Otak Buntu? Baca Doa Ini Agar Datang Ide Cemerlang

Your Story | Kamis, 23 September 2021 20:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Ide cemerlang mendukung kreativitas dan inovasi.

Dream - Ide cemerlang dan inspiratif menjadi kunci lahirnya inovasi. Ide baru menghadirkan warna berbeda pada setiap bidang.

Stagnasi ide mungkin kerap kita alami. Saat terjadi, kita jadi bingung untuk melakukan pembaruan.

Alhasil, segalanya terasa monoton. Lama-lama, kita jadi bosan sendiri.

Ketika ide cemerlang muncul tiba-tiba, kita merasa seperti mendapat pencerahan. Segalanya berubah kembali menyenangkan.

Ide cemerlang dan inspiratif termasuk berkah yang kita terima dari Allah. Sehingga ketika mendapatkannya, segera baca doa ini.

 

Otak Buntu? Baca Doa Ini Agar Datang Ide Cemerlang
Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Dapat Ide Cemerlang

اللَّهُمَّ زِدْنَا وَلَا تَنْقُصْنَا، وَأَكْرِمْنَا وَلَا تُهِنَّا، وَأَعْطِنَا وَلَا تَحْرِمْنَا، وَآثِرْنَا وَلَا تُؤْثِرْ عَلَيْنَا، وَأرْضِنَا وَارْضَ عَنَّا

Allahumma zidna wala tanqushna wakrimna wala tuhinna wa a'thina wala tahrimna wa atsirna wala tu'tsir 'alaina wardlina wardla 'anna.

Artinya,

" Ya Allah, tambahilah kami dan jangan kurangi kami, muliakan kami dan jangan hinakan kami, berilah kami dan jangan cegah kami, kedepankan kami dan jangan kesampingkan kami, ridhailah kami dan ridhailah perbuatan-perbuatan kami."

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Doa Menenangkan Hati dan Pikiran yang Resah

Dream - Keresahan adalah momok bagi hati dan pikiran karena bisa mengganggu fokus sehingga kita tak bisa tenang berkegiatan. Seorang muslim senantiasa diajarkan untuk memanjatkan doa daam kondisi apapun, termasuk ketika resah.

Hati dan pikiran resah bisa mengaduk-aduk emosi dan melanda siapapun. Tak perlu kaya atau miskin, perasaan itu bisa-bisa saja datang menghampiri dan membuat ketenangan di hari itu menjadi buyar.

Ketenangan menjadi kebutuhan ketika resah melanda. Dengan memanjakan doa diberi ketenangan diharapkan bisa mendatangkan kejernihan hati dan pikiran.

Ketika hari dan pikiran sedang resah, jangan sampai mempengaruhi emosi. Upayakan agar keresahan itu segera hilang.

Salah satunya dengan membaca doa dari Rasulullah Muhammad SAW ini, yang terdapat dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

 

4 dari 6 halaman

Doa Mengusir Keresahan

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي إِلَّا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَحُزْنَهُ وَأَبْدَلَهُ مَكَانَهُ فَرَجًا قَالَ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَلَا نَتَعَلَّمُهَا فَقَالَ بَلَى يَنْبَغِي لِمَنْ سَمِعَهَا أَنْ يَتَعَلَّمَهَا

Allahumma inni 'abduka wa ibnu 'abdika wa ibnu umatika nashiyati biyatika madli fiyya khukmuka 'adlun fiyya qadlauka as aluka bi kullismi huwa laka sammaita bihi nafsaka au 'allamtahu akhadan min kholqika au anzaltahu fi kitabika au istaktsarta bihi fi 'ilmil ghaibi 'indaka an taj'alal qur'ana rabi'a qalbi wa nura shadri wa jilaa khuzni wa dzahaba hammi illa adzhaballahu hammatallahu hammahu wa khuznahu wa abdalahu makanahu fa rajan qala faqila ya rasulallahi ala nata'allamuha fa qala bala yambaghi liman sami'aha an yata'allamaha.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba laki-laki-Mu, dan anak hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku berada di tangan-Mu. Hukum-Mu berlaku pada diriku. Ketetapan-Mu adil atas diriku. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama yang menjadi milik-Mu, yang Engkau namakan diri-Mu dengannya, atau Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seorang dari makhluk-Mu, atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu, agar Engkau jadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku dan pelipur kesedihanku serta pelenyap bagi kegelisahanku."

Sumber: Laduni.id.

5 dari 6 halaman

Doa Mengusir Kekhawatiran Akibat Pandemi Corona

Dream - Pandemi virus corona Covid-19 telah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan hingga ke kampung-kampung.

Angka penderita Covid-19 dari hari ke hari terus meningkat. Bukan hanya di DKI Jakarta namun juga daerah lain.

Kondisi semacam ini tentu membuat kita merasa khawatir. Meski sudah melakukan upaya pencegahan, ada ketakutan jika sampai tertular.

Kekhawatiran tertular atau mungkin menulari orang lain itulah yang membuat orang berusaha tinggal di rumah. Mencegah keluarga kita yang dekat maupun jauh di kampung halaman menerima akibat kesembronoan kita nekat pergi di saat ada wabah.

Sebaik-baiknya mengusir kecemasan dan kekhawatiran ini hanyalah dengan berdoa memohon pelrindungan Allah SWT. Untuk meminta dihilangkan rasa takut itu, dianjurkan membaca doa ini. 

6 dari 6 halaman

Doa Usir Kekhawatiran

 Doa Tak Khawatir© dream.co.id

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang."

Terkait
Join Dream.co.id