Cerita Wanita Cilacap Ketemu Jodoh Bule Mualaf Asal AS

Your Story | Selasa, 8 September 2020 10:12
Cerita Wanita Cilacap Ketemu Jodoh Bule Mualaf Asal AS

Reporter : Ahmad Baiquni

Lusiatun kini tinggal bersama suami di Virginia, Amerika Serikat.

Dream - Jodoh tak bisa ditebak. Bisa dapat tetangga dekat, tapi tak sedikit juga yang punya pasangan orang luar negeri.

Hal inilah yang dialami oleh Luri Hosack. Wanita Cilacap, Jawa Tengah, itu menikah dengan pria mualaf asal Virginia, Amerika Serikat, Richard Hosack.

Pemilik nama lengkap Lusiatun itu menceritakan sang suami sampai menjadi mualaf di channel YouTubenya, Luri Hosack. Menurut Lusi, sang suami menjadi mualaf bukan karena akan menikah dengannya.

Semua berawal dari pertemuan Richard dengan warga Irak yang bekerja di kantornya. Richard dan warga Irak itu melakukan interaksi yang intens.

" Awalnya mamase berniat membawa si Irak ini ke Kristen, maksudnya ke agama Kristen gitu, tapi akhirnya mamase yang kebawa jadi Muslim," kata Lusi.

2 dari 5 halaman

Memperdalam Agama Islam

Waktu itu, Lusi mengaku sudah kenal cukup lama dengan Richard, sekitar 6 tahun. Sehingga, Richard menganggap Lusi sebagai orang terdekatnya dan tempat bertanya mengenai ajaran Islam.

Satu tahun lamanya, Richard memutuskan untuk belajar Islam lebih dalam. " Mamase buka Alquran, mamase pelajari sendiri Alquran, pokoknya benar-benar mempelajari apa itu Islam," ucap dia.

Lusi pun menegaskan sang suami sudah jadi mualaf sebelum menikahinya. Kala itu Richard bahkan sampai menghilang selama sepekan untuk belajar Islam.

" Setelah satu minggu mamase mengabari saya lagi dan mamase bilang kalau mamase sudah jadi mualaf," kata Lusi.

3 dari 5 halaman

Awal Keseriusan

Kisah selanjutnya, Lusi bercerita ternyata Richard sering ngobrol dengan orang Irak tersebut. Salah satu obrolan mereka tentang keinginan Richard untuk menikahi Lusi.

" Akhirnya kata si orang Irak ini, dia bilang, 'Kalau kamu mau bahagia, menikahlah dengan Muslim'. Pada waktu itu, mamase sudah Muslim. Jadi sama-sama Muslim, satu agama gitu," kata dia.

Setelah itu, keduanya semakin dekat. Richard pun memantapkan hati meminang Lusi.

 

4 dari 5 halaman

Sempat Ragu Tinggal di Amerika

Namun, keduanya sempat dilanda keraguan soal tempat tinggal.

Lusi mengaku cukup berat jika harus tinggal di Amerika. Dia tidak ingin merepotkan suaminya hanya karena merasa tidak betah dan selalu ingin pulang.

" Akhirnya mamase ngelamar aku, di tempat pertama kali ketemu. Waktu itu mamase bilang ke saya dia enggak masalah kalaupun nanti saya enggak betah di sini (Amerika) kita bisa pindah ke Indonesia tapi nanti setelah mamase selesai kuliah," kata dia.

Lusi dan Richard akhirnya menikah. Kini, keduanya tinggal di Virginia.

5 dari 5 halaman

Ikuti Kisahnya

Join Dream.co.id