkan untuk menjawabnya, kemudian melanjutkan zikir kembali. Ketika ada orang yang bersin di sampingnya maka dianjurkan mendoakannya, lalu melanjutkan zikir lagi. Begitu juga saat mendengar khutbah, atau di saat mendengar azan atau iqamat maka dianjurkan menjawabnya terlebih dahulu, kemudian melanjutkan berzikir kembali. Ketika melihat kemunkaran, maka dicegah terlebih dahulu, atau melihat kebaikan maka lakukanlah terlebih dahulu, juga di saat ada orang yang meminta petunjuk maka diberitahukan terlebih dahulu. Begitu juga di saat mengantuk, maka berhenti sejenak, kemudian melanjutkan berzikir kembali."

Dari penjelasan di atas, zikir lebih baik dihentikan sementara dalam kondisi seperti ketika ada orang memberi salam, ada orang bersin, mendengar khutbah, mendengar azan dan iqamat,

Selain itu, dianjurkan berhenti zikir ketika ada kemunkaran untuk mencegahnya. Atau melihat adanya kebaikan seperti menolong orang, maka dianjurkan dilakukan lebih dulu baru melanjutkan zikir.

Sumber: Islami.co

Terkait
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir
Join Dream.co.id