Moeldoko Kenang Detik-Detik Masuk Ka'bah Bareng Jokowi

Your Story | Selasa, 16 Juni 2020 09:36

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

"Di dalamnya hanya ada suatu tembok yang sederhana, kosong, enggak ada apa-apa hanya ada satu tiang," jelas Moeldoko.

Dream - Kepala Staf Kepresidenanan, Moeldoko, mendapat kesempatan untuk memasuki Kabah. Dia mengaku tidak pernah menyangka bisa masuk ke Baitulloh tersebut.

"Itu anugerah ya dari Yang Maha Kuasa. Saya juga tidak pernah memikirkan sebelumnya dan saya tidak merencanakan sama sekali waktu itu," kata Moeldoko dalam acara "New Normal & You" yang diselenggarakan Dream, Senin 15 Juni 2020.

Saat berkunjung ke Arab Saudi pada April tahun lalu itu. Moeldoko dan Presiden Joko Widodo bertanya-tanya apakah boleh masuk ke dalam Kabah. Tiba-tiba, dia diperkenankan masuk oleh petugas di Masjidil Haram.

"Saya dan teman-teman yang lain bertanya-tanya, boleh tidak ya? Tiba-tiba kita didorong-dorong oleh polisi di sana, disuruh masuk. Sehingga ketika kita di dalam kita enggak siap harus berdoa apa itu," tambah mantan Panglima TNI tersebut.

Moeldoko sangat bersyukur bisa sholat di empat arah kiblat. Dia bisa menjelaskan isi dalam Ka'abah.

"Orang mungkin memikirkan di dalamnya ada sesuatu yang luar biasa. Ndak, di dalamnya hanya ada suatu tembok yang sederhana, kosong, enggak ada apa-apa hanya ada satu tiang," jelas Moeldoko.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#NewNormalAndYou

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

Moeldoko Kenang Detik-Detik Masuk Ka'bah Bareng Jokowi
Dr. Moeldoko (Instagram)
2 dari 3 halaman

Jokowi Sempat Bingung Saat Sholat di Dalam Kabah

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan pengalamannya ketika sholat di dalam Kabah. Dia menyebut sempat gamang ketika harus menghadap ke arah mana.

" Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa sholat menghadap ke arah mana saja," kata Jokowi, di Instagram pribadinya @jokowi, Selasa, 16 April 2019.

Jokowi menyebut, tak pernah terbayangkan dalam hidupnya mendapat kesempatan istimewa itu. Salah satu momen istimewa lain yang dia rasakan yaitu melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang menjalankan tawaf.

Jokowi bercerita, di dalam ruangan Kabah dia berdoa bersama istri, Iriana, dan anak-anaknya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep.

" Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru," ucap dia.

Ketika menuruni tangga turun Kabah, Jokowi dan keluarga disambut azan Subuh yang berkumandang di Masjidil Haram. Dia menyebut, peristiwa ini sebagai salah satu yang lekat dalam ingatannya.

3 dari 3 halaman

Kesempatan Langka, Masuk Kabah

Tak hanya umroh, Jokowi dan keluarga mendapat hak istimewa dari Kerajaan Arab Saudi. Mereka diberikan kesempatan untuk masuk dan melihat bagian dalam Kabah.

Ibadah Umroh, Jokowi Dapat Kehormatan Masuk Kabah
© MEN

Momen ini sempat diabadikan lewat video yang kemudian tersebar di media sosial. Salah satu akun yang mengunggah kembali video tersebut adalah milik sutradara, Hanung Bramantyo.

"Selamat menjalankan ibadah Umroh pak @jokowi," tulis Hanung di akunnya, @hanungbramantyo.

      View this post on Instagram

Selamat menjalankan ibadah Umroh pak @jokowi 🙏🙏🙏

A post shared by Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) on 

Join Dream.co.id